BTS "Listen To My Heartbeat" dan Novel Gratis

43.5K 1.9K 420
                                    

Setelah selama 6 bulan menulis kisah ini, akhirnya selesai juga untuk season pertama.

Terima kasih pada teman-teman yang sudah berkenan membaca ceritaku ini. Setelah aku baca kesan-kesan teman-teman, sangat beragam. Ada yang suka sejak awal, ada yang awalnya nggak tertarik lalu penasaran dan akhirnya tertarik. Tapi aku senang umumnya pesan yang aku sisipkan dapat ditangkap pembaca kisah ini.

Aku memang ingin membuat kisah remaja SMA, usia mereka masih tujuh belas jalan delapan belas. Dalam tulisanku ini aku menghindari kata-kata kasar. Semua kata aku pilih yang baik, karena aku ingin memberi contoh kepada pembaca remaja. Supaya tetap menjaga sikap sopan dan santun. Tidak ada kata makian, kalau pun untuk menunjukkan ekspresi kesal, tidak perlu menggunakan kata-kata kasar.

Behind The Scene (BTS) "Listen To My Heartbeat"

Bagaimana aku bisa ikut Belia Writing Marathon?

Awalnya kenapa aku bisa terlibat menulis di belia writing marathon, karena aku dihubungi Bentang Pustaka, ditawarkan untuk bergabung dengan 10 penulis lain yang mereka pilih, menulis bersama cerita remaja, marathon selama 6 bulan.

Ini pertama kalinya aku menulis di wattpad. Sebelumnya, aku penulis novel dan nggak berminat menulis di wattpad. Tapi program-program yang ditawarkan Bentang Pustaka membuatku tertarik dan mau menerima tantangan ini.

Dari mana ide cerita ini?

Aku pun mulai mencari ide cerita apa yang mau kutulis. Dulu, aku memang penulis cerpen remaja. Sumber idenya, dari pengalamanku masa SMA.

Maka, aku memulai kisah ini dari kecurangan yang pernah aku lakukan saat SMA dulu. Ya, kecurangan yang dilakukan Trinity, Zaki and the gang persis dengan kecurangan yang pernah kulakukan dulu. Aku punya teman yang terkenal badung, namanya Zaki. Hari itu dia nggak masuk sekolah, dia malah membawa mobil dan bantuin teman-teman segengnya yang sedang ujian lari. Kebetulan aku ada di dekat mereka. Aku pun diajak dan aku mau.

Ya, jadi awal kisah ini terinspirasi kisah nyata yang pernah kualami sendiri. Tokoh bernama Zaki beneran ada. Tapi tentu saja Zaki di LTMHB jauuuuh lebih keren daripada temanku itu, hihihi.

Lalu dari mana inspirasi tokoh Neo? Lagi-lagi dari teman sekelasku juga. Teman-teman nggak percaya ada anak yang kalau bicara dengan bahasa baku? Beneran ada lho. Ya temanku itu. Dia murid baru pindahan dari Jambi. Karena orang daerah, cara bicaranya tentu beda banget dengan anak Jakarta. Dia nggak pernah bilang lo gue, satu-satunya di kelas yang bilang aku kamu. Dia cerdas banget, anak baru tapi bisa juara kelas. Dari daerah pula. Duh. Tapi tentu saja karakter Neo dalam LTMHB aku poles lagi jadi jauuh lebih sempurna dari temanku itu.

Asal nama NEO dan TRINITY

Dari mana asal nama Neo dan Trinity? Asalnya dari film THE MATRIX, film favoritku yang diperankan aktor favoritku. Karakter utamanya bernama Neo dan Trinity. Mereka ditakdirkan berjodoh. Nah, awalnya, aku memang punya rencana nantinya Neo bakal jadi dengan Trinity, karena seperti itulah yang terjadi di film The Matrix.

Tapi aku merasakan ini adalah naskah paling aneh yang pernah kutulis. Mungkin karena baru kali ini aku menulis dalam waktu lama terus menerus. Cerita berkembang di luar kendaliku. Masing-masing karakter seolah menemukan jalannya sendiri-sendiri. Zaki makin lama makin menarik. Terlihat juga dari respons pembaca yang semakin banyak menyukai Zaki.

Hingga kemudian aku dilema. Rasa dilemaku itu masuk ke tokoh Trinity. Zaki dan Neo mendadak jadi punya daya tarik sama kuat. Aku butuh pertimbangan lama banget untuk memutuskan siapa yang akhirnya akan dipilih Trinity. Apalagi ada beberapa pembaca yang mulai berkomentar bosan membaca cerita ini karena Trinity nggak juga memutuskan. Walau aku heran, kenapa Trinity harus buru-buru memutuskan? Aku nggak ingin didikte pembaca. Biarlah cerita ini menemukan jalannya sendiri.

Listen To My Heartbeat [Sudah Terbit]Where stories live. Discover now