Chapter 1..........Tabita Zanjabila

9 0 0
                                    

Hai, nama gue tabita zanjabila tapi biasa dipanggil tata. Hari ini hari pertama mos SMA. Gue masuk salah satu SMA Negeri di Jakarta. Sedihnya, gue ngerasa ga kenal siapa-siapa karena cuma gue satu-satunya yang berasal dari sekolah SMP gue yang masuk ke SMA itu. Sebenarnya juga, sekolah ini cuma jadi batu loncatan aja, jadi semester dua atau kelas 11 gue bakalan pindah karena beberapa alasan.

Setiap hari tata diantar sama Abang nya yg sekolah ditempat yg berbeda, tetapi melewati jalur searah. Tata dan brando beda 2 tahun. Wajah mereka mirip sekali. Brando punya alis tebal dan nyambung, brewok tipis dan rambut agak ikal. Sedangkan tata, matanya lebar dengan garis mata hitam mengelilingi matanya, beralis tebal. Pokoknya mereka berdua terlihat seperti keturunan orang arab/pakistan.

Jadi, tata bareng brando sampai setengah perjalanan dan melanjutkan dengan angkutan umum sedangkan brando langsung berangkat ke sekolahnya.
"Ayuk dek buruan! Tar telat", kata brando, Abang tata yg sudah menunggu di atas motor.
"Iya ih bentar, ma jalan yaaa, assalamualaikum", tata berpamitan sama mama nya dan langsung menaiki motor brando.

Ketika hari pertama mos, ternyata pikiran tata selama ini salah, tata mengenal beberapa temannya ketika sd yg sekolah di SMA itu. Dan ada satu sosok yg sangat dia hapal karena ketika sd, beberapa kali mereka berada dalam satu kelas. Sosok perempuan cantik, kurus, tinggi, dan berkacamata dengan bentuk frame kotak, namanya Raisa Apriliani, tapi akrab dipanggil april.
"April?" Tanya tata
April hanya diam beberapa saat seperti tidak mengenali tata. Tata sedih tapi karena tata ini anaknya gatau malu, yaudah disambar aja.
"Gue tata... "
"Oh tata, yaampun maaf ya gue lupa" balas April
"Gapapa pril, akhirnya ada yg gue kenal disekolah ini. Pril, kita baliknya bareng yuk, gue ga dijemput nih. Lo dijemput gak?" Ajak tata
"Ayuk, gue juga ga dijemput kok" jawab april

Jadi tata dan april ini tinggal di perumahan yg sama dan karena sama2 tidak dijemput, mereka pulang bersama naik angkutan umum. Meskipun tata tidak sekelas dengan april, setiap hari tata dan april saling tunggu untuk pulang bersama, kecuali jika memang ada alasan yang mengharuskan mereka untuk tidak bisa pulang bersama.

Suatu ketika, april menunggu didepan kelas tata, karena kelas April selesai pelajaran duluan. Setelah tata keluar kelas, tata bingung karena April tidak sendiri, ada sosok perempuan berambut panjang dan keriting dengan pipi yg chubby serta wajah yang terlihat sangat ceria. Akhirnya April mengenalkan sosok yg bersamanya itu.

"Ta, ini Keti Maharani, dia temen sekelas gue, dia juga tinggal diperumahan yg sama kayak kita" kata april
"Ket ini tata" April mengenalkan keti ke tata
"Halo, gue tata. Seneng deh, nambah lagi temen pulang bareng" kata tata
"Iya gue juga seneng, nama gue keti" balas keti
Semenjak itu, mereka selalu pulang bertiga udah kayak tiga serangkai. Bahkan keti sama tata langsung akrab banget dan teman2 lain mengira kalau tata dan keti adalah teman dekat sejak lama, padahal mereka baru saja kenal.

Banyak hal gila yg mereka bertiga lakukan bersama, apalagi kalau lagi di angkutan umum. Pokoknya tata sangat bersyukur karena akhirnya menemukan sosok seperti april dan keti yg menjadi salah satu alasan dirinya bertahan di SMA itu dan mengurungkan niatnya untuk pindah sekolah. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk memberi nama geng mereka dengan nama 3C yang artinya cantik, cerdas, dan ceria. Udah tau dong ya kalau cantik itu pasti untuk april, kalau ceria untuk keti dan cerdas untuk tata. Tata memang cukup berprestasi baik di dalam kelas ataupun diantara kelas yg lain.

