Perpustakaan

6.9K 509 4
                                    


"Nih jadi gini, tadi kan gue sendirian di perpus soalnya bapak-bapak yang jagain perpus mau sholat jum'at kan. Oke gapapa gue jagain sendiri, nah waktu gue lagi enak enak liat tampang-tampang kaka kelas angkatan 2001 di buku tahunan itu eeeeeeh ada bunyi tok-tok-tok kaya bola kasti di pantul-pantulin gitu dan itu bunyinya nyaring. Ga mungkin gue mengkhayal. Suaranya dateng dari pojokkan sebelah kanan gue. Gue takut dong, tapi gue paksain doa-doa ga jelas dalem hati sambil berharap ga ngeliat apa apa. Coba banget buat fokus ke buku tahunan itu tapi ga bisa fokus, yaiyalah bacanya berasa ada yang nemenin. Pas pikiran ngawang ngawang kemana mana, tiba tiba ada bunyi pintu *glek* jantung gue rasanya mau copot. Tapi gue paksain buat nengok ke belakang. Waktu gue nengok, ternyata kaka kelas gue ngajakkin gue buat ngumpul rohis gue bersyukur bukan setan hahahah. Saking takutnya gue buat ninggalin perpus karna udah diamanatin, gue sampe bilang 'Udah kaa, rohisnya disini aja. Di sini sepi gaada orang.' Muka-muka melas bercampur takut ditinggal sendiri lagi. Dengan sangat sangat menyesal gue dengernya kaka kelas gue jawab 'Yah, iya si disini enak ya.. Tapi ada banyak alumni-alumni yang dateng ga enak kalo nyuruh mereka ke sini.' Lah gue bisa bilang apa? Masa iya gue mau maksa, siapa gue coba? Karena gue wanita pemberani, gue telen saliva gue dengan susah payah seraya gue berkata 'Yaah, maaf ya ka aku gabisa ninggalin perpus.' Padahal kepengen banget buat kabur 'Yah, yaudah deh.. Daah.' Terus pintu ketutup lagi kan. Daaan yang kali ini, suara decittan bangku cit-cit-cit percis.. Percis di depan muka gue. Bunyinya dari bangku depan gue, bener bener dari bangku depan gue Na.. Gue mau berdiri aja rasanya lemes, susah. Mati rasa, detik itu juga. Sumpaah.. Gue nunduk, gue merem.. Gue doa doa ga jelas berharap bapaknya cepet-cepet ke atas dan naek."

Afifa menyelesaikan ceritanya dengan tatapan horornya kearahku. Aku mendengarkannya tapi tidak terlalu fokus karena pikiranku bercabang saat Afifa mengatakan bahwa ia melihat buku tahunan 2001, itu artinya buku tahunan 15 tahun yang lalu. Mungkinkah Ada seseorang yang bernama Eldinar Citra di buku tahunan itu? Kurasa aku harus memastikannya nanti.

"Na, lo dengerin gue gak sih?" Aku tersentak karena pertanyaannya

"Eh? Iya gue denger kok hehehe.. tadi lo liat buku tahunan 2001 Fa?"

"Iya, kenapa emang?"

"Emang di perpus buku angkatannya dari tahun berapa?"

"Dari angkatan 2000 ada."

"Oh gitu ya.. yaudah gausah dipikirin lagi kejadian yang tadi. Anggap aja kejadian tadi ga pernah terjadi."

"Ngomong mah enak, mau ga dipikirin juga tetep aja kepikiran." Gerutunya, memang benar sih hahaha..

"Hahaha.. yaudah anggep aja salam perkenalan dari 'mereka' hahahaha.."

"Ya Allah Na.. ogah gue diajak kenalan. Gue rasa tadi penghuni-penghuni toilet sama perpus lagi pada maen kali ya?"

"Ngaco aja lo."

"Siapa tau gitu, kan toilet sama bagian pojok perpus nempel gitu bisa aja 'mereka' lagi ngumpul bareng hahaha.." Ohh.. toilet sama perpus nempel. Pantesan...

"Sembarang aja lo. Yaudah ya gue balik lagi kasian Nita alone hahaha.."

"Sip."

Aku pun kembali ke bangkuku, aku rasa aku harus memberitahukan ini kepada Deo dan Nita. Aku membalikkan badanku ke belakang dan memanggil Deo kemudian aku juga memanggil Nita.

"Tadi Afifa abis cerita sama gue, katanya dia diganggu gitu waktu di perpus. Tapi yang penting bukan itu, Afifa bilang waktu dia diganggu dia lagi ngeliat-ngeliat buku tahunan angkatan 2001."

"2001? 15 tahun yang lalu kan?"

"Nah itu dia, mungkin gasih ada petunjuk apa gitu di buku tahunan itu? Tentang Eldinar Citra misalnya?"

TOILET LANTAI 2 (COMPLETED)Where stories live. Discover now