You-Tuber

51 2 0
                                    

Jono sedang ngotak-atik laptopnya. Waginem melihat Jono sedang asyik dengan software camstudio yang barusan dia install. Software buat ngedit video itu emang keren. Jono belum bisa dapet bajakannya jadi di software-nya tertulis 'trial'. Setiap sekali dibuka akan ada tulisan 'your free trial is 21 days left, buy the license'. Tapi Jono tetep cuek aja mengotak-atik video yang mau dibuatnya.

Waginem : "Jon, kamu lagi bikin apa?"
Jono          : "Bikin Video-lah, video yang    menarik"

Waginem : "Buat apa?"
Jono          : "Ih, kamu nih generasi X ya, sekarang itu sudah masanya generasi Z, jangan kuper-kuper amat. Dari youtube kita bisa dapet duit banyak"

Waginem : "Gimana caranya?"
Jono          : "Ya, tinggal bikin video aja trus diupload ke you-tube, pastikan videomu menarik sehingga banyak orang tertarik untuk melihat. Jangan lupa setting dulu akun youtubemu ke monetized jadi nanti kalau sudah banyak yang ngelihat bisa dipasangin iklan. Trus dapet duit deh. Kalau engga salah tarifnya tiap satu kali tayang $0.0001. Jadi kalau dapet 1000 views bisa dapet $1. Kan lumayan klo dapet 10.000 views bisa dapet $10. Ya kalau dikonversi jadi 130 ribu rupiahlah"

Waginem : "O gitu, bisa ya. Tapi kog ya seribu views ini, apa engga susah itu"
Jono         : "Makanya kreativitas diperlukan untuk yang beginian"

Waginem : "Trus kamu sekarang lagi ngapain?"
Jono         : "Lagi ngakalin video biar ga kena sensor youtube"

Waginem : "Sensor gimana maksudmu?"
Jono         : "Ya kan ada aturannya, ga sembarangan video bisa di upload. Kayak kita ngeshare video drama yang barusan tayangkan ga boleh, harus pakai trik-trik tertentu biar yang bikin dramanya ga ngerasa dibajak"

Waginem: "Oiya, ajari dong, ajari"
Jono         : "Ntar dulu ah, mo nyelesaiin videoku dulu"

Waginem masih menyimpan rasa penasarannya. Pantesan Jono sering nraktir dia padahal dia kerjanya part-time di swalayan. Menurut Waginem gajinya ga banyak-banyak amat.

Mereka sedang nongkrong di cafe yang ada steker listriknya. Mereka janjian buat bawa laptop masing-masing. Jono sih hanya perlu temen nongkrong. Kan ga asyik nongkrong sendirian di cafe kayak orang ilang, sedangkan di rumah tidak mungkin bisa tenang mengerjakan. Di samping rumahnya kecil, adiknya yang bungsu sering ngegangguin ngajakin maen bola dan sepedaan.

Waginem satu-satunya temen nongkrong Jono yang ga bakalan banyak ngeganggu konsentrasinya.

Waginem melihat-lihat you-tube lalu mengamatinya. Benar juga ya, setiap yang viewer-nya banyak selalu ada iklan di depannya. Waginem sedang membuka lagu-lagu yang di cover sama band-band indie. Ternyata banyak juga youtuber kreatif di seantero negeri. Kemudian tanpa sengaja Waginem memencet video entertaiment yang ga jelas siapa penguploadnya, tapi di video itu provokatif banget, yang menyinggung SARA, dan anehnya videonya punya viewer ratusan ribu.

Waginem : "Jon, kamu engga bikin video kayak ginikan?"

Waginem menujukkan video yang barusan dia lihat.

Jono          :  "Engga, aku cuman bikin video komplilasi lagu ditambah sama liriknya aja"
Waginem : "Jangan pernah bikin video kayak gini ya Jon, meski duitnya banyak tapikan itu hasil memfitnah orang. Kamu dapet duitnya juga engga bakal berkah"

Waginem menasehati Jono sambil bersungut-sungut.

Waginem : "Nanti kamu nraktir aku ga jadi daging tapi jadi kentut aja"

Waginem cekikikian.

Jono         : "Gini-gini aku juga masih punya kode etik you-tuber lah yaw. Aku mau jadi profesional you-tuber. Kalau kamu mau, kamu bisa bikin video yang isinya mata kuliahmu. Bisa bermanfaat dan menolong banyak mahasiswa yang ga ngerti pas dijelasin dosennya"

Jono ikut nyengir. Demikianlah percakapan mereka. Meskipun menjadi you-tuber, mereka tetap memegang kode etik. Terlebih, video itu menghasilkan uang.

Selamat ber you-tube ria. Jangan hanya jadi penikmat jadilah artis juga. Chaiyo!!

Lucunya HidupWhere stories live. Discover now