Sukses dan Prestasi; Hak Semua Anak Bangsa

261 11 0
                                    


"Success is my right, success is your right, success is our right"

- Andre Wongso

Sebagai insan kamil yang terlahir di dunia ini, meski segala takdir yang diperuntukkan pada kita sudah ditetapkan oleh-Nya, namun kita masih diberi andil untuk meraih kesuksesan dan prestasi. Karena sukses dan prestasi adalah hak semua anak bangsa. Tidak ada yang boleh melarang kita untuk bermimpi meraih sebuah kesuksesan.

Terlepas dari makna sukses sendiri yang menurut saya itu dapat dinilai secara personal. Bagaimanapun situasi dan kondisinya, biarpun orang itu memiliki kekurangan dalam segi apapun, tetap saja dia memiliki peluang untuk menyandang gelar "success". Belum ada teori secara kuat untuk dapat mendiskripsikan dan memberikan kategori maupun ukuran dari sebuah kesuksesan. Karena saya kira tidak ada ukuran tersendiri untuk sebuah kesuksesan.

Bahkan bisa jadi kita di sini sebagai bagian dari mahasiswa yang telah diberi kesempatan untuk bisa melanjutkan studi di kampus masing-masing dengan biaya kuliah yang telah disubsidi oleh pemerintah ditambah dengan asupan living cost pula. Itu dapat juga diartikan sebagai prestasi atau sebuah kesuksesan bukan? Meskipun demikian, tapi janganlah memaknai kata "sukses" secara sempit. Karena sesungguhnya kesuksesan itu sangatlah luas dan sebisa mungkin meraih predikat sukses setinggi-tingginya dan sehebat mungkin.

Janganlah minder, percaya dan yakinlah bahwa kita ini mampu, kita pasti bisa. Sebagaimana ungkapan Buckminster Fuller dalam bukunya, yang menyatakan bahwa "All children are born geniouses". Dia percaya bahwa semua manusia yang lahir di dunia ini adalah terlahir jenius. Meskipun dilahirkan dengan kemampuan dan bakat yang berbeda-beda. Akan tetapi yang jadi persoaalan adalah seberapa besar usaha yang dilakukan untuk melewati proses menuju kesuksesan dengan label jenius yang dia punya.

Dari proses itulah pasti akan menemukan apa yang dinamakan dengan "kegagalan". Karena sebuah kesuksesan tidak pernah terlepas dengan sebuah kegagalan. Siapa yang tidak setuju jika sukses itu pasti diawali dengan kegagalan. Keduanya bak sesuatu yang tak dapat dipisahkan. Namun kadang pula atau bahkan yang lebih banyak terjadi adalah seseorang yang sudah menyerah ketika sudah memperoleh kegagalan. Banyak orang yang sebenarnya sudah hampir mendekati kesuksesan jikalau mau berusaha lagi dengan cara melakukan evaluasi, atur strategi, dan beraksi kembali.

Tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau berusaha dan yakin bahwa kita bisa meraihnya. Lihatlah orang-rang sukses dan peraih berbagai prestasi, medali, maupun kejuaraan. Tidak lain karena mereka mau berusaha keras, mempelajari di setiap kegagalannya, pantang menyerah, dan percaya dengan kemampuan dirinya.

Mari berfikir secara positif dan direfleksikan dalam diri kita bahwa mereka saja bisa sukses dan meraih banyak prestasi. Maka janganlah hanya sekedar bermimpi, tapi wujudkanlah segera mimpi dan cita-cita dengan senantianya berusaha meskipun dalam rutenya ditemukan rintangan-rintangan yang kadang kala menghadang, menghambat dan membuat kita jatuh bangun. Tapi ingatlah man jadda wajada, siapa yang bersungguh-sungguh maka dia akan berhasil. Jika kita sudah terjatuh dalam zona kegagalan, maka bangkitlah dengan tetap bersemangat tuk meraih kesuksesan meskipun nantinya tetap mengalami kegagalan seribu kali pun.

Jangan pula pernah tanamkan sifat lemah dan kurang percaya diri pada kemampuan kita sendiri. Setiap individu punya kelebihan dan kekurangan. Jadikanlah kekurangan itu sebagai semangat tuk menggapai impian berupa kesuksesan dan gunakan kelebihanmu sebagai piranti dalam meraih kesuksesan tersebut.

Mengutip juga sebuah pesan dari Phunzuk Wangru dalam film Three Idiots, yakni "tekunilah apa yang engkau senangi, maka kau akan dapat meraih kesuksesan". Dari situ dapat diambil makna bahwa dengan fokus dan concern pada suatu hal yang kita senangi dalam artian adalah hobi kita-tentu suatu hal yang positif. Sekali lagi, apabila kita tekuni dan belajar dengan sungguh-sungguh maka suksespun dapat diraih dengan mudah. Kita bisa menilik tokoh yang sukses dalam bidangnya seperti BJ. Habibie, Taufik Hidayat, Chris Jhon, Albert Einstein, Thomas A. Edison, dan masih banyak lagi.

Teman-teman yang senantiasa berprestasi! Nothing impossible in this word. Baca dan analisis kemampuan diri kita. Pasti melalui usaha keras yang tak luput disertai dengan do'a nan khusyuk, maka biidznillah pasti prestasi dan kesuksesan yang kita impikan akan terealisaikan dengan nyata. []

APA KABAR INDONESIA ✔Where stories live. Discover now