8(Delapan)

1.2K 203 13
                                    

Sepi, hening, sejuk, damai. Disinilah gue. Duduk di rurumputan di danau yang letaknya gak jauh dari sekolahan. Tempat ini selalu dijadikan orang-orang untuk bahan tempat menenangkan diri, menenangkan pikiran, dan melupakan masalah yang dihadapi. Begitupun gue. Namun sekarang danau ini sepi, maklum jam segini biasanya orang-orang melakukan kegiatannya. Ntah itu bekerja ataupun sekolah.

Pertama kali datang ke danau ini ketika gue sama Jaemin masih duduk di bangku Smp. Waktu itu gue sama dia gak sengaja main, jalan-jalan naik sepeda terus kejauhan sampai datang kesini, menemukan danau ini. Dan tempat ini jadi tempat favorit gue sama Jaemin.

"Indah." ucap gue pertama kali melihat danau ini takjub.

"Dasar anak sialan!"

"Gara-gara kamu, saya jadi kehilangan suami saya! seharusnya saya dulu gak ngelahirin kamu, seharusnya saya gugurin aja kamu ketika masih di dalam perut saya!"

Bayangan perkataan Mamah tadi masih terngiang-ngiang dipikiran gue. Senyesel itukah Mamah ngelahirin gue sampai bilang anak sialan keanaknya? bahkan sampai mau ngecelakain anaknya juga?

"Kenapa Mas kenapa hah?! gak boleh saya bilang gini sama anak sialan itu? biar dia tahu, bahwa saya menderita dengan kelahiran dia!"

"Jangan panggil saya Mamah! gak sudi saya punya anak yang ngehancurin kebahagiaan saya."

"Gak akan! kamu harus mati di tangan saya, gara-gara saya ngelahirin kamu anak perempuan, suami saya jadi gak punya anak untuk ngelanjuttin bisnisnya, jadi dia menikah lagi di belakang saya dengan perempuan lain! kamu tau betapa menderitanya saya hah?!"

"Hiks..." air mata gue mengalir dengan deras. Sakit rasanya menerima kenyataan ini. Dimana orang yang udah ngelahirin gue merasa menyesal dan menderita
karena kelahiran gue bahkan menginginkan gue mati.

Gue memeluk lutut kedua kaki gue, gue terisak disana.

Tuhan. kapan aku bahagia? kenapa hidup aku begini banget? kenapa Mamah pengen aku mati? kenapa Mamah menderita karena kelahiran aku? bukankah kelahiran anak itu merupakan rezeki dari Tuhan? kenapa karena Mamah ngelahirin anak perempuan, Papah jadi nikah lagi? apakah perempuan tidak bisa melanjutkan bisnis dari seorang Ayah? kenapa? hati aku sakit Tuhan, sakit menerima kenyataan ini semua. Aku gak setegar itu. Apakah aku pantas hidup?

Gue semakin memeluk erat kedua lutut gue. "Hiks...hiks.."

Jadi ini alasannya mereka ninggalin gue dari kecil sampai sekarang? kenapa Papah menikah lagi demi mempunyai anak laki-laki? demi bisa melanjutin bisnisnya kenapa?

"Vinkan." seseorang menepuk pelan pundak gue. Gue mendongak siapa yang menepuk pelan pundak gue itu.

Hyunjin.

Hyunjin duduk di rurumputan di sebelah gue. Dia menatap gue dengan tatapan iba. Gue yang sadar akan itu, segera menghapus air mata gue.

"Ke..kenapa lo kesini?" tanya gue yang masih sesenggukkan.

Hyunjin diam sebentar, ia menatap pemandangan yang mungkin di mata dia ini cukup indah? bukan cukup lagi, bahkan indah.

Hyunjin kembali menatap gue, lalu tersenyum. "Bagus juga tempat lo kalo mau nenangin diri."

"Kapan-kapan kalo kesini ajak gue ya." lanjutnya sambil terkekeh.

"Lo ngikutin gue ya?" dengus gue. Lagi ena-ena nangis meratapi kesedihan gue, tiba-tiba Hyunjin datang, kan gak lucu kalau gue masih nangis di depan dia. Orang baru lagi.

"Abis lo gue panggil gak nyaut-nyaut." balas Hyunjin.

"Kan gue udah bilang mau nenangin diri, kenapa lo malah ngikutin gue?"

"Gue khawatir sama lo, anak cewek kalo lagi sedih pikirannya suka pendek, apalagi ini lo yang menurut gue korban Broken Home sama kaya gue. Takutnya nanti tiba-tiba ada berita di tv atau di media bahwa seorang siswi bunuh diri dikarenakan keluarganya, kan gak lucu."

Sontak gue langsung menepuk pundaknya kasar. "Apaansi, gue gak gitu!"

Walaupun tadi gue merasa gue gak pantas hidup, tapi gue masih mikir, masih punya otak juga, kalo gue bunuh diri dengan cara begitu, bukan ketenangan yang gue dapat, melainkan dosa.

