Part 5 - Bangkit?

639 24 0
                                    

*Violet POV*

“Ya Allah, kenapa ini semua datang gitu aja?”  hidupku kini berubah, aku tidak tau apa yang akan terjadi dihari esokku, apakkah aku akan terus tegar?

Ini terlalu tiba-tiba untukku, semua orang yang ada di sekitarku membohongiku masalah pengihatanku, apa aku harus marah? Marah pada ibu yang selalu menyayangiku? Apa aku harus marah pada ayahku yang begitu menyayangiku. Apakah aku harus marah pada Bayu sahabatku yang terus menemaniku selama ini?

Rio? Kamu kemana? Apa kamu baik-baik aja? Rio, tolong kasih kejelasan ke aku kenapa semua orang bilang kamu ninggalin aku.

Maafin aku Rio, ini semua memang salah aku, coba aja waktu bisa diulang, aku akan dengerin semua apa yang kamu bilang. Aku gak akan ngelepasin pelukan aku, dan enggak bikin kamu panik.

Kini impian-impian aku semuanya hancur. Hati aku sakit mendengar tangisan orang-orang di sekitar aku, aku sakit telah dibohongi mereka, walupun aku tau itu untuk kebaikanku, tapii tahukah mereka jika selama ini, setiap malam aku selalu membayangkan aku akan diajak jalan-jalan oleh Bayu kemanapun aku mau setelah perban ini di buka. Tapi apa yang aku dapatkan?

“Vio, lu tuh harus bangkit,, gw gak mau liat lu kayak gini terus.” kata Bayu, aku bisa merasakan dia sudah duduk di sampingku, sejak kapan dia datang? Ah, aku tak peduli.

“...” aku hanya diam, pandanganku lurus ke depan walaupun aku tak tau pemandangan apa yang sedang aku tatap.

“Oke, oke, gue minta maaf karena gue udah bohong sama lu, tapikan itu demi lu juga, dokter yang nyuruh kita tutup mulut, bener dah gue gak bohong." Bayu masih saja melanjutkan ocehannya, ini adalah kata-kata serupa yang dia ucapkan sedari aku mengetahui semuanya.

“...” sebenarnya aku tak tahan, aku tak tega melihat dia memohon terus menerus seperti ini. Tapi, ntah apa yang aku rasakan aku hanya ingin diam.

“Hmm, lu pasti lagi mikirin Rio lagi ya Udahlah ngapain sih lu masih aja mikirin dia? Belom tentu dia mikirin lu juga kan?” kata Bayu, refleks aku menengok ke arah Bayu.

“Ini bukan salah dia, ini semua gara-gara aku.” kataku, akhirnya aku terpancing juga untuk bicara. Aku tidak terima Bayu menyuruhku melupakan Rio. Okelah Rio tidak ada di sini sekarang tapi siapa tau dia sedang di rawat di rumah sakit lain sehingga dia tidak bisa menjengukku?

“Sampe kapan lu nyalahin diri lu sendiri?” kata Bayu tajam, aku mulai membayangkan bagaimana raut wajah Bayu sekarang. Sejujurnya sahabatku ini sangat humoris dan sedikit nakal, aku sendiri bingung kenapa dia bisa berubah seperti ini.

“Sampe Rio maafin aku.” kataku asal. Padahal dalam kenyataan aku bahkan tidak tahu di mana Rio sekarang.

“Berapa kali sih harus gue jelasin ke elu, kalo Rio itu gak bakal dateng, dia itu gak bisa tanggung jawab, buktinya sekarang dia di mana pas lu terus-terusan nyebut nama dia?”

“Bayu kamu gak boleh bilang gitu, mungkin aja dia belom sempet jenguk aku?”

“Belom sempet kata lu? Emang sesibuk apa si dia? Kemarin gue ketemu Angga katanya Rio pindah.” kata Bayu.

DRRRR- hati ini bagai disambar petir, Bayu dan aku lain sekolah.

“Pi-pindah?”

Sorry, Vio.”

Sekarang air mata aku sudah sampai pipi. Bayu menghapus air mataku.

“Jangan nangis di depan gue, please!”


*Bayu*

Gw gak tahu, apa istimewanya Rio buat Violet. Bayangin aja dia masih bela-belain Rio yang udah jelas-jelas nyelakain dia dan ninggalin dia.

Gw emang gak begitu kenal sama Rio tapi gw yakin dia sekarang lagi kabur karena gak mau tanggung jawab sama keadaan Violet.

Violet yang sekarang gw liat bukan Violet sahabat gue yang ceria yang walau kadang keterlauan lemot, gue sering ngatain dia Kemot. Tapi Violet Kemotnya gw gak pernah nangis, dan ini yang bikin hati gw sakit.

Kalo boleh milih, gw mau gantiin posisi Violet. Gw gak tega ngeliat dia nangis terus kayak gini, bukan cuman nangis, sekarang dia jadi pendiem banget, gak cerewet kayak biasanya.

Dan gw tekanin sekali lagi kalo ini gara-gara si Rio itu! Pokoknya Rio harus tanggung jawab atas semua yang terjadi sama Violet.

Kayak kali ini Violet masih nangis. Gw gak tau apa dia ngira gw bantal atau apa tapi dia nangis nyender ke gw.

“Jangan nangis di depan gw, please!” gw gak tega liat sahabat gw ini kacau kayak gini. Kalo yang ada di depan gue itu cewek-cewek yang biasa gw pacarin sih gw bakalan sok-sokan meluk mereka.

Tapi ini Violet dan gw sayang sama dia. Gw juga gak berani macem-macem sama dia. Jadi, sekarang gw cuman diem, bingung mau ngelakuin apa.

Gw juga bingung sama Violet. Apa yang di banggain dari Rio. Rio yang udah ninggalin dia. Okelah banyak yang bisa dibanggain dari Rio tapikan itu dulu sebelum Rio ngebikin sahabat gw buta!

Kalo gw debat sama Violet pasti dia selalu bawa nama cinta. Emang bener kayaknya kalo cinta itu bisa bikin orang jadi buta, nah sama tuh kayak sahabat gw jadi buta beneran. Apa bikin orang buta beneran itu yang namanya cinta?

Come on, Vio, lu gak bisa gini terus, nangis siang malem gak bakalan bisa ngerubah hidup lu. Eh, ngerubah deng ngerubah mata lu jadi sembeb begitu hehehe.” kata Gw. Nyoba ngelawak.

Sekarang gw bisa liat senyum di bibir Violet.

“Kalo mau ketawa-ketawa aja dah jangan ditahan-tahan.” kata gw. Tiba-tiba Violet ngelingkarin tangannya kepinggang gw. Dia meluk gw dari samping. Otomatis gw diem. Gw bingung, apa yang kudu gw lakuin sekarang?

Gw mau ngehindar aja kalo kayak gini, soalnya gak tau kenapa ada sesuatu yang terjadi di dalem hati gw, yang gw sendiri gak bisa jelasin, rasanya gw pengen lari biar Violet gak bisa ngerasain apa yang gw rasain.

Tapi gw tau Violet lagi butuh temen, secara dia anak tunggal di keluarganya, dan saudara-saudaranya cuman dateng sekedar nengokin terus pulang karena minggu depan adalah Ulangan Kenaikan Kelas.

Kegelisahan mereka itu gak sama kayak gw, gw lebih khawatirin sahabat gw ini dari pada ulangan itu. Gw rela gak naik kelas untuk dia.

Keheningan Malam (Tamat Tapi Belum Direvisi)Where stories live. Discover now