Prolog

109K 7.5K 366
                                    

Medan, Mei 2012

.
.

Tok!! Tok!!

Sialan, hampir aja gagal jantung. Aku berdecak memakai kembali baju olahraga yang sudah terangkat separuh lalu membuka pintu toilet, Mona yang menjabat sebagai teman sebangkuku dari awal menginjakan kaki di SMA ini menatap sok horor.

“Kira-kira dong kalo mau ngagetin!” ucapku kesal mendelik ke arah Mona dengan posisi tubuh tak berubah. Tetap dengan mata melotot, napas tersenggal-senggal –padahal setahuku sesi lari lapangan 5 kali udah selesai dari satu jam lalu.

“Itu si Aji!” ucapnya galak.

Keningku lantas berkerut. “Aji? Aji kenapa? Jangan bilang kamu masih naksir dia, kujambak rambutmu sekarang juga. Aw—“

Mona lebih tangkas, dia menjambak rambutku lebih dulu. “Kalo aku mau ngerebut pasti main cantik lah. Ini bukan perkara itu geblek. Ada yang lebih wow dan pastinya bikin kupingmu panas. Itu si Aji buat illfeel sumpah!” 

Mataku mendelik penasaran. “Kenapa dia? Kamu liat dia selingkuh?”

Mona menggeleng dengan mulut menimbulkan decakan. Dia menarik napas panjang sebelum membuka mulut. “Si Aji bilang jerawat kamu bukan lagi jerawat jatuh cinta. Kebanyakan! Muka penuh jerawat, jelek! Terus dia juga bilang kamu nggak seksi, dada aja rata! Cuma menang bisa disuruh-suruh nulis ringkasan, jadi dia nggak capek-capek.”

“Anjing!! Babik!! Dia ngomong gitu?!”

Mona mengangguk mantap. “Kamu potong nih kuping kalo aku cakap bohong. Aku denger sendiri waktu beli teh sisri di kantin.” Mona mengacungkan plastik es-nya dan menyeruput cepat. “Aku aja panas. Apalagi kamu?!”

Ya mona benar, ini udah meledak meletup. Emosi naik ke ubun-ubun. Aku melepas baju olahragaku cepat menggantinya dengan serangam sekolah, nggak peduli pintu kebuka lebar, mau ada yang liat? Nih sama-sama punya barang, kecuali ada cowok yang masuk pasti menang banyak dia. Eh, tapi Aji bilang dadaku rata? Kampret memang tu anak! Apa terasa ya waktu dibonceng?  Marah, marah! Ini waktunya marah, bukan mikir yang lain-lain.

“Eh, mau ngelabrak sekarang?” Mona menarik tanganku. “Dia lagi lanjut main bola. Tengsin. Tunggu pulang aja.”

“Ya nggak papa. Biar dia malu sekalian.”

Mona meringis. “Aku rasa kamu yang malu. Mau bilang, ‘heh! Kau bilang dadaku rata!’ Yang ada kamu diketawain.”

Ini anak kadang kok pinter, padahal ulangan bahasa indonesia aja bisanya remedial. Sialnya, ini emosi udah nabrak sana-sini, dada naik-turun kayak orang siap tanding tinju.

“Cuci muka dulu deh sana!”

“Males! Mau pake bedak aja, biar waktu ngelabrak nggak keliatan banget jerawatnya!” sahutku berapi-api saat keluar dari WC sekolah. Aku balik lagi, “Eh, Mon. Mintak bedak!”

Mona berdecak, “ujungnya nggak enak.”

Aku nggak fokus sepanjang sisa pelajaran. Itu si Aji kulihat dari ujung mata, masih aja haha hihi. Sial! Cowok cakep dengan selera humor tinggi dan cenderung aneh ya cuma dia! Dulu, awal iseng-iseng deketin ya jelas karena pengin punya cowok. Kan pengin gitu kayak teman yang lain, nampilin foto profil sama pasangan di facebook. Tapi nih ya, udah enam bulan pacaran sama Aji—dan bakal putus hari ini—nggak ada tuh kesempatan foto berdua.

Gimana mau foto berdua? Orang pacaran cuma lewat SMS. Anter pulang cuma sampe ujung gang, mau sampe rumah? Ya digorok Bu Umi. Hari libur keluar Bu Umi pasti curiga. Alesan kerja kelompok? Mana mau dia, pentingan main PS atau futsal lah. Aihh... sekarang kutahu semua alasan dia mau waktu aku beraniin nembak, dulu. Azas manfaat! 

Ini bel ditunggu-tunggu akhirnya dateng juga. Yang lain udah pada berdiri bawa tas cepet-cepet keluar, nggak peduli Bu Ida masih di duduk kursi. Ini nih, kebiasaan anak-anak, dateng maunya telat, pulang maunya cepet.

Aku bertahan di kursiku lebih lama. Mona ikutan duduk. “Pulang sana,” seruku sambil senggol pundaknya.

“Ntarlah, aku mau liat siaran live.”

“Alah.. bilang aja mau ketawa-ketiwi di pojokan.”

“Sebagian iya. Sebagian lagi mau liat ekspresi Aji,” sahutnya cengengesan.

Aku menggetok kepalanya, tak kena karena Mona lebih dulu menghindar. Aku ingin membalas lebih tapi getaran di saku rokku menghentikan. Aku lihat pesan dari Aji muncul di layar.

Ayank : dimana? Cepetan. Kalo nggak aku titip ongkos angkot nih ke Mang Diman. Hehe.

Melihat nama kontak ‘Ayank’ di sana buat perutku mual. Ditambah kata ‘hehe’ jadi pengin muntah. Aku bangkit dengan cepat, berjalan tergesa. Kupikir-pikir lagi, selama jadian sama Aji banyak lawakannya yang nggak lucu, bahkan cenderung mengejekku. Dua bulan awal masih bisa buatku tersipu-sipu, bulan selanjutnya buatku naik darah, tiap kali obrolannya melenceng dan berakhir dengan aku yang marah-marah. Memang bangsat tuh cowok!

Mona mengekor dengan cepat. Nggak terlalu kuhiraukan karena fokusku ke cowok yang duduk di jok sepeda motor Ninjanya yang berwarna kuning terang sambil cengengesan ngobrol sama Mang Diman—Satpam Sekolah. Itu sepeda motor alasan kedua aku targetin dia buat jadi gebetan setelah alasan pertamanya karena tuh wajah mirip Morgan Smash. Tampang oke, kendaraan oke, aku kira perjalanan masa SMAku bakal jadi kenangan indah. Ternyata nggak sama sekali!

Aji terlonjak kaget saat tiba-tiba aku memukulnya dengan tas. “Anjing kau! Babi!” Mata Aji terbelalak dengan mulut ternganga. “Kau mau jelek-jelekin aku ngomong di depan! Kenapa emangnya sama jerawatku ada masalah sama mu! Kau mau cari cewek dada tembem, cari sana! Nggak peduli aku!”

Aji masih terbengong. “Putus kita!” ucapku membentak keras sebelum Aji angkat bicara dan berlalu dengan cepat. Nangis? Demi dia? Nggak sudi!

Prolog.
08/11/2017 Liarasati
.
.
Ide muncul tiba-tiba. Masih mau di lanjut nggak?

False HopeTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang