Chapter 2 - Kenapa, sih, Mereka Tidak Meninggalkan Vote?

6.1K 939 212
                                    

Fakta yang menyedihkan adalah, kalian akan selalu memiliki lebih banyak reads di setiap babnya daripada votes. Mengapa demikian? Pembaca tidak merasa perlu untuk meninggalkan dukungan suara, atau mungkin tidak memahami alasan mengapa mereka harus mem-vote cerita kalian.

Ada berjuta pengguna Wattpad aktif di seluruh dunia. Sebagian besar pengguna hanya pembaca. Itu berarti mereka tidak memiliki cerita di halaman profil mereka, di mana angka-angka reads dan votes terpampang. Mereka (pembaca) tidak tahu bagaimana rasanya berharap dengan sepenuh hati bahwa angka-angka kecil itu akan naik. Mereka tidak tahu betapa bahagianya ketika seseorang yang bahkan tidak dikenal menekan tombol bintang kecil itu, seolah-olah memuji, 'Kerja bagus! Teruskan! Aku sangat menyukai cerita ini! '

Mereka sama sekali tidak mengerti seberapa besar arti dukungan suara (vote) itu bagi kita, penulis.

Aplikasi membaca gratis nomor satu di dunia adalah Wattpad. Bahkan, ini mungkin lebih sukses sebagai sumber cerita seluler gratis dibanding sebagai situs membaca dan menulis (ini adalah pendapat aku pribadi dengan sangat rendah hati, bukan jenis proklamasi resmi). JoelWhatshisname546, yang telah mengunduh aplikasi dan membaca cerita kalian, tidak memiliki koneksi apa pun dengan kalian. Mengapa dia harus peduli jika dia memberi vote atau tidak di cerita kalian?

Dari mereka yang mem-vote, ada yang jarang, yang hanya akan mem-vote bab yang mereka sukai, atau mem-vote ketika mereka sampai di akhir cerita jika mereka menyukainya. Terkadang, jika mereka menikmati ceritanya, mereka mungkin lupa untuk memencet bintang kecil itu sebelum pindah ke bab berikut. Tetapi beberapa—mereka yang sangat langka, dan akan dicintai oleh para penulis—akan memberikan vote untuk setiap bab yang kalian tulis.

Jadi ....

Apa yang dapat kalian lakukan untuk mendorong pembaca agar mem-vote? Kalian dapat memintanya dalam Author's Note di bab-bab cerita kalian.

Aku biasanya mengatakannya sesuatu seperti, 'Jika kalian menyukai bab ini, silakan pertimbangkan untuk memberikan vote.' Mengapa aku tidak mengatakan sesuatu yang lebih tegas? Sejujurnya, aku tidak ingin tampak serakah, atau menuntut, atau bahwa aku hanya peduli dengan jumlah angka. Karena pada kenyataannya, meskipun jumlah votes  banyak, mereka bukan alasan utamaku dalam menulis.

Apa lagi yang bisa kalian lakukan? Berterima kasih kepada orang-orang yang telah mem-vote. Dan untuk penulis baru, ini adalah sesuatu yang harus SELALU kalian lakukan. Tidak sulit menemukan orang-orang itu dan berterima kasih kepada mereka karena setiap orang yang mem-vote cerita kalian akan muncul di pemberitahuan.

Jika kalian berada di situs web, klik nama pengguna kalian di sudut kanan atas layar, lalu pilih 'Pemberitahuan' dari menu. Saat menggulir ke bawah, kalian akan melihat semua orang yang memberikan dukunagn suara. Jika kalian mengklik gambar profil mereka dan pergi ke profil mereka, kalian dapat meninggalkan pesan.

Jika kalian berada di aplikasi, sentuh gelembung komentar di bagian bawah layar dan kemudian pilih 'Pemberitahuan' di bagian atas layar. Sekali lagi sentuh gambar profil untuk pergi ke profil mereka. Sesampai di sana, sentuh 'Percakapan' dan posting pesan.

