Descriptive Text

2.4K 208 20
                                    

Hai hai semua!

Sebelum masuk materi, aku mau mengucapkan selamat hari raya idul fitri bagi kalian yang merayakan.

Mohon maaf bila aku ada salah ya...

Di pagi hari yang dingin di kampung halaman, aku bakalan update tentang Descriptive Text, apa sih itu?

OK, pengertiannya adalah teks yang menjelaskan tentang penggambaran atau ciri dari suatu hal. Bisa berupa benda, tempat dsb.

Susunan dari Descriptive Text sbb:

a. Identification: Bagian ini – pada paragraf pertama – tujuannya adalah untuk mengidentifikasi sesuatu yang ingin dideskripsikan atau digambarkan. Penjelasan mudahnya, indentification berfungsi untuk memperkenalkan kepada pembaca tentang objek atau sesuatu yang akan kita gambarkan sebelum kita beritahu tentang sifat-sifatnya. Tujuannya agar jangan sampai pembaca salah orang.

b. Description: Bagian ini – pada paragraf kedua dan seterusnya – berisi tentang sifat-sifat yang melekat pada sesuatu yang sudah kamu kenalkan pada pembaca pada paragraf pertama.

Sekarang ciri-cirinya:

Ciri-ciri ini penting untuk kamu perhatikan agar ketika menulis descriptive text tidak salah. Jadi pastikan kamu menggunakan ciri-ciri berikut ini ketika akan menulis menggunakan genre descriptive text:

a. Menggunakan Simple Present Tense.
Kenapa menggunakan simple present tense? hal ini karena kita akan menggambarkan sebuah fakta atau kebenaran yang melekat pada sesuatu atau orang. Dan salah satu fungsi dari simple present adalah untuk menggambarkan sebuah fakta atau kebenaran (contoh fakta: matahari itu panas). Oleh karena itu kamu harus selalu menggunakan kata kerja bentuk pertama (verb-1).
Misal kamu akan menggambarkan sifat-sifat mobil baru kamu: The color of my car is black, it can run up to 500 km/hour.
Karena fungsinya adalah untuk menggambarkan sesuatu dengan menjelaskan sifat-sifatnya, maka dalam descriptive text akan banyak dijumpai kata sifat  (adjective), seperti handsome, beautiful, tall, small, big, atau jika kata sifat tersebut berasal dari kata kerja, maka kamu akan mendapati tambahan -ve, -ing, -nt di belakangnya,
Contoh:
Create (membuat) > creative (orang yang pintar membuat sesuatu).
Interest (menarik) > interesting (sesuatu yang menarik)

b. Dalam descriptive text kita juga akan sering menjumpai relating verb (kata kerja penghubung) yaitu is (seperti pada ciri nomor 1). Is dalam bahasa Indonesia sering diartikan dengan “adalah”. Karena tujuan atau fungsi descriptive text adalah untuk menggambarkan, maka pasti kita akan sering menjumpai kata adalah (is). His name is Andy (namanya adalah Andy), his height is 160 cm (tingginya adalah 160 cm).

Itu dia kurang lebihnya tentang Descriptive Text ya...

Source : https://inggrisonline.com/

Salam manis dari kampung halaman

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Salam manis dari kampung halaman...

Hatur Nuhun,
Matur Suwun,
Suksma,
Terimakasih,
Tessekur Ederim,
Thank You...

Hatur Nuhun,Matur Suwun,Suksma,Terimakasih,Tessekur Ederim,Thank You

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Sabtu, 16 Juni 2018

ALL ABOUT ENGLISHOn viuen les histories. Descobreix ara