10. Kisah Untuk Kasih
"Cinta seorang pria dapat dilihat dari tempramentalnya. Cinta seorang wanita dapat dilihat dari prilakunya."
- Because Invisible
ABIL menghel nafas setelah pasien yang berjumlah satu keluarga itu keluar dari ruangannya. Tugas yang dijalankan oleh seorang psikolog dirumah sakit dapat berbeda-beda tergantung tempat dimana ia bekerja. Secara umum, tugas psikolog dirumah sakit terkait pada tiga hal yaitu memberikan layanan konseling, asesmen atau psikotes, dan psikoterapi.
Konseling adalah layanan intervensi berupa interaksi tatap muka dengan tujuan memperbaiki kualitas hidup klien dan meningkatkan daya juang pasien dalam mengatasi masalah yang menurunkan kualitas hidupnya.
Bentuk konseling yang dilakukan antara lain seperti konseling individu, konseling keluarga, konseling masalah pernikahan, konseling masalah perkembangan anak dan remaja, konseling masalah traumatis, dan konseling penyimpangan seksual. Seperti kasus dalam masalah yang diderita satu keluarga tadi, begitu miris, namun sikap yang sudah diambil sudah termasuk tindakan yang patut diacungi jempol karena telah mengambil satu langkah lebih baik dari sebelumnya.
Untuk melakukan konseling, klien biasanya perlu melakukan janji temu terlebih dahulu dengan psikolog, untuk memeriksa kesediaan waktu psikolog tersebut. Sedangkan asesmen atau disebut sebagai psikotes adalah bentuk layanan yang diberikan psikolog dalam
menelusuri minat bakat, intelegensi, dan res-tes lain yang disesuaikan dengan kebutuhan klien. Sama seperti konseling tes ini dapat dilakukan secara individu ataupun berkelompok sesuai dengan kebutuhan klien.Bentuk asesmen yang diberikan berupa tes minat bakat dan bimbingan karir, tes masuk dan penjurusan SMA atau kuliah, psikotes kepribadian untuk pekerjaan, psikotes profil kepribadian untuk kesehatan, tes seleksi penempatan calon pegawai, tes klinis anak remaja, dan tes kepribadian.
Sedangkan psikoterapi adalah salah satu metode yang digunakan psikolog dalam menangani masalah-masalah kejiwaan seperti depresi, stres berat, gangguan kecemasan, dan lainnya. Selain masalah kejiwaan psikoterapi dapat diberikan pada pasien yang mengalami masalah kecanduan alkohol, game, sampai pornografi.
Psikoterapi biasanya dapat dilakukan secara individu maupun berkelompok dan jenisnyapun akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu, sehingga perlu bagi klien untuk melakukan sesi konsultasi terlebih dahulu dengan psikolog sebelum melakukan sesi psikoterapi. Adapun bentuk psiko terapi yang diberikan oleh psikolog dirumahsakit antara lain yaitu terapi perilaku kognitif, terapi psikoanalitik dan psikodinamik, terapi interpersonal, terapi keluarga, hipnoterapi, dan kebutuhan psikolog dirumah sakit.
Meihat ada banyaknya peran dan tugas yang diemban oleh psikolog rumah sakit, bukan tidak mungkin jika kebutuhan psikolog semakin hari akan semakin meningkat. Maka dari situ tidak heran dan begitu wajar jika seorang pria yang tengah menenteng jas putih juga kunci mobil yang baru saja ia raih tersebut berjalan terbirit-birit seperti dikejar setan, jadwal konseling bersama klien yang sudah menumpuk sejak pagi tadi, beberapa map dan berkas-berkas perusahaan yang sudah menumpuk agar segera mendapat tanda tangan, juga penambahan jadwal sebagai Guru BK pada salah satu SMA Swasta yang membuat jadwal pria berusia duapuluh empat tahun itu semakin menjadi padat dan tidak terkendali.
Bahkan tidak jarang Abil kelimpungan mengatur jadwal yang sering bertabrakan sana sini hingga lupa akan namanya makan apalagi menjaga sebua kesehatan.
KAMU SEDANG MEMBACA
KHAIRA
Teen FictionJika semua orang mengira bahwa sebuah kehidupan itu adalah hal terkejam dalam dirinya, maka semua itu adalah sebuah kesalahan terbesar. Berusaha, ber-do'a, dan berserah diri hanyalah tugas manusia sebagai seorang hamba pada Tuhan-nya. Seperti kehidu...