FAQ, Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan

2.5K 302 114
                                    

1. Q: Kapan deadline-nya, Kak?

2. A: Tidak ada deadline dalam gerakan ini. Namun, setiap bulannya kami akan memilih para peserta dan ceeita terpilihnya untuk dimasukkan ke dalam reading list rekomendasi bacaan kami.

Ini terjadi di awal bulan atau paling lambat di pertengah bulan berikutnya.

Jadi, semisal kamu mendaftar pada tanggal 17 Februari-proses pengumpulan datanya satu bulan. Pengumuman untukmu akan dilakukan pada awal Maret.

Jika kamu mendaftar tanggal 28 Februari, masih ikut pengumuman Maret, tetapi jikalau kamu mendaftar tanggal 1Maret akan diumumkan bulan berikutnya, yaitu April.

3. Q: Bolehkah saya mengikutkan lebih dari satu cerita?

A: Kamu diperbolehkan untuk mengikutkan lebih dari satu cerita, bahkan semua ceritamu pun boleh.

4. Q: Apakah cerita yang diikutkan harus cerita bersambung dengan part yang banyak, atau hanya cerita pendek saja?

A: Kalian bisa mengikutkan cerita apa saja. Kumpulan cerita, cerita bersambung, cerita pendek, cerita yang sudah tamat, cerita yang masih berlangsung. Asalkan sesuai dengan ketentuan kami dan tidak melanggar peraturan Wattpad.

5. Q: Apakah WattpadFanficID menerima fanfiksi lokal?

A: Jika yang dimaksud adalah nama artis, idol atau anime atau aktor film yang namanya dilokalkan jawabannya jelas TIDAK. Fanfiksi yang diubah namanya, bukan fanfiksi lagi jadi keabsahannya untuk mendaftar di daftar bacaan kami tisak ada.

Namun, jika yang dimaksud adalah fanfiksi mengenai atlet lokal Indonesia, bintang iklan Indonesia, artis dan penyanyi Indonesia, kami sangat senang untuk menerimanya. Fanfiksi sinetron juga boleh, JokoxWulan tuh atau DewaxNana lagi viral, 'kan?

6. Q: Apakah cerita dengan visualisasi idol atau artis bisa diterima mendaftar?

A. Tidak. Cerita dengan nama berbeda, tetapi menggunakan wajah idol, anime, artis atau apa pun sebagai visual tidak dapat disebut fanfiksi.

Itu hanyalah cerita biasa dengan meminjam wajah sebagai bantuan visual atau sering disebut cast. Bukan fanfiksi. Sila daftarkan di akun luar fanfiksi.

7. Q: Apakah ada jumlah minimal katanya?

A. Tidak ada. Dalam sayembara daftar bacaan WattpadFanficID. Tidak ada minimal atau jumlah katanya. Bila ceritamu tamat di 500 kata pun kami terima asalkan memang fanfiksi.

8. Q: Apakah cerita yang tidak lolos dapat didaftarkan lagi?

A: Ya. Boleh kamu daftarkan ceritamu lagi, tetapi perlu diingat lakukanlah perubahan baik revisi tanda baca maupun alur. Karena yang pernah ditolak itu memiliki alasannya masing-masing. Kalau tidak diubah kami yakin cerita tersebut hanya akan kembali mengulangi sejarahnya.

9. Q: Apakah ada jumlah khusus untuk pengumuman daftar bacaanmya yang lolos?

A. Tidak ada. Dalam 30 hari, tim juri akan menilai dan memilih siapa-siapa yang layak dan berhak masuk ke daftar bacaan. Satu cerita dicek lebih dari satu orang. Hasil itu akan diumumkan sesuai dengan jumlah pilihan juri.

Jika dari 200 entri yang terpilih hanya dua orang akan diumumkan dua orang/dua cerita. Jika dari 17 entri yang terpilih 17 akan diumumkan apa adanya, yaitu 17 orang.

Kami tidak membatasi jumlahnya, dari satu sampai puluhan, apabila sudah yang terbaik pasti kami umumkan. Jadi tidak perlu takut kehabisan kursi, sebab tidak ada kursi satu, dua, tiga semuanya adalah sejajar. Berbeda dengan kontes.

*jika tidak ada entri yang dapat diumumkan kami akan melewati bulan tersebut tanpa pengumuman, jadi ada kalanya cerita terpilih bulanan untuk daftar bacaan kami adalah nol (0).

10. Q: Apa yang Tim WattpadFanficID berikan untuk cerita terpilih yang masuk daftar bacaan?

A: Kita tidak dapat memberikan apa-apa selain memasukan ceritamu ke daftar bacaan kami.

11. Q: Jikalau hanya dimasukkan ke daftar bacaan, lalu apa keuntungan kami dalam mengikuti kegiatan ini?

Kegiatan ini sebenarnya memberikan banyak manfaat ke peserta.

Pertama, semua peserta akan memiliki pengalaman di mana ceritanya benar-benar dinilai dari berbagai aspek dan kemudian dipilih oleh juri.

Kedua, dengan terpilihnya ceritamu, namamu juga ceritamu akan lebih dikenal orang karena dipilih langsung oleh akun resmi WattpadFanficID yang memang bukan akun pemilihan abal-abal. Di mana kamu bisa bersinar tanpa mengandalkan pengikut, jumlah baca maupun jumlah vote. Hanya bermodal ceritamu saja. Juri tidak akan pilih kasih terhadapmu. Kamu bisa membuktikan diri di sini, berlomba dengan ratusan penulis lainnya.

Ketiga, kegiatan ini memiliki tujuan agar kamu dan WattpadFanficID ini dapat menemukan potensi tersembunyi di Wattpad. Bahkan mungkin kamu sendiri saja tidak tahu kalau kamu itu memiliki potensi itu. Potensi untuk berkembang, juga potensi untuk naik ke ajang yang lebih tinggi. Maka dari itu Tim WattpadFanficID berkeinginan jika ada yang terpilih silakan lebih percaya diri lagi, masukanlah cerita kalian ke lomba, Wattys, ke penerbit maupun yang lainnya.

Jangan sampai merasa masuknya cerita kalian ke daftar bacaan kami adalah sebuah keberuntungan belaka. Tim selalu meluangkan waktunya untuk membaca, meneliti dan menemukan kekurangan serta kelebihan dari setiap peserta.

Bahkan ada yang begadang, lupa makan atau menilai sambil kuliah dan bekerja. Apakah pantas menilai keberhasilan kalian itu dengan sebuah "keberuntungan"?

Tolong hargai diri dan karya kalian lebih baik lagi, ya. Jangan sampai tim dan juri merasa menyesal memberikan penghargaan ini kepada kamu akibat disamaratakan dengan kebetulan, keberuntungan, kekurangan entri dan sejenisnya.

Jika ada pertanyaan lain, silakan ditanyakan di part ini.

Terima kasih. ❤️

True Fanfic IndonesiaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang