Introtips

17.1K 1.8K 24
                                    

Terlepas dari aturan baku tulis-menulis yang membelenggu, seperti tata letak, formatting dan ejaan. Ada beberapa hal penting yang sering dianggap renik dalam menulis cerita, alias asal tulis saja. Padahal hal-hal inilah yang membuat cerita jadi menarik, unik dan mengusik hati pembaca. Saatnya kamu tahu bahwa menulis cerita itu juga butuh teknik!

Ide saja tidak cukup untuk membuat cerita kita cantik. Seringkali ide yang sederhana, misalnya cerita tentang kejadian duduk di bangku bus yang sama menjadi cerita yang menarik. Sedangkan, alur yang rumit tak jarang hanya membuat kening mengeryit. Itulah kenapa menulis cerita juga butuh teknik!

Kamu tentu gak mau kan ceritamu berujung kerja tanpa pembaca? Nah, sentuhan teknis dalam menulis cerita ini tujuannya agar cerita enak dinikmati, pembaca merasa larut dalam cerita, dan memukau sehingga berakhir dengan kesan 'wow.' Jadi apa yang telah dibaca oleh pembaca akan membekas dalam ingatannya dan ia menuai sesuatu dari karya kita. Terlebih cerpen yang memiliki batas rentangan yang lebih pendek. Judul, permulaan cerita, alur dan akhir cerita adalah kunci untuk membumbui cerita.

Selamat menyimak, semoga bermanfaat :)


Disclaimer: Saya tidak bermaksud menggurui dengan artikel ini. Hanya berbagi ilmu dan marilah kita belajar bersama.

Menulis Fiksi Juga Butuh Teknik!Where stories live. Discover now