Larangan Mendiamkan Sesama Muslim

700 37 0
                                    


Kita diberikan nikmat terbesar oleh Allah taala berupa _ukhuwah Islamiyyah_. Sesama muslim itu dijadikan oleh Allah laksana saudara kandung, yang seyogyanya saling memuliakan dan saling menutup kekurangan dan aibnya. Tidak halal atas sesama muslim saling bermusuhan dan berjauhan. Justru sebaliknya, seharusnya sesama muslim senantiasa menebarkan rasa kasih sayang.

Beberapa hal yang menjadi pedoman interaksi kita:

🌸 Tidak mendiamkan sesama muslim

وعن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : لَايَحِلُّ لِمُسْلِمٍ أَنْ يَهْجُرَ أَخَاهُ فَوْقَ ثَلَاثٍ، فَمَنْ هَجَرَ فَوْقَ ثَلَاثٍٍ فَمَاتَ دَخََلَ النّارَ". رواه أبوداودبإسناد على شرط مسلم.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, beliau berkata, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, _"Tidak halal bagi seorang muslim untuk mendiamkan saudaranya lebih dari tiga hari. Barang siapa yang meninggalkan saudaranya lebih dari tiga hari kemudian ia mati maka ia masuk neraka_." (HR. Abu Daud dengan sanad yang berdasarkan pada syarat Muslim).

Betapa berat ancaman Rasulullah dalam hadits ini. Seseorang yang mendiamkan saudaranya muslim akan diancam masuk neraka meskipun dia memiliki banyak amal sekalipun. Berbuat baik dengan sesama muslim adalah satu dari kebaikan ajaran agama ini.

🌸 Jangan memutus tali persaudaraan

Semua kita faham bahwa perbedaan itu pasti ada. Perbedaan itu sebuah keniscayaan yang selalu muncul meski pada dua orang yang saling mencintai. Maka alangkah tidak bijaknya jika perbedaan menjadi sumber terputusnya silaturahmi, yang padahal ia adalah sesuatu yang pasti selalu menyertai. Selalu mengungkap perbedaan daripada persamaan.

وَعَن أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنهُ قَالَ : قالَ رَسُولُ اللهِ صَلَى اللهُ عَليه وَسَلَّمَ : " وَلَاتَقَاطَعُوا، وَلَاتَدَابَرُوا، وَلَاتَبَاغَضُوا، وَلَاتَحَاسَدُوا، وَكُونُواعِبَادَاللهِ إِخوَانًا، لَايَحِلُّ لِمُسْلِمٍ أَنْ يَهْجُرَ أَخَاهُ فَوْقَ ثَلاَثٍ". متفق عليه

Dari Anas Radhiyallahu Anhu ia berkata : Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda,
"Janganlah kalian saling memutuskan tali persaudaraan, janganlah kalian saling membelakangi, janganlah kalian saling membenci dan janganlah saling menghasud. Jadilah kalian hamba Allah ta'ala yang bersaudara. Tidaklah halal bagi seorang muslim mendiamkan saudaranya lebih dari tiga hari" (HR.Bukhari dan Muslim)

🌸 Ampunan Allah ditangguhkan pada orang yang saling membenci

Hal yang paling diharapkan setiap orang di dunia ini adalah terampuni segala dosanya. Maka alangkah meruginya Allah menangguhkan dosa seseorang terampuni hanya karena saling benci dengan sesama. Hanya karena masalah keduniaan seseorang sampai saling berjauhan dan bermusuhan.

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : "تُعْرَضُ اْلاَعْمَالُ فِي كُلِّ إِثْنَيْنِ وَخَمِيْسِ، فَيُغْفَرَ لِكُلِّ امْرِإٍ لَايُشْرِكُ بِاللهِ شَيْئًا، إِِلَّااْمرِأٍكَانَت بَينَ وَبَينَ أَخيه شَحنَاءُ فََيَقُولُ : أُتْرُكُواهَذَينِ حَتىَّ يَصطَلِحَا". رواه مسلم.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda,
"Pintu-pintu surga dibuka setiap hari senin dan hari kamis, lalu orang-orang yang tidak berbuat syirik diampuni dosa-dosanya, kecuali orang yang memiliki rasa kebencian terhadap suadaranya"
Lalu dikatakan,
"Tangguhkanlah kedua orang ini hingga kembali islah" (HR.Muslim)

Benci yang seperti apa? Tentu benci yang berkaitan keduniaan. Jika ada saudara kita melakukan kemaksiatan maka bencilah perbuatannya dan bukan orangnya. Kemudian ajak dia untuk bertaubat atas dasar kasih dan cinta kita kepadanya jika sampai terjerumus dalam siksa Allah.

🌼 Maka jagalah dengan baik sahabat yang mencintai kita, dan selalu mengingatkan kita ketika salah. Syukuri dan genggamlah erat tangannya karena sungguh dia seakan duta Allah yang dikirim untuk menjaga keimanan kita.

Semooga Allah senantiasa menjadikan kita para hamba yang saling mengasihi.

CERITA ISLAMTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang