Jurnal Februari 2019

2K 184 53
                                    

Hai Fanfic Lovers!

Hari ini mimin ingin melaporkan kisah dibalik pencarian lima cerita di terbaik dari yang terbaik edisi bulan Februari. Beberapa dari kalian pasti heran, kenapa cerita yang terpilih bulan ini sangat sedikit jika dibandingkan dengan bulan kemarin?

Well, jawabannya adalah syarat dan ketentuan masih belum terpenuhi oleh hampir 40% peserta True Fanfic Indo :(

Sedih memang, harus melewatkan cerita yang kelihatannya bagus dan menarik hanya karena tulisan tersebut tidak pasang stiker, atau tidak pakai hastag. Kedengarannya remeh, namun di dunia Engagement dan kontes, memenuhi syarat-syarat tersebut adalah keharusan.

Alasan lain kenapa cerita yang masuk reading list sangat sedikit adalah penulisan. Mimin tahu, Wattpad memang wadah penulis dan calon penulis untuk kemampuannya. Karena itu, mimin dukung para penulis pemula untuk terus mempelajari aturan dasar menulis. Mulai dari penggunaan tanda baca. Titik koma, tanda kutip, dan jangan sekali--kali menulis "terus2 an" (ada angka 2 untuk mengulangi kalimat karena penulis tidak ingin atau mungkin tidak sempat untuk menulis sesuai aturan yang benar terus-terusan).

Ini tidak diperkenankan, karena menulis sebuah novel atau kisah tidak sama dengan menulis SMS, 'kan?

Tips lain agar edisi Maret bisa lebih baik lagi adalah, baca kembali apa yang kamu tulis (proofread) setelah menyelesaikan satu chapter dan ingin menerbitkannya. Karena terkadang ketika kita menulis ada beberapa kalimat berulang yang sebenarnya bisa diganti dengan sinonim dari kalimat tersebut agar pembaca tidak jenuh.

Nah jadi, bagaimana? siap untuk jadi lebih baik di edisi berikutnya? Mimin dan jajaran masih menunggu cerita-cerita menarik kalian terutama fandom lain yang non k-pop, jangan mau kalah! ^.^

Jangan lupa untuk memeriksa dan berikan apresiasi kepada reading list edisi Februari ya. 

Sampai jumpa di Edisi berikutnya

Salam

- Fanfic Indonesia 

True Fanfic IndonesiaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang