Side Story - Behind This Project

485 49 20
                                    

Halo, pembaca setia Way Back Home! Terimakasih banyak sudah menemani aku dan mensupport aku di setiap komen dan bintang yang kalian tekan. Bener-bener terimakasih sebanyak-banyaknya. Nah, di side story ini, aku ingin menceritakan kisah-kisah seru di balik pembuatan Way Back Home. Mulai dari aku cari-cari inspirasi, draft awal cerita tiap member—yang endingnya ketika ditulis nyaris selalu berubah total, haha—sampai momen dimana aku kehilangan waktu dan mood buat nulis lagi. Check this out!

1. Awalnya, cerita Peniel dan Elaine drama banget plotnya. Persis setelah cerita versi drama itu aku selesein, tiba-tiba ngerasa nggak banget dan akhirnya ngerubah jadi versi yang sekarang, yang lebih cheerful.

2. Sebenernya, pertama kali Peniel ngeliat Elaine itu di bandara. Waktu itu Peniel baru aja sampe ke Chicago, dan dia nggak sengaja liat ada cewek bawa-bawa kamera SLR keluyuran motretin orang-orang. Peniel langsung starstruck gitu, yang terpikir pertama kali di otaknya, "Ketawanya manis banget."

3. Untuk Ilhoon, tadinya nggak ada niat sama sekali buat bikin Jiyoung meninggal. Cerita udah bener-bener tinggal titik, entah kerasukan atau gimana aku langsung ngehapus ending scene nya yang happy itu dan ngeganti jadi sad ending.

4. Judul "A Little Too Late" punya Changsub aku dapetin setelah ganti judul sebanyak dua kali. Awalnya "Still Going After You", kemudian sempet berubah pikiran dan kuganti dengan "Snow Light Road"—iya, persis judul lagu solonya dia di 24/7—dan akhirnya ketemu fix title ini setelah semedi yang panjang, hahaha.

5. Paling capek itu bikin cerita Changsub. Aku sampe ganti plot dua kali, rombak total habis-habisan karena menurutku feeling-nya nggak dapet. Nama ceweknya juga aku ganti berkali-kali sampe akhirnya sreg sama nama Hyejin. Dan endingnya bener-bener berubah banget, awalnya yang mau cabut si Hyejin, malah jadi Changsub yang keluar haha. Pokoknya terlelah banget bikin cerita dia, tuh.

6. Cerita yang paling cepet aku bikin dan tanpa banyak pertimbangan itu cerita Eunkwang. Demi apapun cuman sehari, nggak ada acara bolak-balik ngecek plot dan kalimat, setelah selesai langsung aku sent ke salah satu Melody—yang biasnya Eunkwang, tentunya—buat tanya pendapat, sorenya langsung up. Cerita Eunkwang sekaligus juga jadi yang terpanjang. Padahal semua cerita kubatesin max 7 halaman Word dan font 11, ternyata punya Eunkwang font-nya berubah jadi 10. Ya pantes aja~

7. Riset paling niat yang aku lakuin itu buat ceritanya Peniel, Eunkwang dan Hyunsik. Bener-bener seniat-niatnya sampe googling dan ngapalin jalanan Chicago, spot-spot asiknya, nama-nama tempatnya. Kalau untuk yang Hyunsik dan Eunkwang, aku sampe chat dua temenku yang kebetulan pilot dan pramugari. Thanks a lot pak pilot Herdy dan pramugari cantik Karina yang bersedia ngejawabin semua pertanyaan dadakanku haha :')

8. Kalau ditanya cerita yang paling berkesan, itu ceritanya Hyunsik. Kenapa berkesan, karena cerita dia aku bikin pas posisi lagi sakit-sakitnya; demam, pilek, batuk, meriang, muntah-muntah, tapi sekaligus jadi cerita yang paling cepet selesai kedua setelah Eunkwang. Tanpa pake ba-bi-bu dan editing panjang, langsung aku post.

9. Pas bikin punya Sungjae, alamaaak malesnya khan maen. Mungkin karena tinggal dua biji ya. Bikin punya Sungjae baru start jam 7 malem, dan baru post jam 2 dini hari. Saking malesnya, pas lagi bikin punya Sungjae, aku nyambi bikin fact ini juga, bahaha. Sungjae juga satu-satunya cerita yang aku tulis tanpa pegangan draft apapun (biasanya aku nulis draft dulu, semacam kerangka gitu). Giliran punya Sungjae, karena kepepet waktu, aku langsung duduk dan ngetik.

10. Terkhusus abang tupai... Aku minta maaf banget ih abang, cerita yang buat Minhyuk bener-bener kepending saaaangaaaat lama, lebih lama daripada nunggu kamu yang nggak nembak-nembak /lah/ haha. Lama banget, for seriously, dan ini semua karena banyaknya masalah dan kesibukan di sekitarku akhir-akhir ini, sampai endingnya aku nggak optimal nulis punya Minhyuk :') jadi buat yang ngerasa cerita Minhyuk nggak enak, atau cerita siapapun deh! Aku terima kritikan koook. Langsung layangkan aja di komen, buat perbaikan aku juga ke depan, hehe.

Yaaasss! Itu tadi sedikit cerita—sedikit apanya—dari balik pembuatan Way Back Home. Ah, bagaimanapun hasilnya, aku tetep seneng banget karena seenggaknya karyaku bisa dibaca banyak orang.

Oh iya, buat yang terheran-heran kenapa disini Changsub, Ilhoon, dan Sungjae jadi kakak beradik padahal marganya beda-beda? Ya udah lah ya, namanya juga cerita hahaha. Lagian, mereka emang cocok banget sih bertiga sodaraan gitu.

 Lagian, mereka emang cocok banget sih bertiga sodaraan gitu

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Ya kaaan?! Udah iyain aja

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Ya kaaan?! Udah iyain aja. Anyway, Way Back Home akhirnya selesai sudah. Nggak bosen-bosen aku ngucapin THANKS A LOT buat semua yang udah comment, vote atau bahkan sekedar read. Sampai ketemu di work aku yang lain ya!

Lots of love,
S

Way Back Home ✔Where stories live. Discover now