4 Cairan dari Tubuh

2.9K 108 75
                                    

Dari dalam tubuh ini ada berbagai macam cairan yang dikeluarkan

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.


Dari dalam tubuh ini ada berbagai macam cairan yang dikeluarkan. Salah satunya cairan yang keluar dari organ reproduksi dan saluran kemih.

Cairan yang keluar dari tempat ini menjadi penentu, suci atau tidaknya, harus mandi besar atau tidak, bagi muslimah. Kadang kita ragu-ragu. Kadang tidak peduli karena belum tahu hukumnya.

Kalau begitu, mari disimak penjelasan di bawah ini ^^.

Kalau begitu, mari disimak penjelasan di bawah ini ^^

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.


Teruuuuss... keputihan itu gimana??

Flour Albus adalah bahasa kerennya dari Keputihan ㅋㅋㅋㅋㅋ .

Enggak sih. Itu bahasa kesehatannya laaah...

Keputihan ini jadi masalah buat banyak perempuan. Mau muda ataupun tua punya masalah sama sekret cairan vagina ini.

Lendir vagina ini keluar secara normalnya pada saat-saat tertentu. Pada saat sebelum atau sesudah haid dan pada masa subur. Jumlah dan bentuknya pun berbeda setiap waktunya.

Keputihan yang keluar sebelum atau sesudah haid biasanya jumlahnya sedikit dan agak lebih encer. Sedangkan keputihan saat masa subur jumlahnya banyak (biasanya berlangsung selama 5hari), bening, susah diputuskan, agak encer seperti gel, seperti putih telur (yang keluar saat ovulasi).

Keputihan menjadi tidak normal disaat:

1. Berbau (agak terasa bau amis atau busuk)
2. Terasa gatal
3. Berwarna kekuningan/ kehijauan/ abu-abu/ putih seperti susu dan berbuih
4. Terdapat bercak putih di sekitar bibir vagina
5. Terasa nyeri di perut bagian bawah atau bagian panggul

Keputihan abnormal ini datang tidak kenal waktu. Bisa datang dan terasa kapan saja. Tapi terutama sesudah atau sebelum haid biasanya jadi lebih gatal.

Jangan anggap remeh keputihan. Keputihan abnormal yang tidak disembuhkan bisa berakibat kemandulan (apabila infeksi sudah terjangkit sampai bagian tuba fallopi dan ovarium).

Keputihan abnormal disebabkan karna adanya infeksi jamur atau bakteri. Jenis jamur yang biasa menginfeksi vagina adalah jamur Candida yang menyebabkan Candidiasis.

Infeksi ini bisa terjadi karena cebok dengan air kotor, cebok dari arah belakang ke depan, jarang mengganti celana dalam, sering menggunakan sabun mandi untuk mencuci kemaluan, tidak mengeringkan kemaluan setelah selesai cebok, mengonsumsi antibiotik, bisa juga karena hubungan seksual dengan pasangan yang terinfeksi.

Gatalnya keputihan bisa menular pada pasangan saat berhubungan. Perempuan yang sedang pengobatan keputihan maupun pengobatan IMS (Infeksi Menular Seksual) dianjurkan untuk tidak melakukan hubungan selama masa pengobatan atau boleh juga berhubungan tapi wajib menggunakan kondom (kalau pengobatan bukan dengan salep).

Apalagi yaah tentang keputihan....

Ah iya, kalau udah ngerasa ada yang gak beres, segeralah periksa ke bidan/dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Biasanya kalau periksa ke dokter dengan keluhan ada nyeri di bagian bawah perut atau sekitar pinggang, akan diperiksa USG. Karna bisa jadi sakitnya itu karena kista. (ada yang punya keluhan haidnya gak teratur dan selalu sakit perut diluar waktu haid).

Ada lagi yang mau ditanyain?

Dibuka pertanyaaan yaaaah...

Obrolan 21+Where stories live. Discover now