Meninggalkan pesan singkat di profil pembaca untuk berterima kasih kepada mereka karena telah membaca dan mendukung cerita kalian, adalah hal yang sangat penting. Karena ini bisa sangat membantu dalam membuat koneksi dengan pembaca tersebut. Kalian bukan lagi seseorang yang tak terlihat bagi mereka. Kalian adalah orang yang nyata, seseorang yang telah memberi tahu mereka betapa bersyukurnya kalian atas dukungan mereka.

 Kalian adalah orang yang nyata, seseorang yang telah memberi tahu mereka betapa bersyukurnya kalian atas dukungan mereka

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Apa yang tidak boleh kalian lakukan? Melakukan vote trade, atau membuat akun tambahan untuk mem-vote cerita sendiri.

Vote trade adalah ketika kalian membuat perjanjian untuk mem-vote cerita seseorang dengan imbalan mereka melakukan hal yang sama kepada cerita kalian. Membuat akun tambahan untuk mem-vote cerita sendiri atau vote trade sebenarnya bertentangan dengan Ketentuan Penggunaan Wattpad dan pelanggaran yang cukup serius. Orang-orang yang bersikeras melakukan vote trade setelah mereka diberi peringatan, akunnya akan ditutup/ dihapus oleh Wattpad. Jika kalian melakukannya secara tidak sengaja karena tidak tahu itu melanggar aturan, kalian aman asal jangan mengulangi.

Apa lagi yang tidak boleh kalian lakukan? Menahan suatu bab untuk votes.

Tidak ada aturan yang mengatakan kalian dilarang melakukannya, tapi itu salah hal yang membuat aku sangat tidak suka. Tidak ada hal yang lebih tidak kusukai lebih daripada membaca sebuah cerita di mana si penulis meminta votes dari pembaca dengan marah-marah. Dan bagaimana mereka (penulis tadi) tidak marah? Mereka meluangkan waktu untuk menulis bab-bab itu dan mengunggahnya secara gratis, tanpa memungut bayaran. Dan orang-orang membacanya! Ayolah! Memangnya sesulit apa, sih, untuk menekan tombol vote itu! (Jika kalian pikir aku mengada-ada, kalian salah. Ini adalah kutipan sebenarnya yang kubaca dari seorang penulis.)

Dan ini adalah alasan lain mengapa itu ide yang sangat buruk. Ini menciptakan permusuhan dan kebencian di dalam hubungan penulis dan pembaca. Walau tidak menuntut, selama kalian merasa votes dari pembaca adalah wajib, akan ada kemungkinan bagi penulis untuk mulai membenci pembaca--dan melawan mereka. Kalian mungkin berpikir aku gila dengan berkata, penulis akan melawan pembaca mereka sendiri, tetapi aku telah melihatnya terjadi.

Aku sangat tidak menyukai praktik menuntut vote untuk cerita. Aku bersumpah untuk tidak pernah membaca sebuah cerita yang penulisnya melakukan hal tersebut. Sejauh yang kuketahui, jika kalian berpikir begitu dangkal tentang cerita yang ditulis, sampai mau menahan update, dan menghukum pembaca seperti anak nakal, maka kalian tidak cukup serius untuk menulis. Aku pun menjadi tidak berselera untuk terus membaca cerita kalian.

Aku sudah memperingatkan kalian bahwa aku akan berceramah.

Sejak aku menulis bab ini, banyak orang berkomentar bahwa ini juga hal yang membuat turn off bagi mereka. Meskipun aku senang mengetahui bahwa aku bukan satu-satunya yang merasakan hal ini, aku sedih karena artinya hal ini (penulis yang memaksa vote) banyak terjadi. Semoga kalian semua yang membaca akan menghindari membuat kesalahan ini yang akhirnya malah menjauhkan pembaca baik.

Cara Mendapatkan Reads, Votes, dan Komentar - Sebuah PanduanWhere stories live. Discover now