Perkenalan

7.4K 742 46
                                    

Halo, namaku BreeYaretzi. Kalian bisa panggil dengan Bree. Panduan yang ditulis oleh KatherineArlene ini sudah membantuku. Dalam empat bulan, ceritaku pertamaku di akun ini berhasil menembus seratus ribu reads setelah membaca panduan ini. Bisa jadi, kalian bahkan mendapatkan lebih banyak setelah menerapkan saran-saran dari sang Wattpad Ambassador.

Aku ingin tulisan beliau membantu lebih banyak penulis pemula di Wattpad sepertiku, sehingga dengan izin penulis asli, aku pun menerjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Semoga tulisan ini bisa membantu. Selalu semangat untuk menulis dan jangan pernah putus asa.

***

Bagaimana aku mendapatkan reads, votes, dan komentar?

Aku telah menerima pertanyaan ini semakin sering seiring berjalannya waktu. Setiap kali pula, aku menjawab sebisaku kepada yang bertanya, bagaimana cara—setidaknya dari pandanganku—mencapai tujuan tersebut.

Namun, butuh banyak waktu untuk menuliskan jawabannya. Dan juga, sangat sulit mengatakan semua hal penting yang ingin kusampaikan pada kotak pesan atau komentar di profilku. Jadi, kupikir, akan kutuangkan semuanya ke dalam satu buku. Sekarang, semua jawabanku, kuharap lebih matang sehingga lebih membantu bagi siapa saja yang meminta saran, atau peduli kepada pendapatku.

Aku memberikan peringatan sejak awal bahwa kalian mungkin akan menganggapku banyak berceramah, sebab, aku memiliki pendapat tegas mengenai kepenulisan dan komunitas di Wattpad. Jika kalian memiliki pertanyaan yang belum kubahas, jangan malu untuk menanyakannya kepadaku (KatherineArlene). Aku selalu menjawab pertanyaan yang diposting di sini.

Kalian bisa menerima saran yang kutulis di panduan ini atau tidak. Bagaimanapun juga, aku ucapkan selamat menulis dan semoga sukses dalam perjalanan kalian di Wattpad.

Cheers!

Katherine

Cara Mendapatkan Reads, Votes, dan Komentar - Sebuah PanduanWhere stories live. Discover now