Interview With Iffah Ariqoh

994 68 2
                                    

Hai Ecrivainers~

Perkenalkan namaku Fuschia. Aku baru selesai mewawancarai Kak Iffah Ariqoh.. Pada tau gak? Itu lho penulis 'Caramel Macchiato'!! Kuy kita liat bionya sebelum liat hasil wawancara!

Nama : Iffah Ariqoh
TTL : Magelang, 20 Agustus 1998
Wpd : ariqohf
Motto hidup: Istirahat karena sudah selesai, bukan karena sudah lelah.

Nama : Iffah AriqohTTL     : Magelang, 20 Agustus 1998Wpd   : ariqohf     Motto hidup: Istirahat karena sudah selesai, bukan karena sudah lelah

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Okey!! Cekidot
👇👇👇

•••••

F : Hai Kak Iffah!😘 Kenalin aku Fuschia selaku admin di Ecrivain Writers Club. Aku boleh minta waktunya sebentar untuk wawancara? Terima kasih sebelumnya.

I : Halo.. Boleh, boleh.

F : Biar enak aku manggilnya apa nih??

I : Iffah aja lah, lebih enak...

F : Kak If dulu kenal wattpad dari mana?

I : Gue kenal wattpad dari temen. Temennya siapa? Namanya Adriani, dia temen dr TK wkwkwk😂😂

F : Ceritain dong dari awal sampe kakak bisa sampe nulis cerita?

I : 😂😂😂😂 Awalnya aku cuma tertarik karena pas itu kelas 10 dan aku kurang banget hiburan so aku langsung bikin deh akun wattpad dan niatnya emang cuma baca-baca doang. Tapi abis baca cerita-cerita gitu, aku jadi tertarik buat bikin cerita juga. Akhirnya dengan ide sesaat, aku bikin cerita judulnya
Reunion. Ngga ada yang vote sama sekali. Ya tapi ga pernah envy juga liat cerita lain yg votenya sampe beribu ribu, cuma mikir "alah orang iseng iseng doang" atau enggak "berarti cerita gue ngabal" 😂😂 terus bikin cerita kedua, pake ide sesaat lalu hilang lagi😂😂😂 Akhirnya ga selesai sampe sekarang gara gara males ngelanjutinnya. Terus gue bikin lagi, kali ini karena gue dapet mimpi buruk atau yang gue sebut sampe sekarang itu hidayah. Kenapa? Karena mimpi buruk gue yang satu itu udah membuat gue jadi kayak sekarang. Nah, hidayah itu gue tuangin ke karya tulis namanya Caramel Macchiato. Gue garap bener bener, gue hold semua cerita yang dulu dulu demi ngerampungin CM, setiap jam kosong pelajaran pasti gue sambi nulis, gue konsultasi sama temen temen tentang feel dalam ceritanya, menurut mereka ngena apa enggak. Gitu deh. Akhirnya gue post setelah selesai sampai epilog😂😂 Tapi entah kenapa ya gue punya kekuatan dan keyakinan kalo CM bakal laku dibaca orang😂😂😂😂 Sumpah deh ini, I don't feel that when I write another story😂 Akhirnya ya bener aja cerita gue laku pas di chapter 4 atau berapa ya, lupa😄😄😄 tapi ya gitu, seneng bgt dan feel blessed juga...

F : Wow it's a long journey, Ka Iffah😯! Terus pernah ngerasaain writer's block dan down gitu, gimana sih cara ngatasinnya? Ada tips kah??

I : Sering bgt writer's block cuma yaudah aku diemin aja sampe ada ide lagi hahahaha. Kalo novelnya romance ya drama korea yang paling ampuh bgt😂😂 Kalo thriller nonton film thriller, ya gitu tapi aku sih diemin aja sampe tiba tiba ada ide😂😂 Makanya kalo nulis suka sampe lama banget.

F : Jadi intinya dapet inspirasi dari nonton film, begitu kah?

I : Iyaaa!! Drama korea btw!!💖💖

F : Terus yang Caramel Macchiato itu ceritanya gimana sampe bisa diterbitin? Ngajuin atau ditawarin penerbit?

I : Aku ditawarin penerbit sih, karena dari dulu tidak tertarik namun berkat kesungguhan editornya aku jadi semangat juga buat nerbitin hahahahaha.

F : Ada tips kepenulisan gak untuk para pemula??

I : Yang pertama itu kalo kalian mau ngepost di wattpad, pastikan kamu udah selesain ceritanya sampe epilog. Soalnya kalo engga, bingung.
Yang kedua, selalu terbuka sama kritikan orang. Selalu mengajak orang orang untuk membaca dan mengkritik cerita. Biar ceritamu lebih baik lagi
Yang ketiga selalu baca buku, buku apapun. Selagi baca, teliti tanda baca sama kepenulisannya. Efektif atau enggak, bagus atau enggak. Atau baca buku sastra, gitu gitu deh.
Yang keempat, kalo kamu ambisi banget mau nerbitin buku, mending baca ulang bukumu dan bandingkan sama buku orang lain yang sudah sukses. Sudah baguskah kepenulisan kamu? Sudah baguskah alurnya? Sudah dapat blm feel dari ceritanya?
Yang kelima, selalu revisi. Ini penting bgt sih karena pertambahan umur, otomatis pertambahan ilmu juga dong (kecuali kamu baca hal yang ga penting atau kamu gak bisa baca)😂😂😂
Yg keenam, pastikan kalo ceritamu itu layak dibaca orang banyak.
Itu aja sih kalau dari aku.

F : Pastikan ada readers yang ga suka sm cerita Caramel Macchiato, down ga sih dengerin kritikan mereka? Cara mengatasinya gimana?

I : Down lah, pasti. Apalagi sama kritikan yang nggak ngebangun sama sekali, yang tujuannya cuma bikin kita down doang. Kritik-kritik gitu biasanya aku masukin ke dalam pikiran, terus aku baca lagi, kalo bener-bener salahku ya aku coba benerin ya. Tapi aku bener bener tutup kuping sama orang yang niatnya cuma ngejatuhin aja😂😂 jelek sih emang habitku, tapi yagapapalah. I better choose someone with the good vibes around, jadi akunya ikutan kena good vibes nya dia.

F : Thankyou ya ka Iffah udah mau luangin waktunya untuk kita. Sukses terus ya kaa😘

•••••

Hohoho.. Gimana? Kerenkan!
Oiya! Ka Iffah juga mau main ke EWC pada tanggal 10 september 2016..

See ya!

-Fuschia-

Interview Penulis Where stories live. Discover now