Chapter 1 - Reads atau Reader

7.5K 938 246
                                    

Aku ucapkan terima kasih banyak untuk KatherineArlene yang sudah memberikan izin untuk menerjemahkan tulisannya. Karya beliau yang satu ini banyak membantu ketika aku baru memulai, dan sekarang, aku ingin karya ini bisa membantu lebih banyak lagi penulis baru sepertiku.

Untuk kalian para penulis Wattpad yang berkarya, persembahan dari KatherineArlene, diterjemahkan oleh Bree_Yaretzi.

___

Aku selalu dikejutkan oleh jumlah orang yang bertanya kepadaku bagaimana mendapatkan lebih banyak jumlah reads (berapa kali buku dibaca) dibandingkan dengan mereka yang bertanya kepada bagaimana mendapatkan lebih banyak readers (pembaca), seolah-olah mereka bukan hal yang sama. Atau mereka yang bertanya  bagaimana aku mendapat angka tinggi (reads dan votes) di ceritaku. Seakan-akan, angka tersebut merupakan hal yang paling penting, bukannya jumlah pembaca yang membaca, memberi dukungan suara, dan mengomentari cerita mereka. Sangat mudah untuk terperangkap dalam angka-angka dan menjadikannya sebagai satu-satunya fokus, tetapi hal itu dapat membutakan kalian terhadap apa yang seharusnya menjadi tujuan yang sesungguhnya.

Dalam benakku, bagian terpenting tentang menulis bukanlah 'angka', tetapi pembaca. Pembaca adalah seseorang yang telah memutuskan untuk membaca cerita kalian karena itu menarik bagi mereka. Seorang pembaca adalah seseorang yang tak sabar akan menunggu bab berikutnya. Pembaca adalah seseorang yang cukup peduli hingga merasa marah, atau jatuh cinta kepada karakter di cerita kalian. Sederhananya, mereka mencari cara untuk melarikan diri dari hidup mereka untuk sesaat.

Ketika masih baru di Wattpad, aku mencoba klub Share Your Story yang merupakan klub di mana banyak sekali terjadi pertukaran read-for-read (sekarang sudah tidak ada)

Ops! Esta imagem não segue nossas diretrizes de conteúdo. Para continuar a publicação, tente removê-la ou carregar outra.

Ketika masih baru di Wattpad, aku mencoba klub Share Your Story yang merupakan klub di mana banyak sekali terjadi pertukaran read-for-read (sekarang sudah tidak ada). Aku masih menyimpan komentar-komentar itu, tenggelam di bagian bawah beberapa bab pertama Stolen Hearts. 'Aku Suka!', 'Bagus!' Begitulah isi komentarnya. Aku cukup naif telah mengira mereka benar-benar membaca dan menikmati tulisanku. Begitu seterusnya hingga pembaca yang sebenarnya mulai menemukan ceritaku.

Komentar tulus yang kudapatkan dari pembaca tentang betapa senangnya mereka lantaran telah menemukannya (bukuku), tentang bagaimana mereka tidak sabar untuk mencari tahu apa yang akan terjadi selanjutnya, tentang betapa mereka mencintai karakter di ceritaku, memberi tahuku apa yang kulewatkan. Sejak saat itu, aku benar-benar menghindari reads for reads yang tidak tulus.

Meskipun penambahan jumlah pembaca jauh lebih lambat, aku tidak peduli. Aku tidak mencari 'jumlah', aku mencari pembaca sejati.

Jadi, bagaimana kalian menemukan lebih banyak pembaca? Nasihat pertamaku adalah MENULIS.

Tulis cerita yang membuat kalian bersemangat. Tulis karakter yang kalian cintai dan yang nyata bagi kalian seolah mereka adalah orang-orang di keluarga kalian. Tulis dialog yang terdengar seperti cara orang di sekitar kalian berbicara. Tulis persis jenis cerita yang kalian suka baca. Dan kemudian menulis lagi. Jangan pernah berhenti menulis. Karena semakin banyak menulis, semakin kalian akan tumbuh sebagai penulis, semakin baik cerita yang ditulis, dan semakin banyak orang ingin membaca cerita kalian. Ini adalah situasi win / win.

Aku sering mendengar orang mengatakan kepadaku, "Aku sudah menulis dan memposting beberapa bab, tetapi tidak ada yang membaca jadi kurasa itu tidak ada gunanya dan aku ingin berhenti saja." <- Itu kesalahan yang sangat besar!

Jangan pernah membiarkan diri kalian begitu kecil hati sehingga berhenti menulis! Mungkin cerita yang sedang kalian garap tidak terlalu bagus, atau merupakan sesuatu yang tidak menarik bagi banyak orang, tetapi apakah kalian menikmati membuatnya? Apakah menyenangkan menulis? Jika ya, teruskan! Kalian tahu mengapa? Karena proses penulisan membuat kalian menjadi penulis yang lebih baik, dan itu berarti kisah yang ditulis selanjutnya akan lebih baik! Mungkin cerita kalian berikutnyalah yang dicintai orang-orang. Jika kalian berhenti karena angka reads dan votes yang rendah, maka kalian tidak akan pernah sampai ke titik itu.

Kesalahan lain yang sering kulihat adalah orang-orang memposting satu atau hanya beberapa bab, dan kemudian menunggu pembaca untuk berdatangan. Mereka terkejut ketika jumlah pembaca tidak juga bertambah. Tetapi jika kalian memikirkannya dari sudut pandang pembaca, itu masuk akal. Apakah kalian akan memilih cerita yang belum selesai dan hanya punya sedikit bab untuk dibaca? Tentu saja tidak! Kalian menginginkan cerita yang selesai sehingga tahu bagaimana akhir ceritanya. Kisah yang tidak lengkap yang dan belum diperbarui selama berbulan-bulan hampir bisa dipastikan akan membuat pembaca menjauh. Ingat, pembaca sedang mencari cerita untuk dibaca, dan cara terbaik untuk menarik mereka adalah dengan memberi mereka cerita itu.

Pastikan setiap bab ditulis dan diedit sesuai kemampuan. Jika seseorang menemukan buku kalian dan mulai membaca, kalian ingin mereka terus membaca. Beberapa kesalahan tidak dapat dihindari, bahkan aku membuatnya di hampir setiap bab yang kuterbitkan. Tetapi jika kalian sengaja mengunggah bab yang asal-asalan, kalian membuat pembaca tahu bahwa si penulis tidak peduli dengan tulisannya, dan kujamin mereka pun tidak akan peduli dengan tulisan kalian.

Aku adalah seorang penulis yang jauh lebih baik sekarang daripada ketika baru mulai, tetapi itu karena aku telah menulis hampir setiap hari selama beberapa tahun terakhir. Dan jika tidak menulis, aku memikirkan ceritaku. Aku sangat mencintai ceritaku dan para karakter di dalamnya, sampai-sampai aku harus memaksa diri untuk berhenti membaca tulisanku sendiri sehingga bisa membaca hal-hal lain.

Jika kalian menulis sesuatu yang kalian sukai, orang lain juga pasti menyukainya. Dan jika hanya sedikit orang yang menyukainya, atau tidak ada sama sekali, tidak ada yang bisa menghilangkan kesenangan yang kalian dapatkan dari menulisnya.

Itulah sikapku ketika bergabung dengan Wattpad, dan itulah sikapku hingga hari ini.

Itulah sikapku ketika bergabung dengan Wattpad, dan itulah sikapku hingga hari ini

Ops! Esta imagem não segue nossas diretrizes de conteúdo. Para continuar a publicação, tente removê-la ou carregar outra.
Cara Mendapatkan Reads, Votes, dan Komentar - Sebuah PanduanOnde histórias criam vida. Descubra agora