Bab 5 - Antara Ego dan Bego (Rangga POV)

30 3 0
                                    

Batin manusia terdiri atas pikiran, perasaan, ingatan, dan kesadaran. Dari keempat komponen tersebut, yang menjadi provokator adalah perasaan. Ya, seinget gue sih gitu pelajaran yang gue dapet dari hasil kuliah di bidang psikologi.

Kita sering mendengar pernyataan bahwa manusia adalah makhluk rasional yang bisa berpikir secara logis. Benarkah demikian? Bisa ya, dan lebih seringnya sih enggak. Manusia sangat sulit untuk bisa benar-benar berpikir rasional dan logis.

Emosi memengaruhi setiap proses berpikir, berucap, bertindak, perilaku, dan pembuatan keputusan. Hanya orang-orang yang telah mengembangkan batin hingga ke taraf tertentu yang mampu memerdekan diri dari pengaruh dan sekaligus menjadi tuan dari emosinya.

"KAMU MENDING PULANG. SANA!" Nada suara si cewek pendek langsung meninggi. Dia beneran marah kayaknya.

Gue cuma mengedigkan bahu, memiringkan kepala sedikit ke kanan, sambil ngangkat kedua tangan layaknya orang yang lagi berdoa.

Whatever!

Terus berlalu, sambil nahan emosi yang menggebu-gebu. Untung aja gue sepenuhnya sadar, saat api dibalas api, maka semuanya akan terbakar. Gue tahan amarah gue, kesel, serius. Ngasih tahu orang, tapi yang dikasih tahu malah pengen tempe.

Buru-buru gue pergi ke parkiran, awan mendungnya udah enggak bisa nahan kandungannya lagi. Ketubannya udah pecah, dan bentar lagi bakalan merojol ribuan anaknya.

Pas di atas motor, orang-orang yang tampangnya enggak asing nyamperin ke arah gue sambil bawa-bawa kamera.

"Ka! Nungu benar, Kak!" teriak salah satu di antara mereka, cewek rambut keriting dengan bibir yang agak sumbing.

Lah? Dia'kan cewek yang pingsan pas gue sapa tadi.

Dan, di belakangnya ada tiga orang cewek yang tadi pingsan pas lagi pada ngerumpi. Si gendut di sisi paling kiri, lagi ngemilin snack rasa te-ra-si? Terasi! Serius tulisan di bungkusnya begitu. Yang di sebelahnya lagi agak cakepan, dia ngasih senyuman ke arah gue, rambutnya blonde. Terus satu lagi, kayaknya so' kecakepan, dia lagi pake bedak sama deodoran, ih.

"Jadi tadi itu kami lagi buat video reaction," kata yang pegang kamera tiba-tiba. Njir, ternyata dia si Bejo. Bule jowo, dosen lokal dengan tampang internasional. "Kami ingin tahu gimana reaksi orang, saat ada orang lain yang begitu saja pingsan di depannya," lanjutnya lagi.

Gue cuma duduk diem di jok motor, megangin helm yang enggak jadi gue pake, sambil masang ekspresi datar.

"Dan, Anda! Satu-satunya orang yang bisa tetap tenang. Bersikap seolah tidak ada yang terjadi," tutur Pak dosen lagi. Matanya tetep fokus ke layar kamera harga lima ratus ribuan.

Entah kalimat itu pujian atau sindiran, yang jelas sekarang gue lagi enggak butuh keduanya. Perasaan gue masih kesel, ditambah udara yang berasa pengap, akibat perubahan suhu sebelum hujan turun. Beneran bikin susah buat mikir. Gue pun cuma ngasih isyarat ngelirik ke arah jam di tangan, untungnya si dosen ngerti, dia langsung pergi bareng kru 'filmnya', terus bilang, "Ma'af."

Ma'af?

Manusia memang makhluk perasa, enggak ada manusia yang enggak punya perasaan di dunia ini. Cuma denger kata ma'af, batin gue langsung gelisah, ngerasa bersalah. Kayaknya sikap gue barusan udah kelewatan.

"Ma'af!"

Gue kirim pesan singkat ke nomer si Abby, sebelum kemudian melaju di bawah guyuran hujan yang mulai berjatuhan. Jadi inget kenangan sama mantan. Gue sampe ngelamun bentar, pas sadar hampir nabrak orang.

"Oi! Oi! Oi!" teriakan cempreng si ibu menembus peredam suara di helm gue. Untung pengereman di motor gue udah pake ABS system. Coba kalau enggak, udah enggak kebayang bakalan gimana jadinya.

Buru-buru gue turun dari motor, nanyain keadaan si ibu takut dia kenapa-napa.

"Kebetulan banget, Tong! Kang ojek'kan. Anterin aye pulang ya! Enggak usah pake aplikasi-aplikasi segala. Nyok! Buruan."

Hah?

Gue kira dia bakalan marah, tapi ternyata lebih parah. Dia langsung pake helm yang nyantol di jok belakang, terus naik ke motor, ninggalin gue yang masih berlutut di pinggir jalan.

"Ya elah, Tong! Malah ngelamun. Buruan! Ujan nih."

"Ta-tapi, Bu-" Gelagapan gue ngomong.

"Enggak usah tupa-tapi, nih-nih!" Dia ngasihin selembar duit bergambar Tuanku Imam Bonjol yang lecek plus basah. "Nyok jalan!"

Karena merasa bersalah, dan kasian juga. Gue pun nganterin tuh ibu pulang. Walaupun harus jalan muter balik lagi.

"Jadi inget waktu muda dulu!" teriak penumpang gue di jok belakang, sambil meluk. Mungkin takut terbang. Badannya kecil banget soalnya.

Ckckck .... Dasar manusia!

Enggak ada habisnya emang kalau ngomongin manusia. Kebetulan gue juga masih jadi manusia. Kadang pikiran manusia itu rada gila, dan sulit untuk dijelaskan. Apalagi perihal rasa. Yup, kayak sekarang misalnya. Perasaan gue campur aduk, masih ngerasa bersalah, tapi masih kesel juga sama si Abby manyun. Mungkin nanti gue minta ma'af langsung ke dia.

"Tong! Tong! Tong! Stop, Tong! Elu bukan tukang ojek ya?"

Tuh'kan! Dasar manusia!

💤💤💤

Minggu, 15 Maret 2020.
Pukul 21.12 WIB.

Serangga Kepona (Rangga POV)Nơi câu chuyện tồn tại. Hãy khám phá bây giờ