About star 2

1.3K 154 5
                                    

  RIWAYAT HIDUP BINTANG.

   Ketika kalian menatap langit malam. Kalian akan disuguhkan dengan pemandangan bintang bintang yang indah.

  Bintang-bintang tersebut jaraknya sangat jauh dengan kita. Dan mereka mempunyai alur hidup sendiri. Pada kali ini saya akan menjelaskan kisah hidup bitnag yang bermassa tinggi.

1. PROTO BINTANG

Awal mulanya, sebuah bintang berasal dari awan gas dan debu yang memadat akibat gravitasi nya sendiri. Kemudian membentuk bola pijar raksasa.

2. SANG BINTANG LAHIR

Setelah bola pijar tersebut memiliki massa yang tinggi.
Reaksi fusi terjadi akibat tekanan materi yang ia punya. Karena itu pula awan gas disekitar terhembus kan oleh energi bintang tersebut

3. BINTANG DERET UTAMA.

Sang bintang akan melakukan fusi dengan stabil hingga ratusan juta tahu. Fusi pada bitnag seperti ini tidak berhenti pada helium, tapi akan terus berlanjut.

4. RAKSASA MERAH.

Energi fusi bintang sangat kuat. Akibatnya fusi merambat hingga mantel bintang. Hal ini menyebabkan bintang mengembang dan menjadi merah raksasa.

~seperti ini lah yang akan terjadi pada matahari kita 5 miliar tahun mendatang.

5. KERUNTUHAN INTI

Inti bintang mulai runtuh, akibat energi fusi nya melemah. Hal ini diakibatkan oleh besi yang dibentuk fusi silikat. Karena, Fusi silikat menyerap energi fusi dari bintang itu sendiri

6. BINTANG NEUTRON TERBENTUK.

Bila massa sang bintang tidak terlalu tinggi [massa bintang dikatakan tinggi bila 3 kali lebih besar dari massa matahari] Ia bisa bertahan dengan mendapatkan neutronnya menjadi struktur super padat.

7. LUBANG HITAM TERBENTUK.

Bila massa bintang sangat tinggi, inti bintang tidak mampu melawan gravitasi nya sendiri. Alhasil ini menyebabkan bintang itu runtuh menjadi sebuah lubang hitam.

__

Terima kasih atas vote nya.

Fakta Menarik Sains [Completed]Where stories live. Discover now