Interview with Nabilla Azarine

1.2K 79 12
                                    

Hello Ecrivainers!!

Red Velvet muncul dengan wawancara bersama Nabilla Azarine, penulis 'Kemeja Flanel Rian' yang sebentar lagi akan diterbitkan loh, kabar2nya sih akhir Agustus. Nabilla atau yang biasa dipanggil Billa lahir di Tangerang, 22 Juni 2001 dengan Wpnya billaza yang sudah memiliki 35 ribu pengikut..

 Nabilla atau yang biasa dipanggil Billa lahir di Tangerang, 22 Juni 2001 dengan Wpnya billaza  yang sudah memiliki 35 ribu pengikut

Oops! Ang larawang ito ay hindi sumusunod sa aming mga alituntunin sa nilalaman. Upang magpatuloy sa pag-publish, subukan itong alisin o mag-upload ng bago.

Udh pada gk sabar, kan?
Ayo kita mulai wawancaranya!

Ket:
R : Red Velvet
B : Billa

***

R : Hai, Billa... Aku mau tanya-tanya soal kepenulisan nih. Kamu lagi sibuk, nggak?

B : Iya, tanya aja. Enggak sibuk kok.

R : Billa, baik banget deh.. Hehehe

B : Hahaha, nggak kok, biasa aja..

R : Billa msh muda bgt ternyata ya.. Dan udh punya buku.. Apalah dayaku ini..

B : Hahaha.. Tak apalah, orang punya rejeki masing2..

R : Iya ya.. Billa, mulai dr kapan aktif di wp dan kenal darimana?

B : Aku buat akunnya akhir 2013, tapi baru nulis dan aktif pas udah 2014 gitu, sih..
Kenal dari temen wehehe. Waktu itu dia baca fanfic di wattpad terus kutanya itu aplikasi apa? Terus dia bilang wattpad, bisa vote comment dll, banyak buku dan bisa bikin buku sendiri. Aku langsung tertarik, pulangnya ku download wkwk

R : Udah lumayan lama juga ya.. Berarti waktu masih SMP, kan? Billa seneng baca jg ya?

B : Iya, kelas 1 SMP.. Hehehe
Iyaa, seneng baca seneng nulis. Banyak sih yg aku senengin, tapi sekalinya males, males semuanya. Hahaha

R : Sama aku juga, tergantung mood.. Hahaha.. Ada cita-cita jadi penulis jg ya, bill?

B : Nggak juga sih, cuma seneng aja nulis haha lebih ke hobi sih daripada cita-cita 😂

R : Cita2 billa apa emangnya?
Kepo nih.. wkwkwk

B : Apa ya haha pengennya sih yang berhubungan sama gambar-gambar dan desain gitu, entah desain grafis, arsitek, pokoknya yang gitu-gitu wehehe..

R : Billa pintar gambar sm desain berarti y? Oh iya bill, dpt ide drmana buat smua cerita2 kamu?

B : Aku seneng gambar sama desain tapi gambaranku gak bagus jadi ya gitu.
Aku sih biasanya kalo bikin cerita kan mikirin judul dulu, nah kalo pas KFR waktu itu aku nemu gambar ilustrasi ucul cowok pake kemeja biru gitu. Terus aku iseng tambahin aksesori kacamata di matanya dia, eh kok lucu gitu, trus aku mikirin judul eh tiba-tiba terlintas KFR aja gitu. Hahaha

R : Lucu jg ya awal ketemunya cerita KFR.. Oh iya, cerita KFR gimana awalnya biar bisa diterbitin?

B : Kan awalnya dicontact sama penerbit, mereka tertarik nerbitin 'Nerdiola'. Terus aku bilang KFR aja, soalnya Nerdiola absurd gitu kan. Terus katanya yaudah KFR juga diterbitin tapi Nerdiola yang paling penting. Yaudahlah. Aku setujui kan. Eh terusnya tiba-tiba dibilang kalo peminat KFR jauh lebih banyak jadi KFR duluan hahahaha gituu

R : Wah, berarti nerdiolla jg bakal dibuat bukunya ya?

B : Iya, hehe. Doain aja yaa..

