7 Fakta mencengangkan Uranus

1.2K 113 8
                                    


Membahas luar angkasa memang tak pernah membosankan. Ada begitu banyak hal yang bisa kita angkat mulai dari fenomena-fenomena, benda-benda langit sampai kemungkinan adanya kehidupan selain di Bumi. Membahas tata surya pun menarik, karena seperti yang kita tahu, Bumi tidaklah sendiri melainkan ditemani oleh deretan planet-planet lain yang secara fisik dan karakteristik punya ciri khas tersendiri.

Salah satu planet tetangga Bumi yang menarik untuk dikulik adalah Uranus. Planet ini pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan bernama William Herschel yang akhirnya makin menambah khazanah keilmuwan astronomi saat itu. Planet terbesar ketiga setelah Jupiter dan Saturnus ini memang unik, terutama karena sebutannya sebagai planet paling dingin di tata surya. Tahukah, di sana suhu minimun bisa mencapai -224 celsius. Tak pernah terbayangkan bagaimana dinginnya.

Tak hanya itu, masih banyak hal-hal unik lain dari planet yang berwarna biru ini. Berikut ulasannya.

1. Ukuran Uranus Dibandingkan Bumi

Sempat disinggung di awal, Uranus adalah planet terbesar ketiga setelah Jupiter dan Saturnus. Pertanyaannya, seberapa besar planet ini jika dibandingkan dengan Bumi? Tentu saja sangat besar.

Beginilah ukuran Uranus jika dibandingkan Bumi.

Jika dibuat perumpamaan, Uranus sama besarnya dengan 63 Bumi

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Jika dibuat perumpamaan, Uranus sama besarnya dengan 63 Bumi. Jika Bumi saja sudah sebesar ini, maka tak terbayangkan bagaimana Uranus. Seumpama kita mengelilinginya, maka setidaknya butuh waktu bertahun-tahun.

2. Uranus Punya Banyak Sekali Bulan

Seperti ciri khas kebanyakan planet raksasa di tata surya, Uranus juga memiliki banyak sekali bulan.

Jika Jupiter memiliki 67 bulan dan Saturnus 62, maka Uranus memiliki 27

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Jika Jupiter memiliki 67 bulan dan Saturnus 62, maka Uranus memiliki 27. Sedangkan Bumi hanya memiliki satu.

Uranus punya banyak sekali bulan, ada 27 buah mengelilinginya. Keunikan bulan-bulan milik Saturnus ini adalah beberapa dari mereka dinamai dengan karakter karya-karya Shakespeare. Misalnya Oberon, Titania, Ariel, Miranda dan Puck. Ada pula salah satu satelit yang bernama Cupid.

3. Uranus Hanya Memiliki Dua Musim

Sama seperti planet lain, termasuk Bumi, Uranus juga terbagi atas musim-musim. Namun tak seperti Bumi kita, di sana hanya ada dua musim saja. Yakni musim panas dan dingin. Namun, karena jaraknya yang cukup jauh dari matahari, maka durasi musim di sana jauh lebih panjang.

Fakta Menarik Sains [Completed]Where stories live. Discover now