31. Menunaikan Janji

710 104 20
                                    

Al Kahfi Land, Depok, 2004

Malam minggu Widi datang ke kantor untuk mengembalikan mobil dan mengemasi barang-barangnya. Dia menyapa Pak Jajat dan Pak Didi yang sedang ngobrol di ruang tamu kantor, lalu pergi menuju ruangannya.

"Iya tho, masih ora percaya? Hehe. Dari pagi Pak Erlangga udah dateng, terus sekarang Mbak Widi. Iki malam minggu, jee," ujar Pak Didi.

Pak Roni tiba-tiba muncul dan langsung bergabung. "Lu ghibah aje, Di! Emangnye kalo berduaan ude pasti pacaran? Norak, lu!"

"Sampeyan ndak lihat sih. Lha, emangnya sampeyan enggak seneng kalo mereka pacaran?" tanya Pak Didi.

"Kalo bener mah seneng. Mbak Widi baek banget, kali aje bisa bikin si Bos jadi baek lagi kaya dulu. Ane pan kenal bos kite dari jaman masing jadi anak metal. Pas beli tanah engkong ane ini," kata Pak Roni.

"Sampeyan kenal lama, kok ya ndak dijadiin direktur sama Bapak? Hehe," ledek Pak Didi.

"Tadinye ude disuru, tapi dasi direktur kepanjangan kalo ane pake, ampe dengkul! Jiahaha," sahut Pak Roni.

"Ya, paling kagak mah jadi arsitek, kali. Bang Roni kan akalnye panjang, kayak meteran," tambah Pak Jajat sambil tertawa.

"Ude disuru juga! Coman, pas tes gambar kucing, malah disangke kambing. Jiahaha!"

Mereka tertawa terpingkal-pingkal.

"Eh, biar kate ane coman jadi satpam, tapi dulu, ane pernah dibikinin kontrakan ama si Bos, die ndiri yang gambar ama modalin. Ngiri kagak lu pade? Jiahaha!"

"Berapa pintu? Jangan-jangan pintunya doang. Hahaha," ledek Pak Didi.

"Yah, Didi! Kalo kaga percaya, lu dateng aje ndiri. Abis ntu, lu itung dah pintunye, palingan bisa dari subuh ampe megrib," jawab Pak Roni.

"Saking banyaknya ya?" tanya Pak Didi.

"Bukan! Lu nye aje yang bego, kaga bisa ngitung, jiahaha," ledek Pak Roni.

"Nah, sampeyan banyak duit dong, terus ngapain disini?" tanya Pak Didi.

"Lah! kalo di rumah, hiburannye palingan coman maenin burung. Mendingan di sini, bisa ngerjain elu! Jiahaha," jawab Pak Roni.

"Pantes anak sampeyan banyak, kebanyakan maen burung," ledek Pak Didi..

"Nah, lu paham, jiahaha! Duit ane emang banyak, coman semuanye buat inpes pendidikan anak, makanye semuanye pade bisa kuliah. Eh, Di! Ngarti kaga lu inpes? Inpestrasih? Yah, jiahaha, kaga sekolah sih lu Di!" ledek Pak Roni.

"Investasi, Pak Haji Roni! Sampeyan baca koran tulisannya sering kebalik, ngaku pernah sekolah," balas Pak Didi.

"Jiahaha! Eh, ngomong-ngomong, lu berdua pada inget enggak? Bos kite bukannye ude punya tunangan? Nah, iye kan? Kalo yang atu nyusul dimari, bakal perang dunia ketiga ini mah," ujar Pak Roni.

"Tapi, perasaan aku udah ndak pernah liat Mbak Vanessa," sahut Pak Didi.

"Jiaah! Polos banget lu. Di! Yang lama emang diumpetin, pan yang baru orang sini. Ah, mending ane balik aje deh. Kaga sanggup ngeliat bos kite dicakarin perempuan. Nyok, Jat! Biar Didi aje yang misahin kucing berantem," ajak Pak Roni.

Pak Jajat tertawa. "Ayo."

"Lho lho lho pada mau kemana? Aku melu jee!" ujar Pak Didi terlihat cemas.

"Di! Lu mah kudu nungguin Bapak, entar abis berantem, yang nyupirin Bapak pulang siape?" tanya Pak Roni.

"Mbok ya temenin aku, jee. Kalo berantem misahine piye?" tanya Pak Didi kuatir.

"Lu bangunin Hendri aje, mentang-mentang ude kaga ade Desmon, jangan tidur mulu," usul Pak Roni.

"Susah banguninnya, piye tho iki?" sahut Pak Didi.

"Gampang! Lu banguninnye emang kudu pake mi tek-tek. Die mah kalo ngendusin makanan pasti 86. Mumpung die kaga tau urusan, tau-tau baret aje dicakar! Jiahaha." usul Pak Roni lagi.

"Mbok ya, ojo medeni jee! Yo wis, aku tuku mi tek-tek buat Hendri, sek. Sampeyan berdua nunggu di sini dulu, ya" pinta Pak Didi.

"Jiaah! Beli atu, berani-beraninye nyuruh," protes Pak Roni.

"Wis! Aku tuku 4 bungkus, tungguin aku ya" pinta Pak Didi.

"Tenang. Ape iye, temen lagi sengsare kite kagak nolong. Jiahaha!" sahut Pak Roni sambil menunjukkan jempolnya ke Pak Jajat yang terus-terusan tertawa mendengar akal-akalan Pak Roni.

Di bagian lain kantor, Widi berjalan dengan wajah sedih menuju ruangannya, saat di depan pintu, ternyata pintu terkunci. Widi membaca tulisan pada kertas yang menempel di kaca.

UGE-2004 : Eh, Mbak Terminator. Kalo butuh kunci, pintunya jangan didobrak ya. Aku tunggu di rumah kotak.

*****

Danau Al Kahfi Land, Depok, 2004

Malam ini, langit cerah penuh bintang. Sinar bulan purnama membuat suasana danau lebih terang dari biasanya. Suara binatang-binatang malam di hutan dan danau terdengar saling sahut-menyahut menyemarakkan suasana malam yang indah.

Widi berjalan menghampiri Angga yang duduk di tepi danau. Ia pun duduk di hadapan Angga. Keduanya mengembangkan senyum.

"Widi, aku ternyata berhasil memenuhi janjiku," ujar Angga.

"Maksud kamu?" tanya Widi.

"Di tahun 1999, seorang mahasiswa tingkat akhir pernah jauh-jauh datang ke sini untuk ketemu kamu, sayangnya di sini cuma ada hutan pinus. Karena saat itu kamu ada di tahun 2004. Kamu masih ingat enggak sama dia?"

Widi diam, ia hanya bisa menitikkan air mata bahagia.

"Dia memakai nama Uge. Walau gagal, ternyata dia enggak nyerah. Bahkan dia berusaha memiliki kawasan hutan pinus ini dan mendirikan sebuah bangungan, cuma supaya bisa jadi bagian sejarah kantor ini dan mudah menemukan kamu."

"Uge memang pantang menyerah dan ternyata dia berhasil hadir secara nyata," ujar Widi.

"Menurut kamu, apa yang terjadi kalo saat chatting aku mengenalkan diri sebagai Angga? Begitu juga kalo saat kita pertama kali ngobrol di kampus, kamu mengenalkan diri sebagai Widi? Atau sekalian aja, gimana kalau kita enggak pernah ketemu situs chatting lintas waktu itu?"

Widi tersenyum. "Kita jadi enggak pernah mengalami hal yang luar biasa. Kamu pasti mau bilang, betapa beruntungnya kita."

"Aku malah enggak kepikiran sampe ke situ. Aku cuma mau bilang, jodoh itu enggak ke mana. Udah gonta-ganti nama, tetep aja enggak ketuker."

Widi tertawa."Aku sok filosofis banget, ya."

Angga tersenyum. "Baiklah, Sekarang bulan Desember, tahun 2004. Alhamdulillah, sebagai Uge, aku belum telat untuk menunaikan janji. Sebagai Angga, aku harap kali ini kamu bisa langsung kasih jawaban yang jelas. Insya Allah, sekarang aku siap jadi imam untuk keluargaku, apa kamu bersedia?"

"Angga! Baik sebagai Dewi atau Widi, aku udah nunggu lima tahun, bahkan kemarin, aku sempet nolak pinangan bosku sendiri. Apa kamu masih butuh jawaban?"

Rumah Kotak dan kantor Segitiga menyaksikan peristiwa ini, mereka memang telah lama menunggu kedua arsitek ini juga merasakan bahagianya bertemu pasangan hidup.

Suara makhluk hidup penghuni hutan dan danau juga semakin ramai seolah melantunkan pujian pada penciptaNya yang telah memberikan kebahagian pada dua anak manusia yang telah mempertahankan hutan ini menjadi rumah mereka.

TAMAT

(tetap baca halaman selanjutnya)

Vote dan comment anda sangat berarti bagi penulis, terimakasih telah membaca tulisan ini.

Penulis, Indra W 

Al Kahfi  Land 1 - Menyusuri WaktuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang