Pangkat Polisi

2.4K 227 14
                                    

Hari ini saya mau berbagi sedikit riset untuk pangkat kepolisian ya. Pangkat polisi yang sekarang beda dengan pangkat yang dulu. Jadi dulu polisi dan TNI itu jadi satu namanya AKABRI alias Angkatan Bersenjata Rebuplik Indonesia. Tapi sekitar tahun 2001, era kepemimpinan Presiden BJ. Habibie akhirnya Polisi dan TNI dipisahkan.

Makanya kalau kalian baca novel tahun 80-an kayak novelnya Tante Mara pasti bingung deh masalah pangkatnya Kosasih. Ya, Kosasih itu pangkatnya Kapten. Loh kok kapten? Bukannya itu pangkatnya TNI? Ternyata pangkat polisi tahun 90 and emang sama kayak TNI karena mereka satu kesatuan. Nah, sekarang mereka sudah pisah makanya pangkatnya juga beda.

Ini dia perbedaan pangkat polisi sekarang dan dulu berdasarkan Keputusan Kapolri No

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Ini dia perbedaan pangkat polisi sekarang dan dulu berdasarkan Keputusan Kapolri No. Pol. Skep/1259/x/2000 yang dikeluarkan tanggal 3 Oktober 2000. Ya, kalian tahu kan era 1998-2002 adalah era kisruh nya perpolitikan di Indonesia. UUD 45 saja diamandemen sampai 4 kali masa itu. Saya yang jadi anak SD yang wajib hapalin pasal-pasal kalang kabut soalnya tiap tahun pasalnya ganti dan harus apalan lagi. 😂😂😂

Anyway, ada salah seorang penulis di wattpad ini yang masih pakai pangkat polisi lama. Polisinya pangkatnya kapten gitu. Entah kurang riset atau emang setting 80 an. Saya mau negur takut sih, nanti dikira sok pinter jadi diem ajalah. Anggaplah si penulis itu emang pake setting 80 an.

Berdasarkan KUHP, ada syarat-syarat untuk menjadi seorang penyidik di kepolisian.
1. Pangkat minimal inspektur polisi dua.
2. Pengalaman kerja minimal 2 tahun.
3. Lulus pendidikan pengembangan spesialisasi fungsi reserse kriminal.
4. Sehat jasmani rohani
5. Memiliki kemampuan dan integritas yang tinggi.

Berdasarkan KUHP ini tokoh-tokoh polisi bikinan saya itu pangkatnya jadi Ipda. 😅😅😅
Oh iya, penyidik juga punya penyidik pembantu sih yang pangkatnya minimal brigadir dua polisi. Untuk penyidik non kepolisian misalnya PNS pendidikannya minimal s1 golongan minimal IIIa. Contoh dokter forensik, mereka bisa tuh jadi penyidik.

How To Make Mistery/Thriller Story [END]Where stories live. Discover now