Kisah Imam Al-Ghazali❤️

256 11 0
                                    

Kisah Imam Al-Ghazali Masuk Syurga Karena Seekor Lalat

Imam Al-Ghazali suatu ketika sedang menulis sebuah kitab pada saat bersamaan datanglah seekor lalat hinggap di tempat beliau meletakkan tinta penanya, lalu Imam Al-Ghazali bermaksud mengusir lalat tersebut kemudian beliau urung meneruskan niatnya mengusir lalat itu, Imam Al-Ghazali memperhatikan lalat tersebut yang sepertinya sedang minum karena kahausan. Dan ia pun akhirnya membiarkan lalat tersebut minum sampai hilang dahaganya. Lalu terbanglah lalat tersebut setelah hilang dahaganya.

Malamnya Imam Al-Ghazali bermimpi ia seperti sedang dihisab dipadang mahsyar, dan diputuskan bahwa ia masuk kedalam Syurga. Lalu muncul-lah suara yang bergema.. ❤️

"Wahai Al-Ghazali, menurutmu amalan apa yang membuatmu masuk dalam golongan penghuni Syurga.?”

"Engkau lebih tahu Yaa Allaah, maka jika aku boleh menerka maka kitab kitab karanganku mungkin yang menyebabkan aku masuk kedalam Syurga..”

“Bukan wahai Al-Ghazali, karanganmu memang banyak, kitab kitabmu berjilid jilid, akan tetapi yang membuat amalmu menjadi berat ditimbangan pahala adalah seekor lalat yang engkau biarkan minum ketika kehausan.”

💌 Kisah yang akhirnya masuk dalam kitabnya yang berjudul Ihya’ Ulumuddin itu mengajarkan hikmah kepada kita bahwa amal yang kecil mampu mendatangkan keridhoan Allaah kepada kita, walau sekedar membiarkan lalat minum, atau memberikan minum hewan yang lapar dan kehausan seperti kisah wanita pelacur yang masuk syurga sebab memberi minum seekor anjing yang kehausan. Sungguh amalan yang sedikit tapi istiqomah lebih dicintai dari amalan yang banyak namun tidak istiqomah..

وﷲ اعلم بالصواب .

Semoga bermanfaat 🌹

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
*🕌 Majelis Ta'lim Nisa Daar Al-Khairat*
📲 Instagram : https://www.instagram.com/daar_alkhairat
📲 Telegram : https://t.me/mtnisadaaralkhairat

Madah Qolbu❣️Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang