3 - Pernikahan Tak Beres

9.7K 635 7
                                    

"Mau ke mana kamu, Dahayu?" Giri langsung bertanya, saat melihat istrinya yang sudah bersiap-siap hendak keluar dari kamar, berdiri di depan pintu.

Giri pun menduga jika istrinya memiliki acara di luar sore ini karena Dahayu tampak mengenakan pakaian rapi, walau terkesan santai. Ia ingin tahu kemana wanita itu akan pergi. Setidaknya, kecemasan dan pikiran-pikiran buruk seperti hari-hari lalu tak perlu terulang.

Masih di ruangan yang sama, Dahayu menunjukkan reaksi atas pertanyaan Giri dengan memutar bola matanya malas. Dari awal, ia tidak menyukai sikap apa pun yang ada di dalam diri pria itu. Termasuk, keingintahuan Giri tentang kegiatan yang tengah ia ingin lakukan.

Dahayu lantas melemparkan tatapan sinis, ketika menyadari jika Giri berada tak jauh dari posisinya yang sedang berdiri, hanya sekitaran dua meter saja. Pria itu juga tampak tengah memandang ke arahnya."Apa aku perlu menjawab pertanyaan kamu itu?"

"Aku harus tahu ke mana kamu mau pergi, Da." Giri mencoba untuk memberlakukan ketegasan dalam menghadapi Dahayu.

Membiarkan wanita itu terus semena-mena hanya akan kian menciptakan hubungan yang tak baik di antara mereka. Giri pun ingin menyudahinya secara perlahan-lahan.Segala bentuk kesalahpahaman dan juga setiap masalah yang timbul karena masa lalu harus segera bisa diselesaikan, supaya tidak memicu serta menambah berlarut-larutnya perselisihan mereka.

"Apa kamu merasa takut kalau aku akan menemui orang-orang yang memegang rahasia-rahasia besarmu? Maka dari itu, kamu ingin tahu kemana aku pergi? Benar begitukah, Giri?" Dahayu berusaha memancing dengan pertanyaannya. Ia ingin mengetahui bagaimana reaksi yang akan diperlihatkan Giri.

"Aku tidak takut."

Decakan sinis keluar mudah dari mulut Dahayu, manakala mendengarkan balasan yang diucapkan suaminya tanpa keraguan tersebut. Sungguh sangat percaya diri sekali seorang Giri Darmadi Wahyu."Benarkah? Ah iya, kamu memang tidak pernah merasa takut sedikit pun bukan? Walau telah mengakibatkan Gristawan kehilangan nyawanya!"

Pembahasan yang selalu sama dari waktu ke waktu. Giri tidak bisa menemukan jawaban terbaik sampai saat ini untuk membuat Dahayu percaya. Wanita itu masih memiliki penilaian tersendiri yang sulit dipatahkan.Hingga hari dimana Gristawan meninggal pun Giri tidak sekalipun pernah menginginkan kematian dari saudara kembarnya itu. Meski semasa hidup, hubungan mereka tak luput dari pertengkaran dan pertentangan.

"Bisa kita tidak selalu berdebat, Dahayu? Aku tidak akan melarang kamu pergi. Aku cuma perlu tahu kamu mau ke mana dan dengan siapa."

Dahayu kembali memutar kedua matanya malas, bertanda ia sama sekali tak suka akan kata-kata yang dilontarkan Giri, satu pun. Ia ingin menikmati acara sore ini dengan mood yang bagus, tetapi dalam sekejap berhasil dihancurkan oleh si pembunuh itu.

"Aku bilang, kamu tidak usah repot mengurusi dan tahu apa yang ingin aku lakukan. Aku masih bisa menjaga diriku dengan baik."

"Kalaupun terjadi sesuatu diluar kendaliku nanti. Aku tidak akan menyalahkanmu. Jadi, kamu bisa tenang, Giri," lanjut Dahayu dengan nada dingin dan terkesan acuh tak acuh seperti biasanya, ketika menghadapi Giri.

"Tolong lebih dijaga perkataanmu, Dahayu. Tolong belajar sedikit saja untuk menghargaiku. Bagaimanapun juga aku adalah suamimu." Sorot mata Giri mulai menajam, sikap Dahayu semakin tidak dapat dirinya mengerti atau bahkan toleransi.

Jika terus diabaikan, maka kegagalan Giri dalam menjalankan tugas sebagai seorang kepala rumah tangga akan bertambah, selain keguguran yang telah dialami istrinya. Mengharuskan ia serta Dahayu kehilangan anak mereka. Giri merasa tak becus menjaga keluarga kecilnya.

Jeda hingga beberapa detik kedepan lantas sukses mengambil alih ketegangan yang tadi sempat tercipta di antara mereka. Tak ada yang ingin bersuara.Giri tetap menatap Dahayu dengan pancaran mata yang kembali melembut. Sedangkan, wanita itu masih berdiri di depan pintu kamar dan fokus tatapannya tertuju ke sembarang sudut yang ada di ruangan tidur mereka.

BECAUSE OF OUR SONSΌπου ζουν οι ιστορίες. Ανακάλυψε τώρα