Metode ATM

1.4K 162 5
                                    

Daku mendapatkan materi ini dari Mak Yaya di kelas humor tapi sepertinya, materi ini juga bisa digunakan pada genre selain humor. Pumpung ingat ingin aku catat.

ATM adalah singkatan dari amati, tiru dan modifikasi. Sebenarnya diriku sudah mendapatkan materi ini lebih dulu dari Bang Bernard Batubara, tapu waktu itu nama materinya bukan ATM, melainkan mengembangkan ide cerita dari cerita yang sudah ada. Istilah ATM ini baru aku dengar dari paparan yang dijelaskan oleh Mak Ya waktu kelas humor dan baru aku dengar lagi beberapa waktu lalu saat aku lihat video YouTube review tentang film Gundala. Makanya aku jadi ingat

Kalian sudah nonton film Gundala belum gaes? Kalau belum buruan yah. Menurut aku ini adalah film Indonesia terbaik yang pernah aku tonton selama ini. Kalau diajakin nonton lagi, sebenarnya aku nggak nolak, sayangnya nggak ada yg ngajakin lagi. 😂😂😂

Oke, kita nggak bahas tentang Gundala di sini, tapi kita bahas tentang ATM. Jadi sesungguhnya ide cerita yang ada di dunia ini sebenernya nggak ada yang baru. Kalau kita mau mencari ide cerita yang benar-benar orisinil hanya kita yang mikirin ide kayak gitu, sepertinya sulit.

Metode ATM adalah metode yang tepat dipakai buat orang yang baru belajar nulis. Seperti diriku ini. Aku akan jujur pada kalian bahwa ceritaku merupakan ATM dari sebagian cerita lain. Tapi kalau kalian baca cerita yang menjadi inspirasi dari ceritaku aku yakin 100% bahwa cerita itu nggak akan sama dengan ceitaku, tentu saja karena ide yang aku ambil sudah banyak mengalami modifikasi.

Berikut ini beberapa cerita yang menginspirasi diriku.

1. Beyond the blind fold.

Ini adalah sebuah komik Jepang yang menceritakan tentang cewek yang bisa melihat masa depan yang bertemu dengan cowok yang bisa melihat masa lalu. Kalian bisa menebak nggak ini inspirasi dari ceritaku yang mana? Iyup, jawabannya adalah Wish Series. Igo dan Wulan ada ide awal dari cerita ini.

Cuman bedanya genre dari Beyond the blind fold adalah romance yang berbalut slice of life. Waktu baca komik itu berpikir, kok sayang banget mereka punya kemampuan kayak gitu tapi nggak dipakai mengungkap kasus kejahatan. Maka, terciptalah Seri kedua dari wish series yaitu, Pembunuhan Omega. Iya Pembunuhan Omega sebenarnya adalah seri pertama, karena ini naskah yang aku tulis duluan ketimbang Rewind.

2. Anohana
Anohana adalah anime Jepang yang mengisahkan enam orang sahabat yang tak dapat berteman lagi setelah salah seorang sahabat mereka mati. Ide cerita dari anime ini aku adopsi menjadi naskah berjudul Trapped In the Past. Namun sekali lagi, anime Anohana genrenya adalah romance dan slice of life bukan thriller. Menma yang tewas dalam cerita ini meninggal karena tenggelam, bukan karena dibunuh seperti Samudera Biru.

3. Orange
Ide cerita tentang mendapatkan surat dari diri sendiri di masa depan aku dapatkan dari menonton anime Jepang yang berjudul Orange. Lagi-lagi anime ini genrenya adalah Romance dan Slice of life. Surat yang diterima oleh Naho menginformasikan pada cewek itu untuk menyelamatkan teman sebangkunya, Kakeru yang tewas karena bunuh diri. Ide cerita ini aku sulap dan aku jadikan naskah Spoiler yang bergenre Mistery/thriller.

4. School 2015: Who Are You
School 2015 menceritakan tentang dua orang anak kembar yang hidup terpisah.
Lee Eun Bi, cewek yang selalu dibully hingga akhirnya bunuh diri. Begitu sadar dia hilang ingatan dan malah dipungut oleh ibunya Go Eun Byul yang mengira dia adalah Eun Byul. Eunbi lantas hidup sebagai Eunbyul. Ada satu kasus di mana Eunbyul dituduh mencuri kotak perhiasan dan membully teman sekelasnya. Eunbi hilang ingatan tidak ingat dia yang nyuri kotak itu atau bukan. Daku menggunakan ide cerita ini untuk menulis Rewrite Memories. Sama-sama misteri genrenya, terapi Drama Korea School 2015 ini tidak mengandung unsur pembunuhan di dalamnya, hanya konflik kenakalan remaja. Yuna yang menjadi tokoh dari Rewrite Memories sudah dewasa bukan anak SMA dan dia tidak kembar. Kesamaannya hanya pada hilang ingatan.

Jadi sebenarnya ide ceritaku itu kebanyakan diambil dari cerita romance gengs, tapi kemudian aku modifikasi sedemikian rupa sehingga berubah menjadi genre thriller. Kalian mau coba nggak?

Kalau kalian mau menemukan ide cerita yang unik dan aneh, Negeri Sakura adalah tempatnya. Apalagi yang genrenya detektif, di sana banyak buanget. Sering-seringlah nonton anime dan baca komik.

Amati, Tiru dan Modifikasi itu penting. Namun sekali lagi yang ditiru hanyalah idenya bukan alur, penokohan apalagi keseluruhan dari cerita. Semuanya harus orisinal. Oke?

How To Make Mistery/Thriller Story [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang