Part 10 Warung Bu Tita

24.5K 3.2K 62
                                    

Jelita
-
-
-
Minggu pagi yang cerah.

Ah enggak deng, mataharinya aja baru keluar. Pagi-pagi gue udah kasak-kusuk di kebon, metik selada. Hari Minggu bukannya bermalas-malasan di kasur, gue malah sudah mendapatkan tugas dari kanjeng mamih. Ah lagi pula jatah nyantai gue udah habis kayanya dari kapan tahu. Muak juga gue di kasur mulu selama jadi pengangguran. Dan bagus deh, gue sekarang jadi merasa bersyukur punya kegiatan. Gak malu lagi kalau pagi-pagi metik cabe atau sayuran di kebon sebelah rumah.

Mama sih udah dari tadi berangkat ke warung duluan. Gue di suruh nyusul sekalian bawa selada yang udah di panen. Gue hari ini bakal bantu-bantu mamah seharian di warung. Makanya mau gak mau, habis ngebon mandi juga gue. Padahal mah males banget mandi tuh.

Gue berangkat pake setelan nyantai. Kaos hitam, celana jeans selutut, rambut di cepol. Pake pelembab dan sedikit lipgloss, udah. Ngapain juga menor-menor nanti gue cuman bantu-bantu di dapur atau ngelayanin pembeli.

Sambil menjinjing keresek isi selada, gue melangkah keluar rumah. Sendal jepit gue mengeluarkan bunyi keteplak-keteplak gitu. Tahu deh, happy aja gue.

Oh! Di depan ada mama-mama julid tuh. Siapkan hati jaga-jaga jangan sampe mood berantakan. Udah bagus nih mood gue.

"Kemana, Lit? Ke warung?"

"Muhun."

"Kenapa enggak bareng sama si mamah atuh? Tadi ning dia ridu (kerepotan)."

Ah kagak juga, biasanya juga mama bawaannya segitu. Paling tadi pagi mama tambah bawa sapu baru, katanya yang di warung udah rusak.

Dia mah ngomong begitu biar ada yang dikomentari aja.

"Masih tidur, Ma."

"Atuh lebih pagi lagi ari bangun teh. Bantuin ibu kamu."

"Oke siap." Udah ah. Udah. "Pamit ya, Bu Cucu." Dah gue kabur.

Susah ya kalau berkomentar dan kepo sudah menjadi rutinitas wajib dan mendarah daging. Kayanya gatel aja mulutnya tuh kalau gak ngomong kemana-mana. Kagak julid. Cek cek.

-

Di warung selain mamah, ada Ma Ati yang bantu masak. Ada anaknya Ma Ati juga si Syahrul. Dia lebih muda dari gue tapi anaknya udah satu.

Gue lagi bantuin metik-metikin kangkung, mamah nyambel dan ma Ati ngoseng capcai, si Syahrul lagi goreng ayam pesenan.

Jadi disini menu utamanya ayam, bebek dan mujair yang baru dibumbui, nanti yang pesan tinggal milih mau digoreng apa di bakar. Kalau olahan jadi biasanya, semur daging, kikil, tumis-tumisan  kaya masakan warteg tapi biasanya variasinya yang beda-beda tergantung mood emak gue kayanya.  Yang paling top adalah macam-macam sambelnya, paling juara terasi dan oncomnya sih. Kalo mau mampir cari aja warung Bu Tita -bukan batita ya, ya Tita emak gue. Bangunan warungnya nuasa bambu hitam dan ijuk gitu, sebelah gang Demang pokonya. Oke.

Udah ada beberapa pelanggan yang datang buat sarapan. Tapi kalau kepagian menu yang tersedia belum lengkap. Baru ada orek tempe, tumis teri, dan sambel tomat. Sambel oncom sama sambel terasinya masih on-going gaes. Jadi kalau mau pas lengkap banget datangnya agak siangan gitu gaes. Pagi mah beli nasi uduk dulu aja.

Gue duduk-duduk di dipan. Tahu dipan kan? Bangku lebar itu lho, mirip ranjang kayu tapi permukaannya datar. Nah gue bersila disana, berjejer sama rempah-rempah dan sayur mayur.

"Mah, udah kangkungnya. Naon deui? (Apa lagi?)"

"Cuci we, entar biar di tumis sama Ma Ati. Itu weh pipitan cabe, buat bikin sambel terasi."

SAMAKTA - EndWhere stories live. Discover now