Materi 64 Rumah Tangga Muhammad

1.7K 225 0
                                    

MATERI_MUTE:
🌴🐪🐪🌴🌴🐪🐪🌴

⚫ONE DAY ONE SIROH⚫

⚜MATERI 64 JILID 2⚜

🏡Rumah Tangga Muhammad🏡

Sahabat fillahku, Muhammad selalu membuat suasana rumahnya menjadi hidup dengan canda dan keramahan. Beliau suka berkelakar kepada siapa pun. Bukan hanya kepada istri dan putri putrinya, beliau juga amat ramah kepada pembantunya.

Anas bin Malik adalah pembantu rumah tangga Muhammad setelah beliau diangkat menjadi Rasulullah dan hijrah ke Madinah. Ia pernah ikut keluarga Rasulullah selama dua belas tahun. Dengarlah apa yang Anas katakan, "Saya melayani Rasulullah sejak saya berusia 8 tahun. Selama 12 tahun, beliau belum pernah memarahi saya satu kali pun walau saya melakukan kesalahan."

"Rasulullah paling suka makan sambil duduk bersila di lantai," kata Anas bin Malik lagi. "Beliau paling suka makan bersama. Beliau pernah berkata, 'Sungguh malang orang yang makan sendirian.'"

"Rasulullah gemar makan daging, tetapi beliau  lebih sering menyantap kurma dan minum susu. Kalau ada yang menyuguhinya semangkuk susu, beliau akan berkata, 'Allah memberi rahmat pada susu. Mudah-mudahan masih ada lagi.'"

Sahabat fillahku, sejak muda, Rasulullah amat gemar memakai parfum. Bau wewangian itu akan membuat orang orang di sekitar beliau merasa senang. Rasulullah tidak menyukai baju berwarna merah. Beliau lebih suka baju berwarna lurik atau putih. Rasulullah juga gemar memakai surban dengan salah satu ujungnya menggelantung antara pundak. Beliau tidak pernah menggunakan baju yang seluruhnya terbuat dari sutera.

Sahabat fillahku, kemudian datanglah satu orang yang amat Rasulullah sayangi. Begitu sayangnya sampai beliau mengangkatnya sebagai anak. Siapakah orang yang beruntung itu?

Kita lanjutkan esok ya.... In syaa Allah 😊

📝Catatan Tambahan📝

💧Siwak 💧

Rasulullah amat bersih. Beliau sangat sering berwudhu. Pakaiannya juga tidak pernah kotor. Beliau selalu membawa siwak ke mana mana. Siwak adalah batang semak gurun sebesar pensil. Siwak digunakan untuk membersihkan gigi. "Kalau saya tidak ingin nanti memberatkan umat, saya akan mewajibkan kegiatan membersihkan gigi," sabda Rasulullah kemudian.

📓Kisah diambil dari buku Muhammad Teladanku jilid 2📓

⚜MATERI 64 JILID 2⚜

🌸🌳🌸🌳🌸🌳🌸🌳🌸

Sirah Nabawiyah Jilid 2Where stories live. Discover now