2. Welcome to this world

54 8 2
                                    


Ternyata benar sesuai dugaan Alex, Kakak laki-laki mualaf yang berwajah oriental itu viral di dunia maya. Dia bernama Reynald Hartono Wijaya. Semua media heboh memberitakannya. Apalagi ada yang sempat merekam dan memfotonya saat pernyataan dia menjadi mualaf. Tidak hanya anak itu, ada sekitar 50 orang lebih yang melakukan hal yang serupa di kota besar seluruh Indonesia. Luar biasa. Game PTO mengubah keyakinan beberapa orang dan menjadikan mereka muslim. Meskipun sempat menjadi kontroversi di seluruh Indonesia tetapi pihak IGD tidak terlalu meributkannya.

Mereka, pihak IGD (Islamic Game Developer) hanya mengatakan "Tidak ada paksaan untuk memainkan game ini. Tidak ada paksaan juga untuk memeluk agama Islam. Namun kami sudah menetapkan sejak awal, game ini hanya diperuntukkan untuk mereka yang beragama Islam jika Anda bukan Islam Anda tidak bisa memainkannya karena ini memang dibuat khusus untuk yang beragama Islam. Sebelumnya kami memohon maaf, game ini adalah simulasi kehidupan umat Islam jadi jika Anda bukan Islam untuk apa memainkannya?" kata salah satu juru bicara IGD, Irwan Nashir.

Memang dalam Islam tidak ada paksaan untuk memeluk agama Islam, hal ini sesuai dengan terjemahan Al Qur'an "Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam)..." dalam Surah Al Baqarah ayat 256. Jadi siapapun boleh memeluk Islam atau tidak, tanpa adanya paksaan. Karena siapapun berhak menentukan agama yang dianutnya, tentu saja ada konsekuensi yang ditanggung setiap pemeluk agama yang mereka anut.

Alex sempat kagum dan takjub, namun ada perasaan yang membuatnya masih heran dan bertanya-tanya, kenapa game itu hanya ditujukan untuk muslim Indonesia saja? Mengapa penganut agama lain tidak boleh memainkannya? Sempat beredar bocoran mengenai game PTO, sebab hanya orang muslim yang boleh memainkannya karena game ini merupakan simulasi kehidupan muslim. Awalnya itu hanya dugaan atau teori dari kebanyakan orang. Ternyata pernyataan pihak IGD semakin menegaskan kalau game itu memang simulasi kehidupan muslim. Entahlah seperti apa nantinya.

Menjelang beberapa jam sebelum dimainkan PTO serempak secara online, game ini semakin viral saja. Kehebohannya menyambut game ini bersamaan dengan kegembiraan menyambut Ramadhan. Apalagi game ini memang dikhususkan di bulan Ramadhan, jadi tentunya banyak anak muda yang sangat antusias ingin memainkan game ini. Di balik kesenangan pasti juga ada kesedihan, begitulah yang dialami orang-orang yang tidak sempat membelinya dengan registrasi terlebih dulu secara online atau ada juga yang mengantri tapi tidak diperbolehkan membeli karena ketahuan memalsukan identitasnya. Selain hanya muslim yang diperbolehkan memainkannya hanya anak 15 tahun ke atas saja yang boleh memainkannya.

Begitulah aturan yang telah ditetapkan pihak IGD. Meskipun banyak menuai protes, tetapi mereka tetap kukuh dengan aturan mereka.

Tepat hari ini, tanggal 23 Maret 2023 atau 1 Ramadhan 1444 Hijriyah, tiba saatnya PTO bisa dimainkan serempak se-Indonesia. Alex bersiap memasang seperangkat peralatan game itu termasuk helm yang menyerupai Nerve Gear yang dinamai Brain Click. Mulai dari helm, kabel, kaca mata google, dan sebuah mesin yang serupa smartphone ukuran 5 inchi yang terhubung dengan pc. Sebelum memainkan game itu secara online, semua peserta diwajibkan meminum sebuah obat berbentuk tablet sepuluh jam sebelum mulai game.

"Obat apaan sih ini?" Tanya Alex seorang diri yang terheran-heran dengan hal itu. Namun lama-kelamaan dia sudah tidak memedulikannya lagi karena dia terlalu antusias ingin memainkan game tersebut. Apalagi obat itu rasa dan aromanya seperti permen cokelat. Sepuluh butir memakan obat itu pun baginya tidak masalah.

Waktu bermain online secara serempak adalah pukul 07.00 WIB. Tersisa waktu sekitar 5 menit lagi. Rasanya Alex sudah tidak sabar lagi. Alex berbaring di kasurnya, siap menekan tombol on di helmnya. Setelah menekan tombol on itu, tiba-tiba kesadarannya teralihkan. Ada perasaan kantuk yang tidak tertahankan. Beberapa detik kemudian, dia tertidur lelap. Dan saat bangun dia sudah berada di sebuah ruang kendali virtual. Di situ terpampang semua identitas dirinya serta password game ini.

Pesan-Trend-OnlineWhere stories live. Discover now