3. Berwisata ke Karanganyar

48 13 28
                                    


Pada bab sebelumnya sudah saya kupas tentang sejarah kota Karanganyar. Dan seperti janji saya, pada kesempatan ini akan saya kupas tentang beberapa tempat pariwisata di Karanganyar yang belum banyak diketahui oleh wisatawan.

Jika kita berkunjung ke Karanganyar, hendaklah menyiapkan sedikitnya dua hari untuk dapat menikmati kota ini dengan sepenuhnya. Banyak obyek wisata yang wajib untuk dikunjungi. Baik yang sudah tersohor maupun yang baru diketahui oleh segelintir wisatawan. Dan bagi saya pribadi, justru yang masih tersembunyi itulah letak "surga" Karanganyar yang sesungguhnya. Berikut akan saya bahas segelintir dari banyaknya obyek wisata yang ada di Karanganyar.

1. Candi Sukuh

Candi Sukuh berada pada ketinggian kurang lebih 1

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Candi Sukuh berada pada ketinggian kurang lebih 1.186 di atas permukaan laut. Terletak di Desa Sukuh, Kecamatan Ngargoyoso. Candi ini berjarak kurang lebih 20 KM  dari pusat kota Karanganyar. Karena letaknya yang berada di lereng bukit, tak jarang banyak wisatawan yang rela untuk mendaki jalan yang curam dan berkelok, namun terbayar dengan pemandangan yang elok nan asri setelah sampai di puncak candi.

Situs budaya yang satu ini mempunyai bentuk yang berbeda jika dibandingkan dengan dua candi besar yang ada di pulau Jawa. Bahkan banyak yang beranggapan bahwa situs budaya ini mirip dengan situs budaya suku Maya di meksiko dan suku Inca di Peru. 

Banyak hal yang bisa dinikmati saat berwisata ke Candi Sukuh. Salah satunya adalah relief erotis yang banyak dijumpai. Mungkin manusia modern menganggap relief ini tabu, namun siapa sangka dibalik "ketabuan" itu tersimpan satu makna yang dalam bagi orang zaman dahulu.

Menurut para ahli sejarah dan arkeolog, lambang ini merupakan simbol yang sakral dan suci yang mempunyai arti untuk keberlangsungan hidup dari generasi ke generasi

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Menurut para ahli sejarah dan arkeolog, lambang ini merupakan simbol yang sakral dan suci yang mempunyai arti untuk keberlangsungan hidup dari generasi ke generasi. Ada pula mitos yang mengatakan, apabila seseorang berhasil melompati simbol ini, maka dia akan bersih dari segala kotoran terutama yang bersifat duniawi. Dan sudah sepantasnya apabila ada orang yang akan beribadah di candi ini, dia harus melepaskan segala perkara duniawi termasuk seksualitas.

2. Air Terjun Parang Ijo

 Air Terjun Parang Ijo

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.
RAWS Project : PARAHYANGANWhere stories live. Discover now