Interview with Bellawrites

3.4K 266 4
                                    

Hello, Yochoco wawancara lagi nih dengan penulis yang berbeda tentunya. Tau buku Revan dan Reina? Pasti tahu dong.

Penulis yang bernama lengkap Christa Bella Septarisanty asal bandar Lampung ini lahir pada 21 September 1996, Nama Wp : bellawrites dan memiliki follower 65,1ribu

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Penulis yang bernama lengkap Christa Bella Septarisanty asal bandar Lampung ini lahir pada 21 September 1996, Nama Wp : bellawrites dan memiliki follower 65,1ribu.

Yuk langsung kepoin aja

Y : Yochoco
B : Bella

•••••

Y : Kak Bella, mulai menulis dari kapan?

B : Aku udah mulai nulis dari kelas 6 SD, sih. Tapi kalo untuk aktif menulis sampai menyelesaikan sebuah cerita, itu mulai tahun 2013.

Y : Kalo cerita Revan & Reina itu dapet inspirasi dari mana kak? Ceritanya lucu, konyol abis wkwk.

B : Thanks ya udah baca! Wujud awal Revan & Reina itu sebenernya adalah cerita pendek yang aku kembangin jadi sebuah novel dengan plot tambahan. Aku pengen aja buat cerita tentang dua orang yang pacaran dan sama-sama percaya akan masing-masing. Dan, hubungan mereka juga enjoy aja gitu kayak temenan biasa haha.

Y : Oke, next. Kak Bella pernah ngalamin stuck atau WB? Nah gimana cara Kak Bella ngatasinnya?

B : Writer's Block? Wah, nggak perlu ditanya lagi itu, sih. Sering banget. Kayak misalnya aku sebenernya pengin banget nulis dan kerangka cerita pun udah ada, tapi rasanya nggak bisa nulis satu kata pun. Kadang juga emang aku lagi males aja untuk nulis, dan hal tersebut bisa berlangsung selama berminggu-minggu. Menurutku, cara terbaik kita emang sebaiknya nggak nulis dulu untuk beberapa saat. Refreshing dulu. Cari inspirasi dengan jalan-jalan dan mengamati keadaan sekitar yang bisa dijadikan bahan untuk tulisan kita atau nonton film, dengerin musik, dan tidur haha.

Y : Wkwk, tips bagus dari Kak Bella nih. Next, suka duka Kak Bella selama menulis di wattpad?

B : Awal aku kenal wattpad dan menulis di sana itu sekitar awal Oktober 2012. Dulu, aku emang penulis fanfiction juga di fanbase Twitter via Twitlonger, lalu ada pembaca yang menyarankan situs Wattpad. Waktu tahun 2012, masih sangat sedikit pembaca yang tahu tulisan aku di Wattpad, kecuali pembaca-pembaca fanfiction-ku. Wattpad juga masih sepi banget dulu, nggak kayak sekarang. Pokoknya mau dapet 1 vote di cerita kita pun butuh waktu berminggu-minggu. Silent readers juga bertebaran di sana karena emang 4 tahun yang lalu apresiasi pembaca Wattpad terhadap tulisan yang mereka baca itu sangat rendah. Sekali lagi, beda sama sekarang, ya. Kayaknya, mayoritas remaja Indonesia sekarang banyak yang baca-baca buku di Wattpad sebab mudah di akses dan gratis, which is a good thing, karena bisa meningkatkan minat baca mereka. Saranku, sih, jangan lupa berikan feedback kepada penulisnya hehe.
Banyak hal positif juga yang aku dapatkan dari Wattpad. Pembaca Wattpad itu baratnya first reader aku, yang tahu bagaimana perjalanan aku menulis dari awal hingga sekarang. Mereka juga sering kasih semangat aku menulis dan mereka juga sering bantu mengoreksi tulisanku. Komentar-komentar mereka juga moodbooster banget!

Y : Panjang wkwk. Kak Bella semangat nih. Oke, berikutnya, penulis favorit Kak Bella siapa, Kak?

B : Penulis favoritku ada lumayan banyak, nih. Ilana Tan, Winna Efendi, Ika Natassa, Tere Liye, Pidi Baiq, JK Rowling, dan Gillian Flynn.

Y : Ok. Kak, yang Revan & Reina itu di tawarin sama penerbit atau ngajuin ke penerbit?

B : Untuk naskah Revan & Reina, aku pertama kali diajak Penerbit Ikon untuk kerjasama dan buat novel bareng. Sejujurnya, sebelum itu juga belum sempet kepikiran untuk kirim naskahnya ke penerbit dan menerbitkan Revan & Reina dalam versi cetak, sih. Tapi, aku pikir-pikir lagi, kenapa enggak? Kalau nggak dimulai sekarang, mau kapan lagi? Hitung-hitung sebagai pembelajaran buat kedepannya. Proses revisi, edit, dsb juga membutuhkan waktu yang cukup lama, mulai dari bulan Februari-Mei 2016. Dan, itu juga sempet di pending selama satu bulan karena ada proyek lain yang penerbit harus kerjakan.

Y : Wah, lama juga ya. Kak, Revan & Reina dapet pembaca bejibun itu butuh waktu berapa lama?

B : Wah, aku nggak inget kapan awal mula pembaca Revan & Reina mulai berdatangan. Tapi, mungkin menurutku, karena tokoh karakter Revan & Reina itu unik, fresh, dan relatable, maka dari itu banyak yang suka baca cerita tentang mereka. Lalu, para pembaca tersebut juga share ke teman-teman mereka yang lain seperti siklus yang nggak ada ujungnya dan maka dari itulah Revan & Reina jadi disukai banyak orang haha.

Y : Ceritanya emang bagus sih ya, aku juga suka wkwk. Kak Bella, kasih pesan-pesan dong buat penulis- penulis baru.

B : Tetapkan target pembaca kamu itu siapa; anak-anak, remaja, atau orang dewasa. Selalu buat konten cerita sesuai terget pembaca kamu tersebut. Lalu, tulis sebuah cerita yang kamu suka (ini penting, karena itu akan mempengaruhi mood kamu saat menulis) dan jangan pernah berhenti menulis hanya karena orang lain nggak suka sama tulisan kamu. Sebab, selalu lihat suatu hal melalui dua sisi. Kenapa mereka nggak suka? Mungkib, selera baca mereka berbeda. Atau, apa ada yang salah dengan cerita kamu? Coba tempatkan diri kamu sebagai pembaca, bukan penulis, dan nilai karya kamu sendiri. Jika memang belum baik, perbaikilah. Jangan pernah puas akan apa yang telah kamu capai. Teruslah belajar untuk menulis lebih baik lagi. Perbanyak baca buku, dan selalu percaya diri dengan diri kamu sendiri. Semangat berkarya!

Y : Mantap Kak, terima kasih banget sarannya. Terima kasih juga sudah menyempatkan waktunya buat wawancara. Semoga Kak Bella makin sukses. Semangat!

•••••

Gimana gengs? Great advice from Christa Bella, jangan lupa diinget-inget tuh wkwk. Oke, sekian dari Yochoco. Bye.

Salam

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Salam

EWC

Interview Penulis Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang