LY 6

2.8K 256 13
                                    

— Zet —

Satu-satunya cara agar aku tidak terlihat sangat rendah di mata orang-orang hanya dengan aku tidak mendengarkan apa yang mereka katakan.

Karena dengan aku mendengarkan sesuatu yang buruk tentang diriku dari orang lain, itu hanya akan menambah rasa benci pada diriku sendiri. Aku tahu tidak ada yang sempurna di sini. Tapi aku lebih memilih mengintropeksi diri sendiri daripada harus mendengarkannya dari orang lain.

Ketika sadar aku berada pada titik terendah dan merasa tidak berguna, aku mencoba kembali pada masa aku terlahir dengan tujuan yang sebenarnya sudah tersusun begitu rapih.

Saat hati ingin mengakhiri atau sebut saja bunuh diri, depresi dan hal-hal lain yang buruk di mata Tuhan, aku memegang dadaku sendiri. Merasakan detak jantung yang ketakutan jika mendengar soal kematian karena sadar bahwa aku tidak memiliki bekal apa-apa. Belum cukup dan berhadapan dengan Tuhan harus memiliki banyak alasan yang kuat agar layak.

Sejak itulah aku membuat kesepakatan dengan memaafkan diri dan mencintai apa yang sudah aku miliki. Aku membuat kesepakatan dengan semesta bahwa apapun takdir yang aku dapat nanti, aku tetaplah aku. Bagian dari diriku yang hilang lalu akan ditemukan meski tidak tahu kapan waktunya.

Aku membuat kesepakatan untuk mencintai diriku sendiri sebelum melakukannya pada orang lain.

Jan 03, 2020

[1] LOVE YOURSELF! √Where stories live. Discover now