(٥٩) 10 Tanda Hari Kiamat Akan Tiba

217 15 0
                                    

Hari kiamat tak akan datang kecuali di dahului dengan tanda-tandanya sughro (kecil) maupun kubro (besar) menurut hadist shahih dan hal hal lain yang berkaitan dengan datangnya hari akhir (hari kiamat). Sehingga kita tahu dan bisa menghadapinya dengan baik dan benar sesuai tuntunan islam.

Hari kiamat sendiri pastilah terjadi dan wajib bagi umat islam untuk mempercayainya. Allah SWT telah berfirman dalam Al-Qur'an mengenai kiamat ini. Nabi Muhammad SAW pun bersabda di berbagai hadits tentang kiamat agar kita ummatnya mengetahui seluk beluk hari kiamat. Ini adalah petunjuk dari Allah SWT dan Rasulnya. Dikatakan juga oleh Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya bahwa datangnya kiamat sudah dekat.

Rasalullah SAW bersabda:

انها لن تقوم حتى ترى عشر آيات الدخان والدجال والدابة وطلوع الشمس من مغربها ونزول عيسى ابن مريم ويأجوج ومأجوج وثلاثة خسوف خسف بالمشرق وخسف بالمغرب وخسفف بجزيرة العرب وآخر ذلك نار تخرج من قبل عدن تطرد الناس إلى محشرهم.
(رواه مسلم)

Artinya: "Kiamat itu tidak akan terjadi hingga kalian melihat sepuluh tanda: asap, Dajjal, binatang melata, terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam, Ya'juuj dan Ma'juuj, tiga gempa (di timur, barat dan Jazirah arab), dan yang terakhir adalah api yang keluar dari 'And yang menggiring manusia ke Makhsyar". (HR. Muslim)

Kiamat pasti terjadi, tidak seorangpun dapat mendustainya. Namun kapan terjadinya kiamat itu tidak ada yang tahu selain Allah sebagaimana dijelaskan dalam surat al A'raaf 187, Allah SWT berfirman:

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya: "Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat : "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia.Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Wallahu A'lam Bisshawab....

📚Dikutib dari beberapa sumber.

Mengais Mutiara-Mutiara IlmuDonde viven las historias. Descúbrelo ahora