Jenis Misteri dan kejahatan

2K 241 6
                                    

Halo, saya update juga. Sebenarnya saya tuh mau update tentang contoh cerpen berdasarkan mini outline yang saya sampaikan di bab sebelumnya. Tapi saya lagi mager banget nulis. Penyebabnya adalah laptop yang suka ngerestart sendiri pas lagi nulis itu bikin kesel. Sementara kalau nulis lewat hape gini nggak bisa begitu panjang. Saya nggak merasakan sense sebagai penulis gitu kalau pakai hape, paling panjang nulis cuman 500 kata aja. 😅😅😅

Doakan laptop saya segera sembuh ya, saya males bawa ke tukang servis sih. Saya biarin aja beberapa hari semoga nanti sdh nggak ngadat lagi.

Oke hari ini saya mau bahas tentang macam misteri. Pertama kalau kita disuguhi novel misteri apa sih yang pertama terpikir dalam otak kita? Pasti pembunuhan kan? Tapi sesungguhnya misteri itu sendiri nggak harus melulu tentang pembunuhan sih. Contohnya, Webtoon yang judulnya Cheese in the trapped itu, menurut saya itu termasuk novel misteri loh. Pembaca dihadapkan pada misteri akan karakter dari si tokoh utama cowoknya yaitu Jung Yu. Jung Yu itu sebenarnya jahat apa baik? Terus kenapa si tokoh utama ceweknya, Seol selalu menghindari Jung Yu yang ganteng, pinter dan tajir? Ya, si mangaka menulis cerita romance ini dengan teknik misteri, dan alur yang maju mundur membuat saya nggak bisa berhenti membaca cerita itu sampai akhir.

Jadi belajar menulis cerita misteri itu bukan berarti kamu harus nulis tentang pembunuhan. Semuanya bisa kita terapkan dalam genre yang berbeda, dan saya jamin pembaca pasti akan terus penasaran pada cerita kita kalau kita. 😆

Kejahatan tak melulu tentang pembunuhan. Bahkan ada yang lebih kejam dari pembunuhan. Apa itu? Fitnah. 😂😂😂 Ya. Saya pernah baca salah satu kumpulan cerpen karya Agatha Christie di Tugas-Tugas Hercules. Ceritanya tentang seorang dokter yang terancam pailit karena diboikot oleh warga kampung nya. Mereka nggak mau lagi periksa ke dokter itu karena ada sebuah rumor bahwa sang dokter telah membunuh istrinya. Ceritanya si dokter itu punya istri yang penyakitan dan cerewet, sementara dia punya asisten apoteker yang masih muda dan cantik. Beberapa bulan setelah istrinya meninggal, si dokter mau nikah sama si asisten apotekernya itu. Nah, saat itulah rumor mulai tersebar di masyarakat.

Poirot yang cerdas tahu, tak ada asap jika tak ada api. Bagaimana suatu gosip bisa tersebar? Maka jelas ada orang yang menyebarkan gosip itu. Siapa orang tersebut dan apa tujuannya menyebarkan gosip? Poirot menyelidiki kasus tersebut dan menemukan sumber apinya. Siapa pelakunya? Kalian baca aja, saya nggak mau spoiler. 😂😂😂 Menurut saya Tugas-tugas Hercules adalah salah satu karya terbaik Agatha Christie yang wajib dibaca jika kamu mengaku sebagai penggila cerita misteri.

Kejahatan lainnya lebih banyak misalnya koruptor, ya itu juga kejahatan yang kejam. Bayangkan jika duit yang mereka curi itu disediakan untuk meningkatkan pendidikan, gizi dan kesehatan masyarakat? Maka setiap orang yang meninggal akibat dari kemiskinan telah dibunuh oleh koruptor itu secara tidak langsung.

Narkoba, berapa banyak orang yang menjadi pecandu dan akhirnya kehilangan kehidupan, keluarga, teman dan  masa depan mereka? Dan lihat saja apa para bos pengedar narkoba itu pakai narkoba? Nggak. Mereka nggak bakalan bisa bisnis kalau pakai narkoba. Sama halnya kayak pemilik pabrik rokok Indonesia yang digadang-gadang sebagai orang terkaya di Indonesia. Apa mereka merokok? Nggak. Bahkan dalam suatu wawancara mereka pernah bilang. "Merokok  itu buat orang yang nggak bisa baca." Ya, emang sudah jelas ada peringatannya diterjang aja.

Saya tuh selalu terkesan sama iklan rokok yang tak pernah menunjukkan video orang merokok. Iklan rokok isinya selalu trip adventure yang seru, atau selentingan humor dari jin pengabulan permintaan yang songong. Tapi dari mana kita tahu kalau itu iklan rokok? Jelas karena dibagian akhirnya selalu ada peringatan bahaya merokok. Ini adalah cerita dari dosen promosi kesehatan saya yang pernah jadi finalis  SUCI 6 (Stand Up Comedy Indonesia) Pak Pulung. Saya pikir benar juga ya.

Nah, dari sih kita mungkin bisa menciptakan satu karya bertema misteri yang tak melulu tentang pembunuhan dan psikopat gila seperti yang sering saya temukan di wattpad ini.

How To Make Mistery/Thriller Story [END]Where stories live. Discover now