si pemaksa

368 60 16
                                    

Bumi ngerengut dalam tidurnya, keganggu sama bias cahaya yang menjurus ke arah muka dia. Balik badan terus lanjut tidur lagi, tapi gabisa karena Mama nyubitin pipi dia biar bangun.

"Bangun de, kuliah kamu tuh."

Bumi malah ngegerem, mencoba lepasin cubitan Mama. Wanita itu ngegeleng ngeliat kelakuan anak bungsu nya.

"Jangan males ade tuh, giliran kalo di rumah susah dibangunin. Di kosan katanya paling rajin bangun pagi."

Ngerutin dahi terus buka mata perlahan sambil ngucek-ngucekin yang langsung di cegah sama Mama nya, diomelin nanti iritasi. "Kok Mama bisa tau?"

"Haykal yang bilang." jelas wanita itu sambil benerin rambut Bumi.

"Hehe kan beda Maa, ade bangun pagi di kosan biar ga harus berebutan dulu buat gunain wc."

"Dasar ade tuh ya, kalo gitu mending ade nginep di kosan aja sana. Biar Mama gausah cape-cape bangunin bayi gede lagi."

Bumi ngerengut, dipeluknya erat lengan Mama sambil ndusel kayak kucing piaran Papa.

"Jangan gitu atuh sama adee. Apalagi ade bukan bayi!"

Mama cuman bisa ketawa aja, bilang nya bukan bayi tapi kelakuan kayak bayi. Si bungsu ini emang ga pernah nyadar diri. Untung ngegemesin, Mama kan gajadi kesel jadinya.

"Yauda makanya ade sekarang mandi, udah gitu makan. Mama tunggu di dapur."

Bumi nganggukin kepala, sedikit manyunin bibir karena dia gabisa lanjutin tidur. Mama yang liatnya cuman bisa terkekeh pelan, ngacakin rambut si bungsu lalu keluar dari kamar. Bumi ngehela nafas pelan dan dengan ogah-ogahan jalan ke kamar mandi.

×××××××

Setelah beres merapihkan diri. Bumi keluar dari kamar nya dan jalan ke dapur. Disana ternyata ada Mas Akas yang lagi anteng makan sambil sesekali nge cek laptop.

"Mas belum ke kampus?" udah nanya gitu Bumi ngedudukin dirinya di samping Akas, yang ditanya langsung noleh ke arah dia.

"Pak Miftah nyuruh Mas dateng nya siang aja. Ada kelas kamu de?"

Bumi nganggukin kepala, "Eh Mas, ade ketiduran lagi ya pas dianterin sama Langit? Itu gimana ceritanya ade bisa ada di kasur?"

"Biasa. Langit gendong kamu sampe ke kamar." Akas ngejelasin dengan nada sedikit menggoda, ngebuat adik nya itu langsung bersemu, "Kalo kalian udah nikah, kayaknya bakal sering tuh ya gendong-gendongan." lanjut nya sambil naik turunin alis.

"MAS APA SIH?!" teriak Bumi dan mukulin lengan Akas bertubi-tubi. Yang dipukulin cuman bisa mengaduh sakit sambil mencoba berhentiin pukulan Bumi, ga boong ini mah emang sakit.

"Ngapain de mukulin Mas nya? Kasian, sakit itu dia."

Mama yang baru dateng dan disuguhi si bungsu lagi mukulin si sulung langsung aja mencoba membujuk biar berhenti. Bumi yang ngedenger langsung ga mukulin lagi Mas nya walaupun bibir terus mengerucut. Masih kesel dia.

"Jangan suka jail kamu Mas sama ade. Lama-lama anak mama satu ini nanti jadi bebek. Gamau mama mah."

"MAMA IH!"

Kedua manusia itu sontak tertawa mendengar seruan kesal dari Bumi. Seru kalo udah jailin si bungsu, coba aja Papa belum berangkat kerja pasti bakal lebih seru. Apalagi Bumi itu bahan yang cocok dijailin buat Papa sama Akas. Kalo Mama mah gimana situasi. Kadang ngikut, kadang belain Bumi kadang juga ngga ikutan.

"Udah ah, nih de makan. Nanti kamu kesiangan."

Dengan telaten Mama ngambilin makanan buat Bumi sama minum nya. Bumi yang di gituin cuman bisa pasrah aja, pasti kalo di rumah Mama gabakal pernah ga manjain dia. Malu sedikit sih, soalnya ada Mas Akas. Kalo ngga ada Mas nya itu Bumi mah okeoke aja di manjain sama si Mama.

langit dan bumiWhere stories live. Discover now