Tata ini kelas x.6 sedangkan April dan Keti kelas x.3. Dikelas, tata punya temen deket, namanya tama dan sheila. Tata sama sheila dari awal mos langsung deket banget dan akhirnya mereka duduk sebangku dikelas. Bahkan, banyak yg bilang mereka kayak anak kembar, bukan karena mirip, tapi karena kemana-mana selalu bareng dan kalau jalan mereka pasti gandengan. Sheila ini cantik, putih, anak paskibra tapi agak sedikit manja. Sedangkan Tama anaknya iseng banget apalagi waktu tau kalau tata suka sama kaka kelas yang juga temen basketnya tama, namanya rendi. Pernah suatu ketika, tata dibikin malu sama tama. Jadi waktu itu, rendi ulang tahun dan Tama ditraktir Rendi. Terus besoknya, tama cerita ke tata kalau semalem dia ditraktir Rendi. Sontak, tata kaget. Tata baru inget kalau ulang tahun Rendi memang hanya terpaut 10 hari sama tata, karena tata sebelumnya udah stalking duluan.

"Oh iya? Rendi kan ulang tahun nya 10 hari setelah ulang tahun gue" kata tata ke tama
"Iya... Tuh orangnya, mau ucapin gak? Gue panggil ya." Kata tama melihat rendi yg sedang berjalan ke arah kantin dengan posisi akan melewati tama dan tata.
Belum sempat dijawab tata, tama langsung manggil rendi
"Ren, temen gue mau ucapin ulang tahun ke elo nih"
Tata kaget dan langsung nyelonong masuk ke kelasnya tapi tertahan oleh sosok radit, teman dekat tama yg juga sekelas dengan tata dan tama.
"Dit, awas dong, malu nih gue" tata memohon
"Itu orangnya, katanya mau ngucapin ulang tahun" ledek Radit
Tata berusaha menyingkirkan tubuh Radit yang menghalangi didepan pintu dan akhirnya tata bisa masuk sebelum Rendi sampai didepan kelas dan menyapa tama. Tata ngedumel karena dua temannya itu benar2 nyebelin dan membuatnya malu.

Akhirnya, setelah selesai mengobrol sebentar dengan rendi, tama memasuki kelas dan mendatangi tata.
"Yah lo mah malah masuk tadi" kata tama
"Ya menurut lo tam? Gue malu lah, krezi lo" tata kesal
"Hahaha ya maap, gue cuma mau bantuin supaya lo bisa kenal sama Rendi" tama membela diri
"Iya gue maapin, lagian udah biasa gue dibikin malu sama lo, Radit jg pake ikut2an" tata masih kesal

Entah takdir atau apa, tata sebenarnya selalu punya kesempatan untuk bisa kenal dengan rendi tapi tata tidak pernah berani.

Setelah kejadian ulang tahun, ada kejadian lagi dimana diloker tempat tata duduk, tertinggal sebuah buku akuntansi bertuliskan nama rendi kelas XI IPS 4. Jadi ketika kelas x, terdapat kebijakan moving class yg diterapkan hampir di seluruh SMA Negeri di Jakarta. Jadi tidak ada kelas x.1 atau x.2 tetapi kelas matematika, sejarah, kimia, dll.
Yap, jadi sebelum kelas tata, kelas rendi yang menempati kelas ekonomi tersebut dan rendi tidak sengaja meninggalkan buku akuntansi nya.
"Tam, buku nya rendi ketinggalan diloker gue" kata tata
"Yaudah gih anterin ke orangnya" jawab tama
"Ya kali, lo aja deh, lo bbm dia suruh dia ambil kesini" suruh tata
"Yaudah gue bbm ya, tapi entar lo yg nemuin" pinta tama
"Gamau, lo aja, nih bukunya" tata memberikan buku tersebut dan kembali ke tempat duduknya
Tidak lama, rendi datang dan tama memberikan buku itu ke Rendi, kemudian rendi masuk dan menghampiri tata.
"Ta, katanya rendi makasih" kata tama
Tata tidak menjawab dan hanya menahan senyum, dia malu kalau sampai ketahuan sama tama.

Tidak berasa, kelas X pun berakhir dan kelas penjurusan dimulai ketika menginjak kelas XI. Tata dan tama masuk dikelas yang sama yaitu XI IPA 2 sedangkan sheila harus terpisah di XI IPA 1. Keti dikelas XI IPA 4 dan April di kelas XI IPA 1.

1 WinduDove le storie prendono vita. Scoprilo ora