5| POV

95 9 0
                                    

Pengertian POV

POV adalah singkatan dari bahasa inggris yaitu, "Point Of View". Yang dalam Bahasa Indonesia "Sudut Pandang".

POV atau sudut pandang ini biasa digunakan untuk menentukan dari sudut mana suatu cerita itu ditulis atau diceritakan. Mau dari sudut pandang orang pertama (aku), sudut pandang orang kedua (kau/kamu) atau sudut pandang orang ketiga (dia). Sering disingkat begini oleh masyarakat muda Wattpad: POV 1, POV 2, POV 3.

Ada 3 jenis sudut pandang penulis:

1. Sudut Pandang Orang Pertama, Pelaku Utama. (POV 1)

2. Sudut Pandang Orang Pertama, Pelaku Sampingan. (POV 2)

3. Sudut Pandang Orang Ketiga [Serba tahu]. (POV 3)

Apa sih POV 1?🤔

POV 1 atau kita sebut Sudut Pandang Orang Pertama, maksudnya adalah penulis memposisikan dirinya sebagai orang pertama yang bercerita. Pelaku utama adalah penulis menjadi tokoh utama dalam cerita tersebut. Biasanya, sudut pandang ini menggunakan kata “Aku” sebagai pencerita. Artinya si penulis memposisikan dirinya sebagai tokoh utama dalam sudut pandang “Aku”.

Kalau penulis memposisikan dirinya sebagai “Aku” dalam sebuah cerita, artinya penulis tidak akan bisa mengetahui bagaimana cerita kehidupan dari tokoh lain yang tidak berhubungan langsung dengan tokoh utama atau pun mengetahui isi hati dari tokoh lainnya.

Contoh POV 1:

Lelah. Apakah tidak ada yang mengerti perasaanku? Ayah dan Ibu, semua sama saja! Apakah tidak ada sedikit ruang bagiku untuk bahagia? Tuhan, setidaknya aku ingin merasakan apa itu kebahagiaan?

Apa sih POV 2?🤔

POV 2 atau kita sebut Sudut pandang orang pertama, maksudnya adalah penulis memposisikan dirinya sebagai orang pertama yang bercerita. Pelaku sampingan adalah penulis menjadi tokoh sampingan dalam cerita tersebut. Biasanya, sudut pandang ini menggunakan kata “Kau” atau “Kamu” sebagai tokoh utama dan penulis sebagai pencerita. Artinya si penulis memposisikan dirinya sebagai sampingan (pencerita) kehidupan tokoh “Kamu” yang ada di dalam sebuah cerita.

Sudut pandang ini jarang digunakan oleh penulis karena sulit mendapatkan atau menggambarkan karakter dari tokoh tersebut.

Contoh POV 2:

Kamu duduk di sudut meja kafe sambil memandangi rintik hujan yang tak juga reda. Beberapa kali kamu melirik arloji di pergelangan tanganmu. Menunggu seseorang yang seharusnya sudah datang satu jam yang lalu. Kamu juga terlihat mengetuk-ngetuk meja untuk menetralisir rasa kesal yang hampir meluap dari dadamu. Seorang pelayan menghampirimu ketiga kalinya karena kamu belum juga memesan segelas kopi atau makanan lainnya.

Ingat!

Kalimat yang harus dihindari dalam POV 2 adalah penggunaan kata “aku”. Karena penulis sedang menceritakan orang lain yang disebut “kamu”. Jangan sampai penulis tiba-tiba masuk ke dalam cerita dengan penggunaan kata “Aku” karena kata tersebut digunakan pada sudut pandang orang pertama pelaku utama (POV 1).

Apa sih POV 3? 🤔  

(Ini bukan pelakor lho ya!)

POV 3 atau sudut pandang serba tahu adalah sudut pandang lazim digunakan penulis untuk menceritakan dengan detil setiap adegan dan kejadian yang ada dalam cerita. Dalam sudut pandang ini, kita bisa menceritakan kehidupan beberapa tokoh sekaligus. Dalam sudut pandang ini, penulis berada dalam posisi sebagai pencerita yang serba tahu dan bukan sebagai tokoh utama maupun tokoh sampingan.

Materi Kepenulisan (KOPI)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang