BENARKAH GEREJA KATOLIK BUKAN GEREJA UNIVERSAL? 6

12 11 0
                                    

Pace e Bene Fratelli

___________________

                              Origen (185- 254)

Origen adalah seorang Teolog yang dihormati di masa Gereja awal. Ia adalah murid St. Klemens dari Aleksandria. Origen mengatakan:

"Petrus, yang di atasnya dibangun Gereja Kristus, yang tidak akan dikalahkan oleh alam maut, meninggalkan hanya satu Surat ...." ((Origen, Commentaries on John 5,3, in Jurgens, Faith of the Early Fathers, 1:202)) 

"Lihatlah pondasi Gereja yang kuat, batu karang yang besar dan kokoh itu, yang kepada siapa Kristus mendirikan Gereja-Nya!..."   ((Origen, Homilies on Exodus 5,4, in Jurgens, Faith of the Early Fathers, 1:205))

 "Meskipun ada banyak orang yang percaya bahwa mereka sendiri memegang ajaran Kristus, namun ada di antara mereka berpikir lain daripada para pendahulu mereka. Ajaran Gereja telah memang diturunkan melalui urutan suksesi dari para rasul, dan tetap ada di Gereja bahkan sampai sekarang..."     ((Origen, The Fundamental Doctrines 1, preface 2, (220-230) in Jurgens, Faith of the Early Fathers, 1:190))

Berikut ini, adalah kutipan tulisan Origen, yang sering dikutip oleh gereja Protestan yang menginterpretasikan Matius 16:18 secara allegoris atau simbolis:

"Dan mungkin seperti Simon Petrus menjawab dan berkata, "Engkau adalah Kristus, Anak Allah yang hidup," jika kita mengatakan ini seperti Petrus, tidak oleh darah dan daging yang menyatakannya kepada kita, tetapi oleh terang dari Allah Bapa di surga yang bersinar di hati kita, kitapun juga menjadi seperti Petrus, dinyatakan terberkati, seperti dia, karena dasar yang menjadi alasan ia dinyatakan terberkati, juga ada pada kita.... kita menjadi seorang Petrus... Sebab batu karang adalah setiap murid Kristus yang kepada-Nya mereka minum yang meminum dari batu karang rohani yang mengikuti mereka, dan atas batu karang ini dibangun setiap perkataan Gereja;  sebab dalam setiap orang sempurna yang mempunyai kombinasi perbuatan dan perkataan dan pemikiran yang terberkati; Gereja dibangun oleh Tuhan..." ((Origen's Commentary on Mat 12:10-11, ANF 9: 455-456)).

Di sini terlihat bahwa Origen, walaupun mengajarkan interpretasi allegoris atau simbolis dari ayat ini, tetaplah ia tidak menghapuskan interpretasi Matius 16:18 secara literal, sebab dengan jelas ia juga mengajarkan bahwa Petrus adalah batu karang itu. Kemungkinan, Origen mengajarkan interpretasi allegoris untuk Matius 16:18; karena memang secara umum ia mengajarkan adanya 3 arti spiritual dalam teks-teks Kitab Suci yaitu allegoris atau simbolis, moral dan anagogis, di samping arti literal. Menarik di sini, bahwa gereja-gereja non Katolik yang umumnya menerima arti literal dan menolak interpretasi spiritual, justru pada ayat ini menolak meninterpretasikan secara literal namun secara spiritual. Hal serupa adalah pada saat menginterpretasikan perikop tentang Roti Hidup (Yohanes bab 6).


                             St. Cyprian dari Carthage (258)

                                        A. Pengajaran St. Cyprian

Tuhan berkata kepada Petrus: "Aku berkata kepadamu," Ia berkata, 'bahwa engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan Gereja-Ku, dan alam maut tidak akan menguasainya. Dan kepadamu aku akan memberikan kunci Kerajaan Surga: dan apapun yang kamu ikat di dunia akan terikat di surga dan apapun yang kamu lepaskan di dunia akan terlepas di Surga." Dan lagi Ia berkata kepadanya setelah kebangkitan-Nya, "Gembalakanlah domba- domba-Ku." Atasnya Ia mendirikan Gereja-Nya, dan kepadanya Ia memberikan perintah untuk menggembalakan domba-domba-Nya; dan meskipun Ia memberikan kuasa serupa kepada semua rasul-Nya, namun Ia mendirikan (hanya) satu kursi kepemimpinan; dan Ia mendirikan dengan kuasa-Nya sendiri sebuah sumber dan alasan mendasar untuk kesatuan itu. Memang para rasul yang lain ada di mana Petrus berada, namun keutamaan diberikan kepada Petrus, di mana sudah dinyatakan dengan jelas bahwa hanya ada satu Gereja dan satu kursi kepemimpinan. Demikian pula, semua gembala dan kawanan dombanya dinyatakan satu, yang diberi makan oleh semua Rasul dengan pemikiran yang satu. 

AFRAID TO BE A CATHOLIC?Where stories live. Discover now