Hyunjin terkekeh lagi. "Gue juga sama kok kaya lu, tapi lama-lama gue mulai menerimanya, dan gue yakin ini mungkin yang terbaik buat gue sama keluarga gue apalagi Mamah, dan ini semakin membuat gue menjadi lebih dewasa dan lebih baik lagi."

"Maksudnya?" tanya gue sambil mempautkan alis.

Hyunjin menghela napas. "Lima tahun yang lalu, gue punya kabar bahwa Papah mau pergi lagi keluar negri. Sebelumnya gue sama nyokap gak tau kalo dia udah balik kesini. Gue sama nyokap taunya Papah kerja di luar negri. Itu tetangga gue yang bilang, awalnya kita gak percaya, tapi tetangga gue bilang bahwa dia emang benar-benar ngelihat Papah di bandara, tapi posisinya sama wanita lain. Jadi waktu itu gue sama nyokap ke bandara, mau nyusul Papah dan nanya kenapa Papah gak ngabarin kita dan gak nyamperin kita di rumah, sekalian mau mastiin juga." Gue masih mendengarkan cerita Hyunjin tanpa ada niat memotongnya sedikitpun.

"Setelah gue datang ke bandara sama nyokap, ternyata bener Papah lagi ada disana, gue masih inget, dia lagi duduk dan bercanda gurau mesra sama wanita lain yang tak lain itu adalah nyokap lo. Nyokap gue yang gak terima diperlakuin begini sama Papah, dia nyamperin Papah langsung, dan disitu Papah kaget banget sama kedatangan nyokap dan gue. Nyokap gue nangis disana, begitupun nyokap lo juga nangis. Mereka minta penjelasan dari Papah apa maksudnya ini, dan Papah ngejelasin yang sebenernya, bahwa ia sebelum nikah sama nyokap, dia udah nikah duluan sama nyokap lo, alasan dia nikah sama nyokap gue, katanya siapa tau nyokap gue bisa ngelahirin anak laki-laki yang bisa ngelanjutin bisnisnya, kenapa gak nungguin nyokap lo hamil lagi? dikarenakan nyokap lo mustahil hamil lagi, itupun hamil kalo ada keajaiban dari Tuhan. Nyokap lo terpuruk, nyokap gue juga terpuruk disana. Tapi Papah lebih memilih nyokap lo dari pada nyokap gue. Dia pergi sama nyokap lo keluar negeri, dan ninggalin gue sama nyokap gue disana. Papah cuman ninggalin uang aja buat kebutuhan kita. Dan lo tau? Mamah gue hampir setres hampir mau dirawat dirumah sakit jiwa, Mamah gue depresi berat disana. Gue yang waktu itu mungkin masih smp yang masih berpikiran layaknya anak kecil, gak tahu harus ngapain, gue juga sama kok sedih, apalagi ngeliat nyokap gue gitu. Syukurnya Om Suho nolongin gue, dia ahli psikolog, dia mulai membantu nyokap melawan depresinya, dan alhamdulillah kesini-kesini nyokap gue mulai sadar dan bisa menerima semuanya. Nyokap sama Papah gak cerai, dia lebih memilih bagaimana jalan dan waktu saja, gue awalnya benci sama Papah, tapi gue sadar bagaimanapun kelakuan Papah, dia tetep Papah gue. Alasan gue tadi ada sama Papah soalnya gue dapet kabar juga bahwa Papah hari ini pulang, jadi gue samperin dia." jelas Hyunjin panjang lebar.

"Dan gue jujur gue gak tahu bagaimana keadaan nyokap lo seterusnya, tapi sejak gue lihat kejadian tadi, gue jadi tau kalo nyokap lo belum menerima ini semua. Gue juga sempet kaget tadi ketika dia malah nyalahin lo, padahal ini salah bokap, bukan salah lo." lanjutnya. Sekarang gue jadi tahu bagaimana awal kejadiannya, sampai bisa begini. Gue menundukan kepala, berusaha menahan air mata gue untuk keluar.

Hyunjin mendongakkin kepala gue. "Gapapa Vin, nangis aja, kalo lo butuh sandaran, pundak gue bisa lo bikin sandaran." ucapnya. Lalu ia narik kepala gue untuk menyender kepundaknya, dan air mata gue pun mulai mengalir lagi.

"Hiks.."

"Gapapa nangis aja."

"Sakit Jin hiks.."

"Gue tau tanpa lo kasih tau."

"Hiks..iya, terus itu nyokap lo sama bokap nikahnya kapan? kok bisa punya anak yang udah segede gini?" tanya gue di sela sela nangis sambil menoleh ke Hyunjin.

Hyunjin tersenyum, lalu ia mengusap lembut surai gue. "Sesudah nyokap lo ngelahirin lo." jawabnya.

"Lo jangan sedih lagi ya, bagaimanapun kelakuan bokap sama nyokap lo, mereka tetap orang tua lo, dan gue yakin dihati kecil mereka, mereka sayang sama lo, percaya." lanjutnya, yang bikin gue menganggukkan kepala.

Friendzone | Na JaeminWhere stories live. Discover now