SEJARAH SINGKAT BAHASA INGGRIS

1.1K 79 12
                                    

Hallo semua !

Apa kabar kalian?

Bagaimana belajar English-nya? Masih semangat kan?

Nah, pernah nggak sih kalian berpikir tentang sejarah dari bahasa Inggris?

Dari pada semakin penasaran, mari kita bahas secara singkat yuk!

Happy Reading!

Asal Mula Bahasa Inggris

Sejarah bahasa Inggris sebenarnya dimulai dengan kedatangan tiga suku Jerman yang menyerang Inggris pada abad ke-5 masehi. Suku-suku tersebut adalah suku Angles, Saxon dan Jutes. Mereka menyeberangi Laut Utara yang sekarang disebut dengan Denmark dan Jerman Utara. Pada waktu itu penduduk Britain berbicara satu bahasa yaitu bahasa Celtic. Tapi sebagian besar penutur Celtic didorong ke arah barat dan utara oleh para penjajah menuju Wales, Skotlandia dan Irlandia. The Angles berasal dari  "Englaland " [sic] dan bahasa mereka disebut "Englisc" Nah, dari kata ini maka dinamakan "Inggris" dan "bahasa Inggris" itu berasal.

Bahasa Inggris Kuno (450-1100)

Suku Jermanik pada waktu itu berkembang dan berbicara bahasa Inggris kuno. Bahasa Inggris kuno tidak terdengar seperti bahasa Inggris hari ini. Nah, penutur asli bahasa Inggris sekarang akan sangat kesulitan bila memahami bahasa Inggris kuno. Namun, sekitar setengah dari kata yang paling umum digunakan dalam bahasa Inggris modern saat ini memiliki akar dari bahasa Inggris kuno dan ini dituturkan sampai sekitar tahun 1100 masehi.

Bahasa Inggris Pertengahan (1100-1500)

Pada tahun 1066, William (bagian dari Perancis modern), menyerbu dan menaklukkan Inggris. Penakluk baru (disebut Normandia) membawa bahasa Perancis yang menjadi bahasa istana kerajaan. Untuk periode ini ada semacam pembagian kelas linguistik, dimana kelas yang lebih rendah berbicara bahasa Inggris dan kelas atas (kalangan kerajaan dan pebisnis) berbicara bahasa Perancis. Pada abad ke-14 bahasa Inggris menjadi dominan di wilayah Britania, tetapi dengan banyak penambahan dari bahasa Perancis. Bahasa ini disebut bahasa Inggris pertengahan. Tetapi bahasa Inggris pertengahan ini masih sulit dipahami bagi penutur asli bahasa Inggris saat ini.

Bahasa Inggris Modern Awal (1500-1800)

Menjelang akhir bahasa Inggris pertengahan, perubahan pengucapan yang mendadak dan berbeda dimulai dengan vokal yang diucapkan lebih pendek. Dari abad ke-16, Inggris telah berhubungan dengan banyak orang dari seluruh dunia. Dunia percetakan juga membawa standarisasi ke bahasa Inggris. Ejaan dan tata bahasa menjadi tetap dan dialek London digunakan oleh kebanyakan rumah penerbitan pada waktu itu. Lalu pada tahun 1604, Kamus bahasa Inggris pertama diterbitkan.

Bahasa Inggris Modern Akhir (1800-sekarang)

Perbedaan utama antara bahasa Inggris modern awal dan bahasa Inggris modern akhir adalah dari segi kosakata. Bahasa Inggris modern akhir memiliki lebih banyak kata dan ditimbulkan dari dua faktor utama yaitu revolusi industri dan teknologi yang menciptakan kebutuhan untuk kata baru. Pada waktu itu kekuasaan Inggris meliputi seperempat dari permukaan bumi, maka dari itu bahasa Inggris mengadopsi kata-kata asing dari berbagai negara sehingga bahasa Inggris yang kita kenal sekarang jadi mendunia hingga kini.

Nah, gimana? Sudah paham?

Itu dia sejarah singkat dari Bahasa Inggris

Semoga menambah pengetahuan kalian dan bermanfaat pastinya

Oh iya, tetap jaga kesehatan dan semangat!

Salam SayangCanimangel (Q)Kamis, 24 September 202021

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Salam Sayang
Canimangel (Q)
Kamis, 24 September 2020
21.23 WIB

ALL ABOUT ENGLISHWhere stories live. Discover now