Bisnis dan Presentasi

24.3K 2K 67
                                    

Hallo semua!

Aku kembali lagi nih, maaf ya Wattpad aku belakangan error terus.

Beberapa waktu lalu, ada yang meminta untuk membahas tentang Bisnis, Presentasi dan Tips Belajar Bahasa Inggris.

OK, aku akan jadikan satu saja di halaman ini.

Silahkan disimak ya, adik-adik dan kakak-kakak yang pastinya kece hehe...

1. Bisnis

Menurut paman Google;
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat.

Sip. Itu definisi dari bisnis atau business.

Di Indonesia dan bahkan dunia, Bahasa Inggris sudah merupakan kemampuan atau alat yang banyak dituntut atau dipakai dalam segala sektor bisnis.

Mengapa?
Karena Bahasa Inggris merupakan bahasa dunia. Mau tidak mau harus mau mempelajarinya. Jika tidak? Pastilah akan ketinggalan.

Bahasa Inggris sangatlah mudah ditemui. Entah dalam kemasan makanan maupun minuman yang kita konsumsi, iklan, dsb.

Dalam dunia bisnis, Bahasa Inggris ini banyak dipakai dalam surat menyurat khususnya via e-mail. Apalagi untuk perusahaan exim (Export Import) maupun bidang bisnis yang pastilah bersangkutan dengan klien dari negara asing. Begitu juga dalam mempresentasikan suatu produk atau jasa yang ditawarkan.

Yang harus dipelajari dalam bisnis adalah korespondensi atau surat menyurat yang baik. Dalam bahasa apapun, surat menyurat merupakan kegiatan yang harus dapat dikuasai. Entah dalam konteks formal maupun tidak formal. Berikutnya pastilah Bahasa Inggris aktif, berupa lisan pastinya. Jadi kita harus bisa mengkomunikasikan tujuan bisnis kita atau menawarkan produk/jasa yang kita kelola maupun perusahaan tempat kita bekerja kepada klien dengan baik, santun dan benar.

2. Presentasi

Ok, presentasi. Pastinya kalian pernah mendengar atau bahkan disuruh presentasi ya. Ketika sekolah maupun di dunia kerja biasanya kita melakukan kegiatan ini.

Menurut definisi om Google;
Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin atau salah satu bentuk komunikasi. Presentasi merupakan kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat atau informasi kepada orang lain.

Pengertian yang mudah dimengerti kan?

Baiklah, dalam presentasi tentunya kalian harus menyiapkan materi yang sesuai dengan presentasi yang harus kalian lakukan.

Jika presentasi tentang kerja kelompok misalnya. Jadi kalian harus menyiapkan bahan berupa hasil dari kegiatan kerja kelompok kalian, lalu disusun sedemikian rupa berupa slide demi slide presentasi misalkan atau langsung menggunakan media berupa kertas, papan dsb. Intinya mempermudah kalian dalam presentasi.

Tips dalam presentasi adalah sbb (Menurut pengalamanku)

1. Siapkan materi yang sesuai
Ini meliputi informasi dan informasinya harus sesuai konteks serta lebih baik lagi disertai dengan data akurat; bisa berupa pembanding, kelebihan dan kekurangan dsb. Plus bahan untuk presentasi mungkin berupa Power Point, papan, kertas, gambar-gambar dsb. Ini untuk mempermudah kita dan juga pemahaman orang lain. Susunlah dengan sebaik seteratur mungkin ya.

2. Persiapkan diri
Yup, ini penting kawan, karena presentasi biasanya menentukan penilaian kita di hadapan orang lain. Untuk murid, supaya dapatkan nilai yang baik. Untuk pebisnis, supaya meningkatkan citra diri kita sendiri maupun perusahaan tempat kita bekerja di hadapan rekan bisnis.