R : Sipp, pasti didoain, Bill. Apa aja nih suka duka selama jd penulis di wp, Bill?

B : Dukanya banyak, cuma banyakan sukanya sih wkwk. Sukanya itu kalo tiap kita nulis, kita ngerasa lega dan bahagia karena udah bisa bikin orang-orang seneng, dan kitanya juga seneng. Belom lagi kalo dapet komen yang nyenengin, itu the best bangetlah. Dukanya ya kalo ada yang komen jahat, atau ada yang nagih-nagih update di saat kita lagi bener-bener stuck sampe otak kayak udah panas. Bawaannya pasti pengen emosi aja wkwk. Terus sukanya lagi bisa punya banyak temen, contohnya kamu wehehe.

R : Aissh, seneng bgt aku digombalin billa nih.. Wkwkwk Ada komen jahat jg ya, bill? Parah bgt tuh reader..

B : Iyaa, kalo gaada komen jahat ya biasanya tiap ada typo dikit apa gimana langsung dipermasalahin banget gitu. Kayak gak demen banget haha, kan beda yg ngasitau sama yg ngejudge gitu.

R : Iya sih, Bill. Billa pernah stuck atau wb jg ya berarti. Cara ngatasinnya gimana, Bill?

B : Kalo lagi stuck sih aku biasanya berhenti nulis. Biasanya juga off dulu dari sosmed-sosmed. Baru deh, kalo otak udah jernih, baca ulang beberapa part terakhir bukunya, baca komen, terus coba ngetik lagi hehe..

R : Bisa dicoba tuh. Bill, kalo penulis favorit kamu siapa? Di wp ato novel asli..

B : Umm kalo di wattpad sih aku gak ada yang terlalu suka banget sih, standar aja tergantung kebagusan bukunya wkwk. Kalo novel asli aku suka Enid Blyton, Pidi Baiq, dll wkwk banyak sih yg aku suka :v

R : Ak cuman suka Harry Potter kalo novel luar.. Hihihi
Billa suka buat cerita teenfiction aja ato genre lain jg?

B : Aku sukaa teenfiction wkwk.. Aku bisanya itu doang soalnya wkwk.. Paling pake bumbu2 misteri/adventure dikit sama komedi, tapi konflik utamanya teenfic :D

R : Spesialis teenfic brarti ya..
hehehe.. Eh, billa ada tips gk buat para penulis pemula kayak aku gini?

B : Wakakka iyaa..
Apa ya? yah yang jelas semuanya butuh proses. Terus untuk meningkatkan kualitas tulisan kita, kita harus sering-sering baca dan sering-sering nulis juga haha. Terus jangan cepet down kalo liat ada orang yang komen jelek. Biasanya aku kalo dikasi komen yang jahat aku bakalan langsung baca komen-komen yang lucu-lucu lain wekekeke. Terus juga jangan terburu2, misalnya janji update tiap hari, tapi hari ini kena writer block, jangan dipaksain. syukur kalo targetnya tercapai, tapi kalo engga ya gausah dipaksa karena hasilnya nanti gak maksimal wehehe..

R : Trakhir nih, ada tips dari Billa agar cerita kt banyak yg baca, nggak?

B : Umm, gatau sih kalo soal banyak baca. Kalo menurut aku, bikin cover yang unyu-unyu karena orang zaman sekarang lebih sering judge a book by its cover-and blurb. Jadi selain cover, bikin blurb yang menarik pembaca buat mau buka bukunya wkwk. Oh, judulnya juga yang eyecatching dan gampang disebut.

R : Wah, tipsnya keren deh.. Makasih banyak ya Billa, udh mw aku tanya-tanyain.. Smoga sukses selalu buat cita dan cintanya. Bukunya jg laris manis di pasaran..

B : Oke, sama2. Makasi jg buat doa dan semangatnyaa hehe..

***

Panjang jg ya wawancaranya. Hehehe Oh iya, Billa akan diundang ke EWC tanggal 22 September 2016. Yuk, yang mau ketemu di grup bisa komen di kolom OA EWC.

~Red Velvet~

Interview Penulis Tahanan ng mga kuwento. Tumuklas ngayon