26. Waktu

766 194 16
                                    




Terima kasih buat 1k votenya.

Enjoy Reading!


--------------


Siang ini setelah waktu istirahat, kelas Dion mendapat pelajaran Matematika Peminatan. Walaupun Dion tidak berada di garis terdepan pembenci matematika, hitung-hitungan berat setelah makan siang itu cukup bikin kesal. Pasalnya, abis makan berat kan enaknya nyantai, ya? Buat Dion, sih, iya.

Namun kali ini malah diisi dengan materi Vektor yang isinya lumayan bikin ngantuk. Kalo bukan karena Dion pengen masuk jurusan IT pas kuliah nanti, cowok itu ngga akan pilih masuk peminatan IPA, kali. Rasanya kayak tugas sama materinya lebih berat dari peminatan sebelah. Mana matematikanya dibagi dua pula; minat sama wajib.

Dion tuh sering merhatiin Hardan sama Jani kalo lagi ngumpul. Mereka ngga pernah keliatan kelimpungan sampe harus sekalian nugas pas lagi di rumah Wanda. Kalo Bang Janu ngga usah ditanya. Dion ragu deh kalo dia pernah ngerjain tugas.

Tapi karena Dion diajari oleh keluarganya buat mempertanggungjawabkan apa yang udah dia pilih, cowok itu akhirnya mau ngga mau lanjut di kelas IPA. Ngga kayak Juan, temennya yang dari awal kenalan udah ngaku kalo dia salah jurusan. Rencananya sih Juan mau pindah kelas, kalo bisa.

Balik lagi ke Dion, yang dari kecil udah dikasih banyak kebebasan untuk memilih selain kebebasan untuk mengendarai motor sebelum punya SIM. Kedua orangtuanya ngga terlalu strict, tapi ngga sampe kelewat batas juga. Bisa diliat dari Dion dan dua saudara perempuannya yang ngelanjutin pendidikan dengan sekolah dan minat yang beda-beda.

Kak Dea, yang usianya tiga tahun di atas Dion, saat ini telah menjadi mahasiswa baru salah satu institut kesenian di Jakarta. Kalo adiknya, Dinda, masih kelas 8 SMP tapi udah jelas minatnya ke arah seni lukis. Dion sendiri senang mengutak-atik gadget. Dia belajar secara otodidak di waktu senggang.

Keliatannya, di antara para rebels yang lain, Dion ini yang paling 'normal'. Janu 'didepak' dari rumah karena suka tawuran pas SMP. Jani sering banget dibandingin sama kedua kakaknya. Hardan ngga jarang ketutupan sama adiknya. Wanda kesepian karena tinggal sendirian.

Tapi cuma sedikit yang tau kalo Dion dulu pernah jadi korban bullying. Masa SMP itu masa yang paling suram buat dia. Tiga tahun yang berasa kayak di neraka.

Dulu, Dion ngga punya temen sama sekali dan sering dikucilkan karena dia ngga suka nongkrong tiap abis pulang sekolah. Sementara hampir seluruh anak cowok di kelasnya merupakan anak tongkrongan. Makanya dia cari kesibukan dengan belajar tentang gadget sama coding.

Belajar dari pengalaman, Dion udah janji ke diri sendiri buat ngga terlalu deket sama orang lain pas SMA. Waktu awal aja dia ragu sama Janu, karena abang kelasnya itu merupakan anak tongkrongan. Untungnya Janu baik, bahkan jadi satu-satunya agit yang dia kenal dekat.

Saking larutnya Dion dalam lamunan, ngga terasa jam pelajaran Matematika Minat udah selesai. Dion bener-bener ngga ngerti materi Vektor. Mungkin nanti bisa minta ajarin Wanda kalo cewek itu mau.

"Cepet banget, ya," ucap Juan tiba-tiba saat Dion sedang membereskan buku Matematikanya.

"Hah? Pelajarannya? Dua jam pelajaran, kan?"

"Bukan. Bentar lagi mau UAS," jawab Juan kemudian.

"Hah?"

"Hah, hah mulu, lo. Itu kuping apa tetelan?" sungut Juan kesal.

"Dih, bukan budek. Kata siapa udah mau UAS?" tanya Dion.

Jari Juan bergerak menunjuk Dion. "Inilah, bunda, pentingnya memberi ASI saat si kecil masih bayi. Guru ngomong bukannya didengerin malah asik bengong. Kurang dari dua minggu lagi UAS, Yon."

The Rebels ✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang