Kuliah atau Kursus?

2.2K 386 16
                                    

Hallo semua!!!

Apa kabarnya nih?
Hmm, aku kembali lagi.

Kali ini aku terlintas untuk membahas "Kuliah atau Kursus?"

Bahasa Inggris, hmm... Bagi kebanyakan orang Indonesia masih dianggap sulit dan sebagian orang menganggap tidak penting belajar bahasa asing.

Eitz tunggu dulu, bahasa asing itu penting dan bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang minimal harus dikuasai. Baiklah paling tidak kalian paham dan bisa dalam menggunakan meski hanya sederhana atau bahkan banyak kesalahan. Tapi setidaknya kalian memiliki pemahaman dan itu sangat baik untuk diri kalian sendiri apalagi sudah era globalisasi seperti saat ini.

OK, back to the topic...

Ada yang bertanya lebih baik "Kuliah atau Kursus?"

Aku akan menjawab dari dua sudut ya,

Pertama jika kalian memilih kursus :

1. Kursus/Les/Private bahasa Inggris itu bagus karena disesuaikan dengan level masing-masing murid.

Contoh :
Anak SD pasti akan diberi materi Elementary School dong ya. Begitu juga dengan jenjang sekolah selanjutnya.
Atau jika kalian ingin melamar pekerjaan biasanya ada kelas khusus untuk materi tertentu saja. Ya sesuai kebutuhan gitu. Misalnya untuk percakapan sederhana, bahasa Inggris untuk perkantoran atau persiapan untuk TOEFL/IELTS dsb.

2. Kursus itu singkat

Ya, kursus itu hanya disesuaikan dengan kebutuhan bukan? Jadi jika target sudah dicapai biasanya kalian menyudahi kursus yang kalian ambil. Biasanya kan ada paket kelas-kelas tertentu dengan periode yang sudah ditentukan. Tiap tempat kursus berbeda-beda tentang hal itu pun dengan regulasinya.

3. Kursus biayanya lebih terjangkau

Ya hal ini dikarenakan jangka waktu yang pendek. Jadi untuk masalah biaya lebih ekonomis. Kamu membayar apa yang kamu ingin capai atau targetkan.

4. Tenaga pengajar

Nah kalau hal ini disesuaikan dengan si murid. Guru lesnya kan bisa berbeda-beda guys hanya saja tidak terlalu banyak pengajarnya karena biasanya sang pengajar harus multi alias tak hanya satu level saja mengajarnya. Selain itu rata-rata yang mengajar itu Strata satu atau S1, memang ada yang S2 tapi jarang. (Setahu aku begitu)

5. Sertifikat

OK, setelah kalian usai menamatkan suatu level biasanya kalian akan mendapat sertifikat tertentu. Kalau di sekolah kan dapat rapor nah kalau les di tempat kursus akan mendapat sertifikat.

Hmm, itu dia jika kalian kursus.

Sekarang kita membahas Kuliah.

1. Mempelajari Banyak Materi

Tentu dong. Dalam perkuliahan pasti akan banyak mata kuliah yang kalian pelajari. Jadi tidak hanya satu materi saja yang akan kalian kuasai nantinya.

2. Kuliah itu empat tahun

Ya, kuliah bahasa Inggris entah sastra atau pendidikan bahasa Inggris lamanya empat tahun. Jadi kalian harus sabar-sabar deh ya berkuliah. Usahain masuk terus, jangan bolong-bolong kuliahnya. Rajin mengerjakan tugas dari dosen dan jadilah mahasiswa/i aktif. Perbanyak teman juga bagus lho untuk menambah relasi. Kuliah juga bisa disambi sembari bekerja jika kalian bisa membagi waktu, tenaga serta fokus.

3. Kuliah itu mahal

Ilmu itu mahal.
Nah istilah di atas memang benar adanya. Ya, berkuliah memang akan menghabiskan banyak dana. Dari membeli modul, uang gedung, biaya kegiatan selama perkuliahan dan lain-lain ya. Syukur-syukur jika kalian punya penghasilan sendiri, penghasilan sampingan atau paling tidak bisa menabung meski sedikit demi sedikit karena semakin tinggi semester kalian maka biaya akan semakin besar. Apalagi mendekati wisuda.

4. Tenaga Pengajar

Nah kalau ini jelas. Satu dosen biasanya mengajar satu mata kuliah dan di tiap semester pasti banyak dosen yang berbeda. Tenaga pengajar pada umumnya S2 ya minimal. Syukur-syukur dapat dosen S3. Pengalaman aku, dosen aku itu sudah S2 semua. Ada yang S3. Ada beberapa lulusan luar negeri juga plus aku juga punya dosen dari Amerika dan India.

5. Ijazah

Sebagai tanda tamat berkuliah. Kalian akan diwisuda dengan pemindahan tali toga. Selain itu tentunya kamu juga akan mendapat Ijazah, transkrip IPK serta gelar yang akan melekat di belakang nama kalian. Berhubung aku mengambil Sastra Inggris. Jadilah di belakang namaku ada tambahan S.S

Canimangel, S.S.

Hehehe...

Nah itu dia menurut pendapat aku. Pilihan ada di tangan kalian masing-masing.

Saran aku, pilih jurusan yang kalian minati karena jika dijalani dengan hati maka beban akan terasa ringan.

Sukses untuk kita semua
Dan ingat bahwa ilmu itu penting.

Sekedar bisa orang lain pun bisa tapi jika kalian memiliki ilmu maka kalian akan paham (bukan sekedar bisa)

Sekedar bisa orang lain pun bisa tapi jika kalian memiliki ilmu maka kalian akan paham (bukan sekedar bisa)

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Thank you so much
Love you guys!

Canimangel (Q)
Kamis, 16 Januari 2020
21.21 WIB

ALL ABOUT ENGLISHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang