Chapter 4 - Butuh Berapa Lama Untuk Dikenal?

3K 457 42
                                    

Jadi, kalian sudah menuliskan cerita yang luar biasa bagus, atau setidaknya beberapa bab awal dari cerita bagus tersebut, lalu menerbitkannya, dan beberapa orang membacanya! Kalian merasa hebat! Rasanya berada di puncak dunia!

Kalian menulis lagi dan kembali mengunggah bab-bab baru, tetapi ada yang salah. Kalian tidak melihat pertambahan jumlah reads, dan yang membaca pun tidak meninggalkan vote atau komentar. Kalian melihat di daftar cerita pada hotlist, dan mereka mendapat jutaan reads untuk tulisan jelek mereka. Di saat yang sama, tampaknya tidak ada yang menyentuh cerita kalian.

Waktu berlalu dan tidak ada perubahan berarti. Kesalahan apa yang sudah kalian buat?

Tidak ada.

Faktanya, butuh waktu untuk menambah pembaca. Waktu yang sangat lama. Angka-angka tersebut mungkin meningkat dengan lambat dan konstan, atau mungkin bertambah dengan ritme yang tidak tentu, tetapi yang jelas butuh waktu yang bahkan mungkin memakan tahunan. Kalian harus sabar, tidak ada jalan pintas. Kalian harus bekerja sangat keras untuk meraih tujuan. Di saat berjuang, kalian mungkin akan merasa kerja kalian sia-sia.

Setelah tiga bulan, aku memposting seluruh 32 bab dari cerita Stolen Hearts dan meraih sekitar 14.000 reads dan 250 pengikut. Dibanding dengan beberapa penulis, itu termasuk banyak, bagi yang lain, mungkin tidak. Namun, aku sangat bahagia saat itu. Ceritaku tidak pernah berada dalam hotlist, di saat itu tidak ada cara untuk mempromosikan cerita. Meski demikian, entah bagaimana, dengan semua upayaku, pembaca bisa menemukan Stolen Hearts—pembaca yang sangat menyukai cerita tersebut. Mereka rela meluangkan waktu guna mengisi formulir untuk menominasikan ceritaku dalam Wattys 2012 setelah aku meminta.

Menjadi finalis The Wattys menjadi sokongan terbesar untukku. Lebih banyak lagi pembaca yang menemukan tulisanku lebih cepat karenanya. Namun, aku yakin jika aku tidak masuk ke dalam Wattys, pembaca tetap bisa menemukan karyaku. Mengapa? Aku yakin begitu saja.

Aku terus bekerja keras tidak peduli bagaimana baik atau buruk hasilnya karena aku memiliki keyakinan bahwa pembaca sejati akan menemukan kisahku. Itu yang paling penting bagiku, bukan mendapat juataan reads dan menjadi terkenal dalam waktu singkat. Nyatanya, aku bahkan tidak peduli jika Stolen Hearts tidak memenangkan Wattys. Aku sudah merasa menang walau hanya menjadi finalis karena aku tahu bahwa itupun sudah sangat membantu untuk mendapatkan pembaca baru.

Aku sangat gembira dengan kesuksesan yang kuraih sampai saat ini. Namun, aku selalu bahagia dengan kesuksesanku di masa lampau. Aku merasa sama bahagianya ketika meraih 100 reads, dengan ketika mencapai 1.000, ataupun 1.000.000 reads.

Aku bersyukur dengan segala yang telah kudapatkan dari Wattpad dan merasa rendah hati karena banyak yang mengira aku penulis yang baik dan mereka menyukai ceritaku. Hanya saja, bahkan jikapun ceritaku tidak begitu sukses, aku tetap akan bersyukur karena setidaknya meski sedikit, ada pembaca yang menikmati.

Dan kurasa, itulah kuncinya.

Dibanding menghabiskan waktu merasa kesal karena jumlah reads yang sangat lambat bertambah, fokus saja pada tujuan kalian. Kalian harus rela bekerja keras, terutama untuk tulisan kalian. Kalian harus sabar dan memiliki keyakinan. Dan kalian harus bahagia dengan yang sudah kalian capai, tidak peduli besar atau kecil pencapaian tersebut.

Selalu ada banyak penulis yang tidak pernah mencapai ketenaran meski telah bertahun-tahun berjuang, dan akan selalu ada ke depannya. Aku memiliki dua pilihan, yaitu menjalani semua proses dengan menyedihkan dan penuh amarah karena memikirkan yang belum kudapatkan, atau aku bisa menikmati kegembiraan yang ada dalam kegiatan menulis dan terus berjuang.

Apakah ini menjamin datangnya kesuksesan?

Aku tidak tahu, tetapi aku berharap bisa menumbuhkan keinginan kalian untuk terus berjuang. 

 

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.
Cara Mendapatkan Reads, Votes, dan Komentar - Sebuah PanduanWhere stories live. Discover now