TOEFL, TOEIC & IELTS

26.6K 2.3K 77
                                    

Hallo semua!

Aku kembali lagi di sini.. Sudah lama tak berjumpa ya, hehe...
Apa kabarnya?
Semoga baik selalu guys!

Sekarang kita akan membahas tentang tiga macam tes bahasa Inggris nih.

Apa saja? check this out!

1. TOEFL
Sudah pernah mendengar bukan?
TOEFL (Test of English as a Foreign Language)
Uji kemampuan ini biasanya untuk mengetahui kemampuan berbahasa Inggris seseorang dan digunakan untuk pra-syarat masuk ke universitas atau perkantoran di Amerika maupun sebagian negara lainnya. Produk tes ini berasal dari Amerika guys.

TOEFL sendiri ada 3 macam, yaitu:

a. TOEFL PBT (Paper Based Test)
TOEFL ini berbasis kertas. Rentan skornya adalah 310-677.

b. TOEFL CBT (Computer Based Test)
TOEFL ini berbasis komputer. Rentan skornya adalag 0-330.

c. TOEFL IBT (Internet Based Test)
TOEFL ini berbasis internet. Rentan skornya adalah 0-120.

Oh iya penyelenggara TOEFL yang resmi adalah ETS (Educational Testing Service) jadi kalian harus membayar beberapa dollar atau kalian mengikuti tes resminya pada beberapa lembaga yang memang menyelenggarakan tes TOEFL ini.

2. TOEIC
TOEIC (Test of English for International Communication)
Tes ini biasanya untuk merekrut karyawan pada sebuah perusahaan. Penyelenggaranya masih sama yaitu dari ETS. Untuk skor beragam, biasanya untuk calon karyawan harus mencapai 400. Jika manager bisa sampai 800. Makin tinggi skor biasanya makin tinggi jabatan yang kalian bisa peroleh.

3. IELTS
IELTS (International English Language Teaching System)
Untuk tes ini lebih berorientasi ke British English. Biasanya tes ini untuk berkuliah ke luar negeri, banyak diterima diberbagai negara lho. Biasanya sih Inggris dan Australia. Apalagi untuk kalian yang mengambil S2 atau Master, karena IELTS itu tes listening dan writing. Cocok untuk paper para Master Degree. Untuk skor sendiri rata-rata meminta 5.5 sampai dengan 7 bahkan ada yang meminta lebih dari itu.

Untuk mengikuti tes ini, kalian bisa mendaftar atau mendatangi lembaga-lembaga yang menyelenggarakan tes ini secara resmi ya. Bisa kepada lembaga pendidikan atau mungkin langsung dari lembaga resmi negara yang bersangkutan.

Untuk pemburu beasiswa tentu sangat penting syarat TOEFL dan IELTS ini. Entah dalam maupun luar negeri guys. Hmm, jadi persiapkan diri semaksimal mungkin jika memang ingin mengikuti tes resminya dan ketika memenuhi skor syarat beasiswa yang kalian mau, bisa kalian ikut sertakan deh sertifikat TOEFL maupun IELTS kalian.

Note: Tidak semua negara mewajibkan TOEFL atau IELTS. Namun sebagai gantinya kalian harus punya sertifikat kecakapan bahasa negara yang kalian tuju. Misal kalian ingin ke Jerman berarti harus punya sertifikat Goethe. Ingin ke Korea Selatan kalian harus punya sertifikat TOPIK dsb.

Start from now!

Thanks atas perhatiannya.
Semoga membantu ya.

Sabtu, 20 Januari 2018

ALL ABOUT ENGLISHWaar verhalen tot leven komen. Ontdek het nu