3. Diksi
Diksi atau pemilihan kata. Maksudnya di sini, kalian harus bisa menggunakan bahasa yang santun, mudah dimengerti dan intinya dapat membawa suasana, itu lebih baik lagi. Belajarlah untuk membuat kalimat pembuka/sambutan yang baik, disertai senyum lebih OK lagi. Lalu sampaikan isi presentasi kalian dengan tenang dan jangan terlalu bertele-tele. Sebagai penutup tinggalkan kesan, biasanya bisa berupa motivasi, kata bijak dan bahkan sedikit candaan yang pastinya disesuaikan dengan situasi presentasi kalian.

Itu dia tentang presentasi ya.

Selanjutnya tentang tips belajar Bahasa Inggris.

Ini dia gengs!

Bahasa Inggris adalah bahasa dunia, ya! mau tidak mau inilah kenyataannya. Paling tidak kita harus mengerti dalam taraf cukup. Jika ada yang lisan maupun tulisan yang berkaitan dengan English kita mengerti poin-poinnya.

Bahasa Inggris atau bahasa mana saja di dunia ini, intinya sama.

"Bisa karena terbiasa dan perbanyak latihan dapat membuat kita semakin baik lagi."

1. Senangi dulu
Jika kita sudah senang, maka seterusnya akan terasa lebih enteng dan tidak terbebani.

2. Konsisten
Ya! Kalian harus rutin dalam mempelajari, kata demi kata, definisi demi definisi, banyak baca, banyak tanya. Akses tentunya makin mudah dong dengan adanya internet. Maka, manfaatkan.

3. Motivasi
Jika kita ingin mencapai sesuatu pasti ada kalanya kita down atau semangat menurun. Haruslah kita yang dapat memotivasi diri sendiri agar kita bisa, supaya kita mampu mendapatkan apa yang kita mau. Motivasi dari orang lain itu kita butuhkan namun kembali lagi apakah diri kita mau termotivasi atau malah abai dengan itu.

4. Perlahan
Nah belajar itu sedikit demi sedikit. Carilah kata-kata atau percakapan sehari-hari, carilah dari sesuatu yang kita senangi. Yang suka musik, carilah musik berbahasa Inggris. Yang suka film, carilah film-film berbahasa Inggris atau mungkin video pembelajaran bahasa Inggris dsb.

5. Tanamkan dalam diri
Apa yang kalian tanam?
Ucapkan ini "Aku bisa berbahasa Inggris, pasti bisa. Entah apapun kendalanya, aku pasti bisa."

Sedikit kisah ya.
Dulu aku punya dosen (Dulu, ya dulu. Aku lulusan 2016 akhir)
Dosen laki-laki dapat beasiswa S1 di Inggris dalam bidang bisnis, tapi bahasa Inggris beliau tidak fasih jadi setiap hari ketika di Inggris. Ia memiliki kamus, nah beliau menghafal satu demi satu kata sesuai urutan huruf dalam kamus. Ketika ia sudah menghafal keesokan harinya, ia merobek satu halaman yang ia pelajari itu dan ia makan kertas itu, dikunyah-kunyah gitu hehe... Sampai ia dibilang "crazy" begitu terus sampai si kamus habis dan alhamdulillah beliau sudah sangat fasih berbahasa Inggris terlebih lagi di negara Inggris langsung ya. Kini beliau mendapat S2 di Inggris juga, hanya di kota berbeda. Mantap kan?

Setiap orang memiliki strategi berbeda dalam belajar. Maka pilihlah yang membuat kalian nyaman belajar. Jadikan belajar sebagai kegiatan menyenangkan.

Tapi dari semua itu intinya sama, belajarlah sedikit demi sedikit dan rutin. Jangan putus asa ya guys. Gak ada yang mudah di dapat secara instan, jika ada itu hanya sementara.

Ok gengs. Itu dia materi yang dapat aku bagi kali ini. Semoga sedikit banyaknya bermanfaat ya.

Terimakasih sudah berkenan membaca, vote atau komentar.

Salam semangat!

Selasa, 13 Februari 2018

ALL ABOUT ENGLISHWhere stories live. Discover now