Random Sketch 2

74 9 1
                                    

16 Juni 2020.

Malven Raymond Safwan disini euy.

Kali ini gue mau bahas teman. Entahlah setelah gue makan bareng anak budjangan gue jadi kepikiran buat bikin gini.

Sebelumnya kalian udah tau kan temen-temen bejat gue di kosan siapa aja? kalo belum tau baca castnya aja ya.

Ga, canda. Kalo lupa sih gue ingetin aja singkat ya. Eh ngga, ga singkat juga soalnya gue mau cerita satu-satu dari mereka.

Dari bang Satya ya, dia abang paling terabang. Ya pokoknya gitu, gue suka cara dia memandang suatu hal. Apalagi kalo lagi deep talk sama bang Satya, gue suka banget cara ngomongnya dia. Sayangnya bang Satya udah jadi koas, udah ga mahasiswa lagi. Padahal dulu kalo pulang kuliah gue sering diajak ngopi di starbak sama Haidar juga. Dia bener-bener ketua yang baik, gue juga bangga punya ketua BEM kaya dia dulu. Deep talk yang bisa gue bahas disini waktu sama bang Satya saat gue habis putus sama mantan gue.

"Gue tau Ven, berat buat lo pasti ngelupain dia. Apalagi gue tau mantan lo itu baik banget, cuman kebaikannya mungkin hanya cover dia selama ini. Lo jangan mau dibuat nangis berlarut-larut karena kejadian ini. Lo harus bisa bangkit, mungkin butuh waktu lama. Gapapa gue paham, tapi seenggaknya jangan sampai lo mabuk kaya kemarin itu. Gue ga suka sama cowok yang nyari pelampiasannya dengan mabuk, lo bisa cerita. Cowok itu memang jantan, tapi bukan berarti dia gaboleh lemah. Dan bukan berarti lo ga boleh nangis, ataupun lo ga boleh cerita ke temen-temennya. Bukan hanya cewek yang bisa heboh cerita-cerita tentang doinya, cowok juga bisa dan boleh. Hukumnya juga ga haram buat lo luapin rasa kesal dan sakit lo"

Terus.. bang Wisnu ya? kalo bang Wisnu sih dia ngeselin banget. Apalagi kalo udah jail, ga bakalan berhenti-berhenti dah tuh. Tapi dia gampang banget nangis, padahal waktu awal gue liat dia tuh kaya "wah ni cowok bisepnya gede, pasti turunannya gatotkaca nih" taunya zonk. Apalagi kalo udah ngomong bahasa jawa, udah ilang dah tuh bisep seketika di otak gue.

Tapi walaupun gitu gue suka temen kaya bang Wisnu gini, lo salah ya lo ditegur. Blak-blakan gitu orangnya, gue suka temenan sama orang jujur. Ga suka nutup-nutupin masalah, tapi bang Wisnu dulu pernah nutupin suatu masalah besar. Gue gabisa cerita, intinya bikin kita para budjangan speechless.

"Gue sayang banget sama kalian, jangan pernah tinggalin persahabatan ini ya?"

Lanjutin ke Keenan terus Haidar ya. Gue kenal mereka rada barengan. Mereka salah satu teman laknat diantara laknat lainnya. Tapi gue disatu sisi juga beruntung punya temen sensian kaya Keenan dan temen seperlawakan kaya Haidar.

Keenan sensi banget orangnya, kadang juga songong malesin gitu. Dia jago masak juga. Anyway ngomong tentang masak, gue tuh kalo lagi galau pasti dimasakin sama dia. Ga gue juga sih, ke yang lain juga gitu. Kalo ada yang galau dan cerita ke dia pasti dimasakkin.

"Nih gue masakin makanan yang mungkin bisa bikin lo tenang, dan ga galau-galau alay lagi"

Haidar tuh sebelas dua belas kaya Keenan. Bedanya tinggi badannya doang, hehe canda nan. Gue sama Haidar sama-sama tukang paling sering galau di budjangan ini. Gue sama dia kalo lagi galau suka gantian-gantian. Dan anehnya lagi setelah gue galau-galauan bareng sama dia, malah jadi sengklek. Biasanya kalo habis galau-galauan, gue sama Haidar kalo ga karaokean ya ngegame di timezone.

"Lo juga gitu? anjir kok sama kaya gue, gue juga digituin anjir sama mantan gue. Ah gue jadi ikutan galau kan"

Lanjut ke Juna ya, Juna ini gue kenal karena di suatu acara dan gue jadi mcnya. Juna tampil sekaligus ngemc juga bareng gue, dan dari situ gue mulai deket sama Juna akhirnya masuk ke budjangan ini. Sejauh ini dia adek tingkat favorit gue. Dia lucu, anjir kek homo gue jadinya—oke ralat—dia udah kaya gue anggep adek kandung gue sendiri. Dia sering banget ngambek ke kita, apalagi ngambeknya lama lagi.

Salah satu alasan kenapa gue ngefavoritin Juna, karena waktu itu. Gue ceritain singkatnya aja ya, jadi gue ada problem sama mantan gue yang pertama. Sebelum Jena, gue inisialin Mawar deh. Gue ada problem sama Mawar. Belum berantem sih ini, lebih tepatnya sebab gue berantem.

Jadi gue ngajak ketemuan sama Mawar, ya namanya pacaran pengen kangen-kangenan gitu kan. Gue nunggu lama ga dateng-dateng, gue chat? ga dibales. Waktu itu gue di kafe, kafe yang ada di mall. Karena gue udah capek nunggu yaudah gue balik, tapi waktu mau balik gue liat Mawar jalan gandengan sama cowok lain. Dan gue tau cowok itu, ralat temen deket gue. Gue ga nyapa, gue pura-pura ga kenal liat mereka. Sampai mobil gue kebut-kebutan dan ngarahin mobil ke klub. Gue mabuk, mabuk berat. Dan waktu itu ada Haidar lagi nge DJ dan Juna nemenin. Ternyata Juna duduk sebelah gue dan dia bilangin gue gini.

"Gue tau lo gini karena apa, fyi aja bang, gue sama bang Haidar udah tau kalo lo bakalan separah ini ketika tau Mawar selingkuh sama temen deket lo. Gue sama bang Haidar tau udah lama, ga lama banget juga sih, mungkin 2 minggu yang lalu? entahlah gue lupa. Gue sebenernya pengen banget nonjok temen lu itu, tapi gue ditahan sama bang Haidar. Gaboleh emosi, mungkin aja mereka cuman temen, gitu kata bang Haidar. Tapi mana mungkin kan temen semesra itu? dan parahnya lagi temen deket lo. Dan akhirnya gue sama bang Haidar cuman ngamatin dari jauh, sempet denger percakapan mereka. Lo dimanfaatin, mungkin lo masih ga nyangka tapi memang itu kenyataannya. Realita kadang emang ga bisa ditebak bang, lo buat kesalahan sedikitpun ke orang. Bisa aja bagi orang itu nganggap lo bodoh. Gue cuman ngasih tau satu hal, lupakan setelah kejadian ini. Dan gue harap lo bisa cepet move on dari si Mawar dan ga nangis nangis sehabis lo nangis seember di club ini" kata terakhir dia ucapin sambil ketawa pelan dan nepuk bahu gue.

Akhirnya terakhir si Cakra, gila capek juga ya cerita begini. Kalo Cakra gue dikenalin Juna sih, anak-anak lain juga kenal Cakra dari Juna. Kalo fi gue ke Cakra tuh "ni anak keknya cuek banget dah" ternyata ga secuek itu. Dia humble, baik dan gampang bergaul. Oh iya, pinter. Dia paling pinter kalo menurut gue di budjangan ini. Pinter tapi males ya Cakra doang. Tapi kalo dia udah bikin lagu sih bisa begadang 3 hari 2 malam. Dia kalo kerja bener bener keras. Gue kadang suka bilang, gausah diforsir terus-terusan tenaga lo Cak ampe begadang berhari-hari. Tapi dia cuman bilang gini.

"Hobi gue gini bang, bikin lagu. Kalopun gue capek gue bakalan istirahat. Kan gue bisa bolos kuliah juga hehe"

Udah, kira kira cuman itu. Iya, cuman hehe.

Disini gue mau nyimpulin dari pengalaman gue dalam berteman sama mereka.

Walaupun banyak rintangan dalam ngehadapin masalah, kaya berantem misalnya. Kalo mereka memang bener bener temen lo, ga ada satu hari kalian pasti bakalan balik gila gilaan lagi. Yang namanya temen gabakalan betah kalo berantem lama-lama. Lo bisa cerita semua masalah lo ke temen lo kalo emang temen lo bisa dipercaya buat nyimpen rahasia dan ga akan ngumbar aib kalian. Gue juga percaya kalo temen yang bener-bener temen itu ada, alias dia ga bakalan ngomongin lo yang buruk-buruk dibelakang.

Terakhir deh. Kalo lo mau nyari temen yang bener kelakuannya alias bukan tukang nusuk dari belakang, lo mungkin perlu punya banyak pengalaman—ralat teman. Lo harus berteman sama siapa aja, ga pilih-pilih dalam berteman. Itu juga bisa jadi jalan buat cari tau, siapa yang selalu nyemangatin lo dan gaakan berbuat busuk dalam pertemanan kalian.

Sekian dari cogan,

Salam hangat, Malven.

Budjangan CakepWhere stories live. Discover now