Bab 45
Tawasul adalah mendekatkan diri atau memohon kepada Alloh SWT melalui wasilah (perantara).
➡️ Pembagian tawasul:
1. Tawasul yang dianjurkan.
a. *Dengan nama-nama dan sifat-sifat Alloh* Yaitu seseorang memulai tawasul dengan menyebut, mengagungkan, memuji, mensucikan, terhadap Zat-Nya Yang Maha Tinggi, kemudian berdoa.
b. *Dengan amal sholih* Yaitu seseorang memulai tawasul dengan menyebut amal-amal sholih yang telah ia kerjakan. Seperti kisah tiga pemuda yang terjebak di dalam gua.
c. Dengan meminta kepada orang sholih yang masih hidup agar mendoakannya.
2. Tawasul yang dilarang Yaitu bertawasul dengan sesuatu yang tidak ada tuntunannya dalam al-Qur'an dan sunnah, namun tidak mengandung unsur kesyirikan. Seperti bertawasul dengan hak dan kedudukan para Nabi, contoh: tawasul seseorang yang mengucapkan "Ya Alloh, aku memohon kepada-Mu dengan hak dan kedudukan para Nabi."
3. Tawasul syirik Yaitu bertawasul dengan memohon kepada makhluk Alloh. Contoh, meminta kepada penghuni kubur. Walaupun pelakunya menamakan praktek ini dengan tawasul, namun sebenarnya perbuatan syirik.
Istigosah adalah memohon dengan tingkat permohonan yang sangat mendesak ingin dikabulkan agar hajatnya terpenuhi dan terhindar dari sesuatu yang sangat membahayakan atau malapetaka.
Hanya Alloh SWT saja yang mampu mengabulkan doa ketika seseorang dalam kesulitan lalu ia beristigosah kepada-Nya.
➡️ Istigosah kepada makhluk ada dua jenis:
1 . Istigosah kepada makhluk dalam urusan yang ia tidak mampu mengabulkannya kecuali hanya Alloh SWT. Istigosah ini adalah kesyirikan karena telah memalingkan hak Allah kepada selain-Nya.2. Istigosah kepada makhluk dalam perkara yang ia mampu mengabulkannya. Istigosah ini diperbolehkan dan bukan termasuk perbuatan syirik. Seperti, kisah Bani Israil yang meminta pertolongan kepada Nabi Musa AS untuk melindungi mereka dari kezoliman orang-orang Fir'aun.
Saat ini sebagian masyarakat banyak yang mengadakan acara istigosah yang tidak sesuai sunnah, mereka melakukannya secara berjamaah atau biasa disebut dengan istigosah kubro. Dalam acara tersebut mereka berduyun-duyun dan berkumpul di sebuah lapangan luas lalu bersama-sama membaca zikir-zikir dan doa istigosah.
KAMU SEDANG MEMBACA
Sejarah Islami
Historical FictionBelajar bareng2 supaya pinter bareng2!🙌🏻 Semoga, apa yang kalian baca bermanfaat & manjadi sumber pengetahuan kita semua :) Manusia miskin ilmu, masih banyak belajar dan akan terus belajar. -AKU- ⚠️ sebagian bahas tentang fiqih , cerita nabi dll T...