Materi 67 Ruqayyah dan Ummu Kultsum

1.8K 215 0
                                    

🌴🐪🐪🌴🌴🐪🐪🌴

🖌ONE DAY ONE SIROH🖌

🎀MATERI 67 JILID 2🎀

🌷Ruqayyah dan Ummu Kultsum🌷

Bagaimana kisah putra-putri Rasulullah yang lain? Ruqayyah menikah dengan Utbah. Sementara itu, Ummu Kultsum menikah dengan Utaibah. Utbah dan Utaibah adalah kakak-beradik. Mereka adalah putra Abdul Uzza yang ketika Islam  datang,sangat keras memusuhi Rasulullah dan para pengikutnya. Begitu kerasnya permusuhan mereka  sampai kaum muslimin menamai Abdul Uzza sebagai "Abu Lahab". Lahab berarti 'gejolak api'.

Ketika Rasulullah mulai mendakwahkan Islam, Ruqayyah dan Ummu Kultsum jadi amat menderita. Hampir setiap hari ibu mertua mereka, Ummu Jamil, mencaci maki Rasulullah. Ummu Jamil adalah adik Abu Sufyan yang memimpin penindasan terhadap kaum Muslimin.

Ummu Jamil semakin tidak kuasa menahan marahnya melihat kesabaran Ruqayyah dan Ummu Kultsum walau ia selalu menyumpahserapahi Rasulullah di depan mereka setiap ada kesempatan. Kemarahan itu pun segera mencapai puncaknya.

"Ceraikan mereka!" teriak Ummu Jamil kepada kedua putranya, Utbah dan Utaibah. "Usir mereka dari sini!"

Utbah dan Utaibah pun menceraikan Ruqayyah dan Ummu Kultsum. Sesuai dengan janji kaum kafir, Utbah dan Utaibah dinikahkan dengan dua putri seorang jutawan Quraisy, Abu Uhaihah. Sementara itu, Ruqayyah dan Ummu Kultsum yang diusir begitu saja, kembali ke rumah orangtua mereka sambil menangis tersedu-sedu.

Sudah tentu dapat dimengerti betapa hancurnya hari Rasulullah dan Bunda Khadijah melihat kedua putri mereka diperlakukan secara semena-mena. Namun, Mahasuci Allah yang kemudian memberi jodoh yang lebih baik.

Ruqayyah kemudian menikah dengan Utsman bin Affan, salah seorang sahabat besar. Ruqayyah sempat ikut hijrah ke Habasyah dan Madinah. Namun ketika Rasulullah baru pulang dari Perang Badar, beliau menemui Ruqayyah telah wafat.

Beliau kemudian menikahkan Utsman bin Affan dengan  Ummu Kultsum. Namun, tidak lama kemudian  Ummu Kultsum pun wafat menyusul kakaknya. Kedua putri Rasulullah ini wafat tanpa meninggalkan keturunan.

📘Kisah diambil dari buku Muhammad Teladanku jilid 2📘

🎀MATERI 67 JILID 2🎀

🌀🐚🌀🐚🌀🐚🌀🐚🌀

Sirah Nabawiyah Jilid 2Where stories live. Discover now