Kekurangan Orang Jenius💖

1.5K 402 65
                                    

Disini aku bakal menyebutkan, kekurangan-kekurangan yang mungkin dimiliki oleh orang jenius.
[Jenius dari lahir sama jenius rajin (pintar) beda, yak. Intinya ber-IQ tinggi.]

🌼
🌼
🌼

Kemalasan;

Beberapa dari mereka tidak memiliki EQ yang tinggi;

Perfeksionis;

Pemalu;

Mudah merasa bosan;

Mereka cenderung terisolasi;

Overthinking;

[Semua orang bisa overthingking, tapi buat si jenius ini frekuensinya lebih sering.]

Mereka kadang terlalu sensitif;

Terlalu banyak minat dan hasrat;

Tidak ada orang yang benar-benar memahami mereka;

[Beberapa orang nganggep mereka aneh, apalagi yang jeniusnya level einsten.]

Mereka selalu merasa kesepian.

______🧠🧠🧠______

Kalau dari pengamatan ku, pas di sekolah, ya. Orang yang cenderung jenius (IQnya lebih tinggi dari yang lain) kan mereka tuh kalo dijelasin sama guru, apalagi kalo matematika. Sekali guru ngomong, seringkali langsung paham tuh. Bahkan ada yg baru liat rumus / tulisan aja udah nyantol.

Mereka itu terbiasa untuk tidak bekerja keras untuk memahami sesuatu. Makanya mereka tuh jadi males buat fokus / tekun pada sesuatu dlm jangka waktu yang lama. Ya mereka mungkin secara sadar atau gak sadar mikir "Buat apa, anjir gue belajar lagi? Gue udah paham! Bosen!" Apalagi yang emang dasarnya males belajar. Wkwk.
Ya, memang mereka udah paham, tapi kebanyakan mereka jadi kurang teliti karena ngerasa udah bener.

Beda lagi kalo orang yang IQnya lebih sedikit dari si jenius. Mereka kadang butuh waktu / dijelasin lebih dari sekali untuk memahami sesuatu. Jadi upaya mereka jadi lebih gede. Kayak sampe dicatet, ngulang-ngulang belajar dan kalo ngerjain soal banyak di review ulang. Kebanyakan dari mereka rajin trus teliti banget. Jadi IQ nggak sepenuhnya jadi penentu nilai, tapi ketekunan juga.

So jangan heran kalau ada anak yang pas dikelas peringkatnya b aja. Eh, pas UN nilainya bisa jadi lebih tinggi dari yang dulu peringkat di atasnya. Soalnya si anak yg biasa males itu, was wasnya pas UN aja wkwk.

Bagus lagi, kalo udah cerdas trus rajin, tekun, telaten. Waduh, anak olimp itu mah. Biasanya orang tuanya / lingkungannya suportif banget, tipe-tipe menomorsatukan pendidikan. Apalagi yg duitnya banyak, bakal bimbel kemana² tuh. Mau sekolah kemana, ayo aja! Lingkungan sama motivasi individunya itu ngambil andil besar banget, sih buat kesuksesan.

Salut, tuh sama yang dari kalangan kurang mampu. Tapi dia bisa memotivasi dirinya buat maju. Apalagi yang ortunya gak dukung, tapi dia sukses. Aduh, keren banget, sih itu.

Dan dari sini aku nyimpulin. IQ itu bukan suatu hal yang bisa terlalu dibanggain. Karena itu udah pemberian lahir dari Tuhan. Seberapa besar usaha kita itu lah, yang lebih patut bikin kita bangga. Dan jangan lupa juga berterimakasih sama Tuhan dan orang-orang yang dukung kita, karena tanpa mereka mungkin kita gak akan sampai ke posisi sukses itu.

Sab, 27 Maret 2021

99 FAKTA PSIKOLOGI Where stories live. Discover now